Kisi-Kisi Soal PAS Fisika Kelas 10

Pada artikel kali ini admin akan berbagi file mengenai Kisi-Kisi Soal PAS Fisika Kelas 10 kepada anda semuanya.

Ini salah satu perangkat tes yang harus dibuat oleh para guru menjelang pelaksanaan Ulangan Semester 1.

Dengan begitu para peserta didik juga akan fokus mempelajari materi yang akan diujian dalam Penilaian Akhir Semester.

Total ada 40 Soal Pilihan Ganda yang terdapat di dalamnya.

Untuk file Microsoft Word bisa anda unduh pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Sedangkan untuk kisi-kisinya bisa anda lihat di bawah ini :

Jenis Sekolah : SMA

Alokasi Waktu : 120 Menit 

Mata Pelajaran : Fisika

Jumlah Soal : 40  butir

Kelas / Semester : X / Ganjil

Kurikulum : K 13

No Urut

Kompetensi Dasar

Kelas / Smt

Materi

Indikator Soal

Level Kognitif

No. Soal

1

3.1  Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

X / 1

Hakikat fisika

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan hakikat fisika pada suatu pernyataan ilmiah dengan benar

Penalaran (L3)

1

2

3.1  Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

X / 1

Hakikat fisika

Peserta didik dapat menentukan kategori peran fisika pada bidang tertentu dengan benar

Penerapan (L2)

2

3

3.1  Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

X / 1

Hakikat fisika

Peserta didik dapat menentukan urutan langkah-langkah dalam metode ilmiah dengan benar

Penerapan (L2)

3

4

3.1  Menjelaskan hakikat ilmu Fisika dan perannya dalam kehidupan, metode ilmiah, dan keselamatan kerja di laboratorium

X / 1

Hakikat fisika

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan jenis karakteristik dalam metode ilmiah dengan benar

Penerapan (L2)

4

   5

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Peserta didik dapat mengkategorikan kelompok besaran turunan dengan benar

Penerapan (L2)

5

6

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Peserta didik dapat menentukan besaran pokok berdasarkan dimensi yang telah disediakan dengan benar

Penerapan (L2)

6

7

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menentukan penyebab ketidaktelitian proses pengukuran dengan benar

Penalaran (L3)

7

8

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Peserta didik dapat menentukan urutan skala terkecil dari setiap alat ukur panjang dengan benar

Penerapan (L2)

8

9

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Disajikan sebuah gambar hasil pengukuran, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran pada jangka sorong dengan benar

Penerapan (L2)

9

10

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Disajikan sebuah gambar hasil pengukuran, peserta didik dapat menentukan hasil pengukuran pada mikrometer sekrup dengan benar

Penerapan (L2)

10

11

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan hasil perkalian bilangan menurut aturan angka penting dengan benar

Penerapan (L2)

11

12

3.2  Menerapkan prinsip-prinsip pengukuran besaran fisis, ketepatan, ketelitian, dan angka penting, serta notasi ilmiah

X / 1

Pengukuran

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan menurut aturan angka penting dengan benar

Penerapan (L2)

12

13

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Peserta didik dapat mengkategorikan kelompok besaran vektor dengan benar

Penerapan (L2)

13

14

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Peserta didik dapat menentukan syarat pada kedua vektor yang sama dengan benar

Penalaran (L3)

14

15

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah pernyataan, peserta didik dapat menentukan besar resultan pada suatu permasalah yang telah disediakan dengan benar

Penerapan (L2)

15

16

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah ilustrasi vektor, peserta didik dapat menentukan besar komponen vektor X dan komponen vektor Y pada suatu permasalahan yang telah disediakan dengan benar

Penerapan (L2)

16

17

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah ilustrasi vektor, peserta didik dapat menentukan resultan vektor menggunakan rumus cosinus pada suatu permasalahan yang telah disediakan dengan benar

Penerapan (L2)

17

18

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah ilustrasi vektor, peserta didik dapat menentukan persamaan resultan vektor pada suatu permasalahan yang telah disediakan dengan benar

Penerapan (L2)

18

19

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah ilustrasi vektor, peserta didik dapat menentukan sudut apit pada suatu permasalahan yang telah disediakan dengan benar

Penalaran (L3)

