Silabus SD MI Kurikulum 2013 semua Kelas

Memasuki tahun ajaran baru, banyak hal yang harus dipersiapkan oleh para guru. Di antaranya adalah silabus.

Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang wajib dimiliki oleh guru, sebab di dalamnya berisikan materi apa saja yang harus diajarkan kepada para peserta didik di kelas.

Maka dari itu, di sini saya akan membagikan sebuah file yang berisikan silabus SD MI Kurikulum 2013 kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6.

Silabus SD MI Kurikulum 2013 semua Kelas


Perlu anda ketahui Kurikulum 2013 memiliki tujuan khusus untuk mempersiapkan generasi baru dan penerus bangsa yang memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. 

Untuk itu, perancangan kurikulum 2013 perlu memperhatikan kebutuhan siswa saat ini dan di masa depan yang dinamis ditengah pengaruh globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia. 

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia itu, misi dan orientasi kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar siswa memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang.

Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga kompetensi, yaitu: (1) menguasai pengetahuan; (2) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan; (3) menumbuhkan sikap spiritual dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.  Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi siswa.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter siswa lebih lanjut.

Download Silabus SD MI Kurikulum 2013 semua Kelas

Untuk lebih jelasnya silahkan unduh file Silabus SD MI Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 pada link di bawah ini;

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Silabus SD MI Kurikulum 2013 semua Kelas yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel