Cara Menampilkan Garis Tepi (Text Boundaries) di Microsoft Word

Keberadaan Text Bondaries (Garis Tepi) pada Microsoft Word sangat membantu para pengguna dalam mengoperasikan aplikasi ini. Terutama bagi para pemula yang masih awam tentang software pengolahan kata.

Text Boundaries merupakan sebuah fitur dari Ms Word yang berfungsi membantu para user untuk mengetahui area batas penulisan dengan sisi dokumen. Baik itu sis kanan kiri maupun atas bawah.

Cara Menampilkan Garis Tepi (Text Boundaries) di Microsoft Word


Dengan begitu pengguna bisa mengetahui jarak sisi dokumen, sehingga bisa dilihat apakah suatu dokumen sudah sesuai dengan yang diinginkan atau belum.

Selain itu juga dapat membantu untuk  perataan teks, paragraf hingga indent (pengaturan tab. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang sedang menulis karya ilmiah seperti skripsi, tesis, buku dan sebagainya.

Bagi saya pribadi keberadaan text boundaries sangat membantu sekali. Karena bisa membuat dokumen yang dihasilkan menjadi lebih rapi.

Mulai Microsoft Word 2013 text boundaries mengalami modifikasi, di mana garis tepi ini akan muncul per blok sesuai dengan garis baru. Berbeda dengan versi 2010 dan 2007 yang hanya muncul pada bagian atas bawah kiri dan kanan.

Baca juga:
Secara default garis pembatas pada word ini tidak diaktifkan. Maka dari itu, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu apabila ingin menggunakannya.

Cara Menampilkan Text Boundaries pada Microsoft Word

Meskipun versi word sekarang sudah banyak, namun cara menampilkan garis tepi caranya sama saja. Sehingga tutorial ini bisa anda praktikkan pada versi berapapun.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama : Buka Aplikasi Microsoft Word Anda (di sini saya menggunakan versi 2010, versi yang lain silahkan menyesuaikan
  • Kedua : Pilih File > Options maka akan muncul Word Option
  • Ketiga : Pilih Advanced > Scroll  ke bawah hingga menemukan fitur “Show text boundaries”. 
  • Keempat : Centang fitur fitur “Show text boundaries” apabila ingin menampilkannya. Sebaliknya jika anda ingin menghilangkannya, maka hilangkan ceklis tersebut. Sekarang lihat hasilnya, pasti seperti yang bisa anda lihat pada gambar di atas.

Bagaimana sangat mudah sekali kan kawan? Silahkan coba sendiri di laptop/komputer anda. Lebih jelasnya silahkan simak video di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Cara Menampilkan Text Boundaries pada Microsoft Word yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel