100+ Soal PPPK Guru IPS SMP dan Jawabannya | Part 2
Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru IPS SMP dan Jawabannya | Part 2 kepada anda semuanya.
Silahkan simak di bawah ini :
16. Perhatikan gambar lokasi negara-negara ASEAN di atas. Negara yang pernah menjadi ajang konflik fisik Blok Barat dan Blok Timur adalah ....
A. C
B. D
C. A
D. B
E. E
Jawaban : D
17. Berikut ini pernyataan yang menunjukkan potensi konflik di berbagai daerah di Indonesia, kecuali....
A. Wilayah Lampung yang menerima banyak transmigran berpotensi terjadi kesalahpahaman
B. Pulau Jawa potensi konflik antara etnis Jawa dan Sunda yang sama-sama memiliki jumlah cukup besar
C. Wilayah DKI Jakarta, sebagai ibukota yang multi etnis sangat rentan dengan berbagai permasalahan kelompok masyarakat
D. Wilayah Papua yang mengalami kesenjangan antar kelompok masyarakat berpotensi terjadi konflik
E. Wilayah Maluku yang memiliki keragaman agama dan keyakinan, berpotensi terprovokasi oleh masalah lain
Jawaban : B
18. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan penyebab terjadinya lintas negara di ASEAN adalah....
A. globalisasi
B. Perkembangan ipteks
C. Migrasi manusia
D. Kemudahan transportasi
E. Stabilitas ekonomi
Jawaban : E
19. Analisis United Nation Development Programme atau UNDP memperkirakan bahwa perubahan iklim akan membawa perubahan buruk pada petani dan pedesaan karena perubahan pada curah hujan, suhu udara, dan ketersediaan air bagi pertanian di kawasan-kawasan rentan. Akibat buruk yang bisa ditimbulkan adalah....
A. dapat mengancam produksi pertanian dan membuat lonjakan kemiskinan di pedesaan
B. produksi beras akan turun secara signifikan
C. dapat menimbulkan gejolak harga beras karena ulah spekulan
D. kelangkaan beras di pasar-pasar tradisional
E. tindakan operasi pasar sulit diimplementasikan karena kendala minimnya stok beras
Jawaban : A
20. Seorang guru IPS dalam praktik pembelajaran melibatkan siswa dalam memilih dan menilai hasil karyanya yang akan dimasukkan ke dalam portofolio sendiri. Alasan guru IPS melibatkan siswa dalam proses penilaian adalah .....
A. siswa dapat segera memperbaiki hasil karyanya sebelum dimasukkan ke dalam portofolio
B. menumbuhkan rasa tanggungjawab siswa untuk bekerja sesuai dengan yang diharapkan
C. memberi kesempatan kepada siswa unuk memperbaiki semua karya-karyanya yang kurang baik
D. memupuk rasa percaya diri siswa, sehingga kelak rasa tanggungjawabnya terbentuk
E. agar hubungan antara pendidik dan siswa semakin erat dengan adanya kerjasama tersebut
Jawaban : C
21. Pada akhir-akhir ini masyarakat Yogyakarta diresahkan oleh serangkaian ulah geng klithih. Geng ini tidak segan melukai dan merampok sembarang orang. Mereka sebagian besar para pelajar.Sebagian dari orang tua anggota geng ini mengaku tidak mengetahui anak mereka menjadi pelaku kriminal. Kasus ini menunjukkan bahwa keluarga kurang berhasil dalam memberikan ....
A. Perlindungan
B. Edukasi dan Pengawasan Sosial
C. Religius
D. Sosialisasi
E. Afeksi
Jawaban : B
22. Berikut ini merupakan sikap atau tindakan Indonesia yang mendukung piagam PBB, kecuali ....
A. pemprakarsa berdirinya ASEAN dan Gerakan Non Blok
B. menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika .
C. pelopor pencetusan ZOFTAN dan SEANWFZ
D. mengirimkan beberapa kontingen dalam rangka misi perdamaian dunia
E. Menjadi pemrakarya NEFO dan OLDEFO
Jawaban : E
23. 1) Kegiatan jual beli di pasar
2) Kerjasama dalam kantor sekolah
3) Pertandingan sepak bola
4) Hubungan anak dan orang tua
5) Kerjasama antar lembaga
Berdasarkan data di atas, yang merupakan kegiatan berpotensi hubungan dangkal dalam interaksi sosial adalah ....
A. 3,4,5
B. 1,2,3
C. 1,4,5
D. 2,3,4
E. 2,4,5
Jawaban : E
24. KD 3.2 Kelas VII berbunyi: “Menganalisis interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial, ekonomi dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembagaan social budaya”. Perumusan IPK yang baik adalah....
A. Mendeskripsikan kehidupan masyarakat desa-kota melalui peta
B. Menyajikan hasil diskusi tentang peta desa dan peta kota
C. Membandingkan antara kehidupan sosial-ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dengan menggunakan gambar
D. Menjelaskan perbedaan kondisi fisikal tanah dan iklim antara desa dan kota
E. Meningidentifikasi struktur sosial masyarakat perdesaan
Jawaban : C
25. 1) Penyelenggara OLDEFO
2) Pelopor ZOFTAN
3) Penyelenggara KAA
4) Menampung pengungsi Vietnam
5) Melaksanakan operasi Dwikora
Pernyataan di atas yang merupakan tindakan Indonesia mendukung piagam PBB adalah ....
A. 3,4,5
B. 2,3,4
C. 1,2,3
D. 2,3,5
E. 1,3,4
Jawaban : B
26. Masuknya Hindu Buddha ke Indonesia menimbulkan akulturasi kebudayaan yang menunjukkan proses kesinambungan sejarah. Berikut ini yang merupakan contoh proses kesinambungan dalam kebudayaan masa praaksara dan Hindu Buddha di Indonesia adalah ....
A. Bentuk bangunan Candi Borobudur yang mirip punden berundak, merupakan keberlanjutan zaman megalitikum
B. Keberadaan huruf pallawa yang kemudian berkembang di berbagai lokasi di Indonesia
C. Sistem kerajaan yang melanjutkan sistem kepala suku di berbagai tempat di Indonesia
D. Keberadaan pendidikan asrama yang melanjutkan system pendidikan keluarga pada masa praaksara
E. Sistem keagamaan Hindu Buddha masih memiliki keberlanjutan dengan animisme dan dinamisme
Jawaban : B
27. 1. Memelihara keamanan dan kestabilan politik di daerah Asia Tenggara dengan menghindar campur tangan dari pihak luar
2. Menyediakan suatu cara untuk menyelesaikan pertikaian yang berlaku di Asia Tenggara secara aman dan bukan menggunakan kekerasan.
3. Mengundang negara-negara luar ASEAN untuk menyelesaikan persengketaan anggota
4. Memberi peluang kepada negara anggota untuk menentukan nasib sendiri.
5. Menyepakati pembatasan kerjasama dengan negara di luar ASEAN
Pernyataan di atas yang berkaitan dengan deklarasi Kualalumpur ....
A. 1,2,3
B. 3,4,5
C. 1,2,4
D. 2,4,5
E. 2,3,4
Jawaban : C
28. Berikut ini merupakan kebijakan HW Daendels dalam masa pemerintahannya di Indonesia, kecuali...
A. Menghapus pajak In Natura dan sistem penyerahan wajib yang diterapkan pada zaman VOC
B. Menghapus upacara penghormatan kepada residen, sunan atau sultan
C. Pusat pemerintahan (Weltevreden) dipindahkan agak masuk ke pedalaman
D. membentuk 3 jenis pengadilan Eropa, pribumi, dan Timur Asing
E. Membangun jalan antara Anyer - Panarukan, sebagai lalu-lintas pertahanan maupun perekonomian
Jawaban : A
29. Berikut ini yang merupakan kerjasama perindustrian ASEAN di Philipina adalah ....
A. Vaksin Hepatitis
B. Baja Urea
C. Fabrikasi tembaga
D. Pertambangan Tembaga
E. Garam batuan abu soda
Jawaban : C
30. Salah satu karakteristik buku ajar dalam pelaksanaan kurikulum 2013 berbeda dengan buku-buku kurikulum sebelumnya. Perbedaan yang esensial adalah .....
A. berbasis tekstual dengan orientasi materi berupa fakta dan teori
B. berbasis tujuan sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar
C. mendorong pendidik untuk berperan lebih dominan dalam pembelajaran
D. mendorong peserta didik untuk menghafal fakta-fakta yang ada dalam buku
E. berbasis pada berbagai aktivitas yang dapat dilakukan peserta didik
Jawaban : E