19

20

Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Vektor

Disajikan sebuah diagram kartesius, peserta didik dapat menentukan resultan ketiga vektor pada diagram kartesius dengan benar

Penerapan (L2)

20

21

3.3  Menerapkan prinsip penjumlahan vektor sebidang (misalnya perpindahan)

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan gambar ilustrasi grafik kecepatan terhadap waktu peserta didik dapat menghitung jarak tempuhnya dengan benar

Penalaran (L3)

21

22

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi kecepatan konstan yang diberi percepatan dan perlambatan, peserta didik dapat menentukan grafik kecepatan terhadap waktu dengan benar

Penerapan (L2)

22

23

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi tabel tiga buah benda yang diberi kecepatan yang berbeda, peserta didik dapat menentukan percepatan terbesar yang dialami oleh benda dalam selang waktu tertentu dengan benar

Penerapan (L2)

23

24

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi  dua buah bola yang dilempar vertikal keatas, peserta didik dapat menentukan tinggi yang dapat dicapai bola dengan benar

Penerapan (L2)

24

25

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi tabel tiga buah benda yang bergerak lurus beraturan secara mendatar, peserta didik dapat menentukan kecepatan awal dan jarak suatu benda dengan benar

Penerapan (L2)

25

26

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi gerak jatuh bebas, peserta didik dapat menentukan kecepatan saat menyentuh tanah dengan benar

Penerapan (L2)

26

27

3.4  Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak lurus dengan kecepatan konstan (tetap) dan gerak lurus dengan percepatan konstan (tetap) berikut penerapannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya keselamatan lalu lintas

X / 1

Gerak Lurus

Disajikan sebuah ilustrasi gerak vertikal ke bawah, peserta didik dapat menentukan tinggi benda saat menyentuh tanah dengan benar

Penerapan (L2)

27

28

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan sudut tertentu, peserta didik dapat menetukan kecepatan benda setelah selang waktu tertentu dengan benar

Penerapan (L2)

28

29

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan sudut tertentu, peserta didik dapat menentukan ketinggian dan waktu untuk mencapai ketinggian maksimum dengan benar

Penerapan (L2)

29

30

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan untuk mencapai sasaran tertentu, peserta didik dapat menetukan sudut elevasi yang dibentuk benda dengan benar

Penerapan (L2)

30

31

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan sudut dua sudut elevasi yang berbeda, peserta didik dapat menetukan perbandingan tinggi maksimum yang dicapai benda dengan benar

Penerapan (L2)

31

32

 

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan ketinggian tertentu, peserta didik dapat menetukan jarak pada arah mendatar dengan benar

Penerapan (L2)

32

33

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan sudut tertentu, peserta didik dapat menetukan posisi benda setelah selang waktu tertentu dengan benar

Penerapan (L2)

33

34

3.5  Menganalisis gerak parabola dengan menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Parabola

Disajikan sebuah ilustrasi gerak parabola dengan kecepatan yang berbeda, peserta didik dapat menetukan benda mana yang lebih dahulu menyentuh tanah dengan benar

Penalaran (L3)

34

35

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah ilustrasi tiga buah pernyataan, peserta didik dapat menentukan pernyataan untuk gerak melingkar beraturan dengan benar

Penerapan (L2)

35

36

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah ilustrasi gerak melingkar dengan kecepatan sudut tertentu, peserta didik dapat menentukan  waktu dan kecepatan benda selama berputar dengan benar

Penerapan (L2)

36

37

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan pernyataan untuk gerak melingkar berubah beraturan dengan benar

Penerapan (L2)

37

38

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah ilustrasi gerak melingkar beraturan dengan frekuensi tertentu, peserta didik dapat menentukan percepatan sentripetal dengan benar

Penerapan (L2)

38

39

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah gambar gerak melingkar beraturan pada hubungan roda-roda yang seporos, peserta didik dapat menentukan jari-jari salah satu roda dengan benar

Penalaran (L3)

39

40

3.6   Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar dengan laju konstan (tetap) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

X / 1

Gerak Melingkar

Disajikan sebuah ilustrasi gerak melingkar beraturan dengan frekuensi tertentu, peserta didik dapat menentukan percepatan sentripetal dengan benar

Penerapan (L2)

40


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel