Kisi-Kisi Soal PAS Biologi Kelas 10
Hallo Bapak/Ibu Guru semuanya pada artikel kali ini admin akan berbagi file Kisi-Kisi Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 1.
Seperti yang anda tahu bahwa mata pelajaran Biologi termasuk mapel wajib yang terdapat pada jenjang SMA/MA sederajat.
Maka dari itu para guru harus membuat kisi-kisi soal menjelang pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS).
Kisi-kisi yang saya bagikan ini memuat 40 soal pilihan ganda yang semua materinya sudah disesuaikan dengan kurikulum.
Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh pada link yang ada di bawah ini :
SIMPAN FILE
Sementara kisi-kisi PAS Biologi Kelas 10 tersebut bisa anda lihat berikut :
Jenis Sekolah : SMA
Alokasi Waktu : 120 Menit
Mata Pelajaran : Biologi
Jumlah Soal : 40 butir
Kurikulum : Kurikulum 2013
No
Urut |
Kompetensi
Dasar |
Bahan
Kelas / Smt |
Materi |
Indikator
Soal |
Bentuk
Soal |
No.
Soal |
|||
1 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X /1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Menjelaskan apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu
Biologi |
Pilihan Ganda |
1 |
|||
2 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Menjelaskan karakteristik umum sains. . |
Pilihan Ganda |
2 |
|||
3 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Memberikan contoh
objek biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu |
Pilihan Ganda |
3 |
|||
4 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan
pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Menyebutkan langkah-langkah dalam metode
ilmiah |
Pilihan Ganda |
4 |
|||
5 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Memberikan contoh objek
biologi pada tingkat molekul sampai sistem organ individu |
Pilihan Ganda |
5 |
|||
6 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Memberikan contoh pemecahan Masalah biologi dengan
metoda ilmiah |
Pilihan Ganda |
6 |
|||
7 |
3.1
Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai obyek
biologi
dan tingkat organisasi
kehidupan), melalui penerapan
metode
ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja |
X
/ 1 |
Ruang Lingkup Biologi |
Mengidentifikasi prinsip keselamatan kerja. |
Pilihan Ganda |
7 |
|||
8 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X / 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didikdapat
menentukan manfaat keanekaragaman hayati |
Pilihan Ganda |
8 |
|||
9 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X
/ 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi Usaha pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia |
Pilihan Ganda |
9 |
|||
10 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X / 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didil dapat
menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman hayti di Indonesia |
Pilihan Ganda |
10 |
|||
11 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan beserta
pelestariannya |
X
/ 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didik dapat
menentukan tipe persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia |
Pilihan Ganda |
11 |
|||
12 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X / 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didik dapat
menentukan tipe persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia |
Pilihan Ganda |
12 |
|||
13 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X
/ 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Melalui gambar, Peserta
didik dapat mengidentifikasi tipe
persebaran keanekaragaman hayati di Indonesia |
Pilihan Ganda |
13 |
|||
14 |
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
beserta pelestariannya |
X / 1 |
Keanekaragaman Hayati |
Peserta didik dapat
menentukan tingkat keanekaragaman
hayati di Indonesia |
Pilihan Ganda |
14 |
|||
15 |
3.3 Menjelaskan
prisip—prinsip klasifikasi makhluk dalam sinstem 5 kingdom |
X
/ 1 |
Klasifikasi Makhluk
hidup |
Peserta didik dapat
menentukan tingkatan takson makhluk hidup |
Pilihan Ganda |
15 |
|||
16 |
3.3 Menjelaskan
prisip—prinsip klasifikasi makhluk dalam sinstem 5 kingdom |
X / 1 |
Klasifikasi Makhluk
hidup |
Peserta didik dapat
menentukan sistem klasifikasi makhluk hidup |
Pilihan Ganda |
16 |
|||
17 |
3.3 Menjelaskan
prisip—prinsip klasifikasi makhluk dalam sinstem 5 kingdom |
X
/ 1 |
Klasifikasi Makhluk
hidup |
Peserta didik dapat
menentukan sistem klasifikasi makhluk hidup |
Pilihan Ganda |
17 |
|||
18 |
3.3 Menjelaskan
prisip—prinsip klasifikasi makhluk dalam sinstem 5 kingdom |
X / 1 |
Klasifikasi Makhluk
hidup |
Peserta didik dapat
menentukan aturan penulisan nama ilmiah dengan tepat |
Pilihan Ganda |
18 |
|||
19 |
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi |
Menggambarkan struktur virus |
Pilihan Ganda |
19 |
|||
20 |
3.4 Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Peran virus dalam kehidupan |
Mengklasifikasikan virus. |
Pilihan Ganda |
20 |
|||
21 |
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Struktur
tubuh virus |
Menjelaskan replikasi virus setelah
mengamati gambar |
Pilihan Ganda |
21 |
|||
22 |
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran virus dalam kehidupan |
X
/1 |
Pengelompokan virus |
Mengklasifikasikan virus |
Pilihan Ganda |
22 |
|||
23 |
3.4 Menganalisis struktur, replikasi dan peran virus
dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Ciri-ciri virus: struktur dan reproduksi |
Menjelaskan replikasi virus setelah
mengamati gambar |
Pilihan Ganda |
23 |
|||
24 |
3.4 Menganalisis
struktur, replikasi dan peran
virus dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Peran virus dalam kehidupan |
Mengidentifikasi virus yang berbahaya dan
merugikan |
Pilihan Ganda |
24 |
|||
25 |
3.5. Mengidentifikasi, struktur, cara hidup,
reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Monera |
Peserta didik dapat menentukan kelompok
Archaebacteria dengan tepat |
Pilihan Ganda |
25 |
|||
26 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X / 1 |
Monera |
Peserta didik dapat mengidentifikasi
struktur bakteri dengan tepat |
Pilihan Ganda |
26 |
|||
27 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Monera |
Peserta didik dapat mengidentifikasi struktur
bakteri dengan tepat |
Pilihan Ganda |
27 |
|||
28 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X / 1 |
Monera |
Siswa dapat menentukan
cara reproduksi bakteri |
Pilihan Ganda |
28 |
|||
29 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Monera |
Disajikan gambar bakteri peserta didik dapat menentukan
pengelompokan bakteri |
Pilihan Ganda |
29 |
|||
30 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X / 1 |
Monera |
Peserta didik dapat
menentukan pengelompokan bakteri |
Pilihan Ganda |
30 |
|||
31 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Monera |
Peserta didik dapat
menentukan peranan bakteri |
Pilihan Ganda |
31 |
|||
32 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X / 1 |
Monera |
Peserta didik dapat
menentukan peranan bakteri |
Pilihan Ganda |
32 |
|||
33 |
3.5. Mengidentifikasi,
struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Monera |
Peserta didik dapat menentukan
peranan bakteri |
Pilihan Ganda |
33 |
|||
34 |
3.6 Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan
mengaitkan peranannya dalam kehidupan |
X
/ 1 |
Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan
(Alga) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme mirip tumbuhan |
Pilihan Ganda |
34 |
|||
35 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X
/ 1 |
Ciri-ciri umum Protista mirip tumbuhan
(Alga) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan. |
Pilihan Ganda |
35 |
|||
36 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X
/ 1 |
Ciri-ciri umum Protista mirip jamur
(jamur lendir/ Slime Mold) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan. |
Pilihan Ganda |
36 |
|||
37 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X / 1 |
Peranan protista dalam kehidupan |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip tumbuhan. |
Pilihan Ganda |
37 |
|||
38 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X/ 1 |
Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip jamur. |
Pilihan Ganda |
38 |
|||
39 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X / 1 |
Ciri-ciri umum protista mirip hewan
(protozoa) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip hewan. |
Pilihan Ganda |
39 |
|||
40 |
3.6 Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan |
X / 1 |
Ciri-ciri umum protista mirip hewan
(protozoa) |
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip hewan. |
Pilihan Ganda |
40 |