Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD

Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD - Untuk menginput peserta didik baru ke dalam Aplikasi Dapodik, para operator tidak perlu mendata satu per satu siswa. Sebab itu sangatlah melelahkan sekali. Apalagi jika jumlah peserta didik baru sangat banyak sekali hingga mencapai ratusan. Tentu jika dilakukan secara manual akan sangat lama.

Maka dari itu, di dalam Aplikasi Dapodik para operator bisa memasukkan data siswa baru secara cepat dengan metode online. Hanya dengan satu klik maka siswa baru akan masuk ke dapodik.

Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD


Tentu anda sudah mengetahui hal itu kan? Mulai dari data SD dan SMP semuanya bisa ditarik menuju ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Lalu bagaimanakah jika peserta didik lulusan TK yang masuk ke kelas 1 SD? Apakah juga bisa dilakukan penarikan data secara online?

Artikel Terkait: Cara Memasukkan Nilai UKG di Dapodik

Perlu anda ketahui bersama bahwa fasilitas Tarik peserta didik secara online sebetulnya telah dikenal semenjak Aplikasi Dapodik Tahun 2015 lalu. Hanya saja, menu itu dipakai untuk peserta didik yang mutasi (pindah sekolah) bukan untuk pendataan peserta didik baru.

Kemudian pada tahun selanjutnya fitur ini bisa digunakan untuk menarik peserta didik baru, tapi hanya lingkup jenjang SD, SMP, SMA/SMK. Sementara untuk TK belum bisa.

Di dalam Aplikasi Dapodik versi terbaru 2018, fitur tarik peserta didik secara online dikembangkan kembali. Yang awalnya tidak bisa menarik data siswa TK, pada Aplikasi terbaru ini data siswa TK bisa ditarik secara online ke SD.

Syaratnya, Siswa yang akan ditarik secara online tersebut haruslah sudah terdaftar di dalam Aplikasi Dapodik PAUD. Jika belum yang tidak akan bisa ditarik secara online. Dengan demikian berarti antara Aplikasi Dapodidasmen dengan Aplikasi Dapodik PAUD saat ini sudah mulai terintegrasi.

Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD 

Adapun langkah-langkah untuk Cara Menaarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD adalah sebagai berikut:
  • Silahkan anda Login sebagai operator sekolah ke dalam website data dikdasmen yang beralamat di http://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/usr/in/ops
  • Sesudah laman Login terbuka masukkanlah username dan juga pasword dengan benar (Username dan Password sama dengan yang digunakan untuk Dapodik. Selain itu anda juga bisa login dengan menggunakan Kode Registrasi Sekolah
  • Sesudah anda berhasil login. lihatlah pada bagian sebelah kiri. Di situ terdapat menu tarik Peserta Didik, silahkan anda klik maka akan keluar sebuah tampilan laman baru seperti gambar nomor 1 di atas
  • Masukkanlah Identitas nama TK di mana peserta didik didik tersebut berada. Adapun data yang harus anda isi meliputi Propinsi, Kabupaten, Kecamatan dan juga nama sekolah
  • Lalu isikanlah identitas peserta didik yg akan anda tarik datanya dibagian bawahnya yang meliputi NISN, Nama PD dan juga Nama Ibu 
  • Sesudah anda isi identitas peserta didik dengan benar, kemudian klik tombol cari peserta didik. Maka kemudian akan tampil pada bagian konfirmasi seperti gambar nomor 2 di atas
  • Terakhir, klik pada tombol Konfirmasi proses mutasi
  • Selesai 
Ulangilah langkah-langkah di atas sampai dengan semua data peserta didik selesai anda tarik semuanya. Apabila sudah melakukan konfirmasi, yang harus anda lakukan berikutnya adalah Sinkronisasi Dapodk/Generate ulang data prefill Dapodik. Maka secara otomatis data siswa yang anda tarik akan masuk.

Demikianlah informasi mengenai Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Tarik Siswa Online dari TK ke Kelas 1 SD "

  1. Pak bagaimana kalau sudah terlanjur menginput manual siswa kelas 1?bukan melalui tarik PD? Sudah sinkron pula. Solusi nya bagaimana ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Masalah Bu. Tarik online itu dibuat untuk mempermudah penginputan data siswa baru. kalau sudah diinput secara manual ya tidak masalah. Yang tidak boleh itu melakukan keduanya sekaligus

      Hapus
    2. Apa boleh langsung isikan NISN secara manual yang didapat dari TK? TK memberikan saya NISN siswanya, atau harus verval lagi?

      Hapus
  2. apa boleh input NISN manual gan? karena saya dapat NISN kelas 1 baru dari dapodik TK. saya tidak bisa tarik online kls 1 barunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu memang nisn siswa tersebut y boleh saja diinput secara manual

      Hapus