Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2019

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Surat yang berisikan Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019.

Di dalamnya juga terdapat tema dan logo HGN pada tahun ini, yang biasanya sering digunakan sebagai bahan pembuatan MMT di berbagai Instansi Pendidikan.

Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2019
Logo Hari Guru Nasional 2019
Untuk tema HGN 2019 adalah ‘Guru Penggerak Indonesia’. Sedangkan logonya biasa anda lihat pada gambar yang ada di atas. Sekilas terlihat logo tersebut ingin menggambarkan sosok guru yang sangat penting dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Guru kalau dalam Istilah Jawa biasa diterjemahkan ‘Digugu dan Ditiru’ artinya Dipercaya dan Dijadikan Suri Tauladan, memang menjadi sosok yang sangat berperan penting dalam keberhasilan seseorang. Hal ini akan berbanding lurus terhadap kemajuan sebuah bangsa.

Bagsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya. Sedangkan Guru merupakan salah satu Pahlawan.

Seperti yang anda ketahui bahwa peran guru dalam perjalanan bangsa Indonesia ini sangat besar dan menentukan. Sejak zaman penjajahan guru selalu menanamkan kesadaran akan harga diri sebagai bangsa dan menanamkan semangat nasionalismen kepada para siswa.

Pada tahap awal kebangkitan nasional, para guru aktif dalam organisasi pemuda pembela tanah air dan pembina jiwa serta semangat para pemuda pelajar.

Baca juga:


Dalam UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menegaskan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada Pendidikan PAUD jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Tujuan Peringatan Hari Guru Nasional

  • Meningkatkan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun sikap, ketrampilan, dan pengetahuan dalam meningkatkan mutu pendidikan
  • Meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat
  • Meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan pentingnya kedudukan dan peran strategis guru dan tenaga kependidikan dalam membangun karakter bangsa


Download Surat Upacara Bendera Peringatan HGN 2019

Adapun file surat tersebut bisa diunduh pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Demikianlah informasi mengenai Tema dan Logo Hari Guru Nasional (HGN) 2019 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel