Instrumen UKK SMK 2018


Instrumen UKK SMK 2018 - Khusus untuk jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), selain mengikuti Ujian Nasional (UN) dan juga Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) juga terdapat satu ujian lagi. Yang disebut dengan Uji Kompetensi Keahlian (UKK).

Instrumen UKK SMK 2018


UKK SMK adalah salah satu upaya dari pemerintah guna menjamin pendidikan pada satuan pendidikan SMK. Jadi ujian ini hanya diperuntukkan bagi peserta didik yang berada di SMK saja.

Tujuan dari UKK SMK ialah untuk mengukur dan menilai tingkat pencapaian peserta didik pada level tertentu berdasarkan kompetensi keahlian yang ditempuh oleh siswa selama proses pembelajaran yang dilaluinya.

Misalnya saja, peserta didik yang mengambil Kompetensi Keahlian (Jurusan) Busana Butik maka dia nanti akan mengikuti proses Uji Kompetensi Keahlian seputar materi mengenai Busana Butik. Begitu seterusnya sesuai dengan jurusan setiap siswa.

Waktu Pelaksanaan UKK

Dalam UKK SMK terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan yang biasanya dilaksanakan sebelum penyelenggaraan UN serta Ujian Teori Kejuran yang masih menjadi satu rangkaian dengan pelaksanaan UN.

Standar Ujian Praktik Kejuruan

Dalam Ujian Praktik Kejuruan bisa diselenggarakan memakai standar yang ditentukan oleh Pihak Industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan juga perangkat uji dari Kemendikbud yang terdapat di tempat-tempat uji kompetensi.

Mengingat sangat pentingnya UKK ini, maka diharapkan para peserta didik mempersiapkan diri sebaik mungkin supaya hasil yang diperoleh bisa maksimal.

Download Instrumen UKK SMK 2018

Salah satu persiapan yang wajib anda lakukan adalah mempelajari Instrumen UKK SMK 2018 yang sudah dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Secara umum Instrumen UKK SMK 2018 terdiri dari beberapa hal yaitu: Petunjuk, Standar Persyaratan Peralatan Utama, Standar Persyaratan Peralatan Pendukung, Standar Persyaratan Tempat/Ruang, Persyaratan Penguji serta Rekapitulasi Hasil Verifikasi.

Pada masing-masing Kompetensi Keahlian mengandung Instrumen yang berbeda-beda. Untuk itu, saya di sini akan membagikan instrument tersebut untuk semua jurusan.

Jadi nanti anda dapat memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian anda. Adapun file Instrumen UKK SMK 2018 bisa anda download pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE 


Demikianlah informasi Instrumen UKK SMK 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel