KI KD Mapel Informatika SMP SMA sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018

Seperti yang saya publikasikan dalam artikel sebelumnya bahwa Kementerian Pendidikan telah menerbirkan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018.

Permendikbud berisi tentang KI KD Mapel Informatika jenjang SMP dan SMA. Tentu dengan adanya peraturan ini menjadi angin segar bagi rekan-rekan guru TIK.

Sebab selama ini mereka telah berjuang dengan sangat keras agar mata pelajaran komputer tersebut masuk lagi ke dalam struktur Kurikulum. Meskipun namanya berubah menjadi informatika.

KI KD Mapel Informatika SMP SMA sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018


Perlu diingat bahwa mapel TIK sempat dihilangkan dari Struktur Kurikulum 2013 karena dianggap teknik informasi ini bisa terintegrasi di dalam setiap proses pembelajaran.

Dengan adanya perubahan struktur kurikulum ini maka mapel yang ada kini juga berubah. Meskipun mapel informatika tidak bersifat wajib melainkan pilihan antara Prakarya atau Informatika.

Jika anda sudah membaca KI KD di dalam Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 terlihat jelas bahwa mapel Informatika berbasis pada Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berfokus pada aspek ketrampilan peserta didik.

Baik di jenjang SMP/MTs dan SMA/MA terlihat jelas bahwa aspek ketrampilan dan Kompetensi Dasar lebih banyak daripada aspek pengetahuannya.

Download KI KD Mapel Informatika SMP Terbaru

Silahkan unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:


Demikianlah informasi mengenai KI KD Mapel Informatika SMP SMA sesuai Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel