Panduan Penggunaan Brightspace untuk Peserta

Pada artikel sebelumnya saya telah membagikan Panduan Penggunaan Brightspace untuk Instruktur.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Panduan Penggunaan Brightspace untuk Peserta.

Panduan Penggunaan Brightspace untuk Peserta


Perlu anda ketahui Brightspace merupakan sebuah e-learning platform yang dapat digunakan mahasiswa untuk belajar dan mengerjakan tugas secara online.

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. User Login

Masukkan alamat web yang ditentukan untuk mengakses Brightspace e-learning platform. Masukkan username dan password yang ditentukan. Dalam hal ini, sebagai student Anda hanya bisa melihat kelas yang Anda ambil, membaca dan mengunduh materi, serta mengerjakan tugas atau kuis yang ada.

2. Halaman depan (Homepage)

Berikut adalah tampilan halaman depan saat Anda login ke dalam Brightspace. Di sebelah kiri atas adalah logo Ristekdikti yang dapat ditekan untuk kembali ke homepage. Di sebelah kanan atas, terdapat profil Anda. Anda dapat melakukan setting seperti: setting wilayah waktu, mengganti password, mengisi biodata (tanggal lahir, nama lengkap, alamat, dll).

3. Pilih Kelas (Course)

Untuk melihat daftar kelas yang tersedia untuk Anda, klik tombol seperti yang ditunjukkan panah diatas. Anda dapat memberikan pin untuk kelas yang dipilih agar tampil di halaman
depan. Untuk melihat lebih detail mengenai kelas yang Anda pilih, klik gambar atau nama kelas tersebut.

4. Announcement

Gambar diatas adalah contoh tampilan utama dari sebuah kelas. Terdapat “announcement” yang berisi pengumuman mengenai kelas tersebut. Di sebelah kanan adalah “updates” yang berisi update terbaru dari kelas tersebut yang berkaitan dengan Anda, “calendar” sebagai pengingat jadwal apabila ada jadwal tes atau batas akhir pengumpulan tugas.

5. Course Overview

Klik “content” untuk melihat materi dari kelas tersebut. Pada bagian kiri atas, terdapat modul-modul yang tersedia. Angka di samping modul menunjukkan jumlah aktivitas yang terdapat pada modul tersebut. Aktivitas dapat berupa materi, tugas, kuis, forum diskusi, dan lain-lain.

6. Modul

Klik modul yang ingin dibaca. Akan tampil detail seperti diatas. Pada modul tersebut terdapat beberapa submodul, yang terbagi per kegiatan belajar dan tugas akhir. Klik salah satu kegiatan belajar untuk melihat aktivitas yang dapat dilakukan.

7. Aktivitas

Seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan. Sebagai contoh, klik sebuah materi dan baca materi tersebut.

8. Materi

Saat Anda klik sebuah materi, maka akan muncul tampilan seperti ini. Tampilannya dapat berupa PDF, PPT, ataupun sebuah video. Saat Anda membaca sebuah materi, maka akan diberikan tanda sudah dikerjakan, sehingga instruktur Anda akan melihat kemajuan dari pembelajaran yang Anda lakukan.

9. Forum Diskusi

Untuk memfasilitasi diskusi diantara sesama mahasiswa, Anda dapat masuk ke dalam forum yang sudah dibuat untuk setiap kelas. Klik forum, lalu mulailah bertanya dan menyapa mahasiswa atau peserta lain di dalam kelas tersebut.

10. Tugas

Dalam setiap kelas, Anda akan diminta untuk mengerjakan tugas. Untuk melihat detail tugas, klik tugas yang akan dikerjakan tersebut. Anda akan melihat instruksi tugas dan diminta untuk mengumpulkan sesuai instruksi.

11. Upload tugas

Untuk mengumpulkan tugas, Anda harus mengupload file sesuai format yang ada di instruksi. Setelah selesai upload, berikan komentar atau pengantar untuk mengumpulkan tugas tersebut. Setelah itu, klik submit. Anda harus memperhatikan instruksi karena tugas yang sudah dikumpulkan, secara default tidak dapat diubah lagi, kecuali apabila diizinkan oleh instruktor.

12. Kuis

Untuk mengambil kuis, klik kuis tersebut. Anda akan melihat tampilan seperti ini. Bacalah instruksi baik-baik, mulai dari waktu kuis dan jumlah kesempatan yang diambil (secara default, kuis tersebut hanya bisa dikerjakan 1 kali). Kalau sudah, klik start quiz.

13. Menjawab Kuis

Ada beberapa macam pertanyaan yang bisa dibuat dalam kuis, diantaranya adalah True/False, pilihan ganda, dan esai (Writing Response). Setiap klik jawaban, klik save untuk menyimpan, atau otomatis tersimpan saat pindah halaman. Saat sudah yakin dengan jawaban, klik submit.

14. Submit Kuis

Anda akan diminta untuk konfirmasi submit quiz, karena 1 kali diklik, maka tidak bisa mengganti jawaban lagi.

15. Hasil Kuis

Hasil kuis dapat dilihat setelah submit kuis tersebut. Untuk pertanyaan esai, maka nilai akan menunggu instruktur memberikan nilai secara manual, sistem hanya bisa melakukan penilaian otomatis untuk pertanyaan yang sesuai kunci jawaban.

Download Panduan Penggunaan Brightspace untuk Peserta

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda unduh file panduannya pada link di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Panduan Penggunaan Brightspace untuk Peserta yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel