100+ Soal PPPK Guru PKn dan Jawabannya | Part 1

Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru PKn dan Jawabannya | Part 1 kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


1. Kurikulum mata pelajaran PPKn memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Analisis hukum digunakan ketika membicarakan tentang ....

A. peranan partai politik dalam penyuluhan hukum di masyarkat

B. penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan undang-undang

C. pengaruh struktur sosial terhadap kesadaran hukum masyarakat

D. fungsi legislasi yang dimiliki oleh DewanPerwakilan Rakyat

E. hambatan kultural dalam membangun sistem hukum nasional

Jawaban : B


2. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk kompetensi dasar: “Mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan” adalah ....

A. melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan sekolah

B. menganalisis berbagai norma-norma yang berlaku di masyarakat

C. menjelaskan makna berbagai norma yang berlaku di masyarakat

D. mengidentifikasi berbagai kasus pelanggaran norma di masyarakat

E. menunjukkan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat

Jawaban : A


3. Pak Iqbal akan mengajar PPKn dengan indikator pencapaian kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Model pembelajaran yang tepat adalah ....

A. simulasi

B. debat

C. diskusi

D. ceramah

E. praktik

Jawaban : C


4. Para pemuda telah membuktikan peranannya yang sangat monumental dan bersejarah dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia merdeka, yang dibuktikan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Pengembangan materi pembelajaran yang mengarahkan pada integrasi nasional pada masa sekarang dapat berupa ....

A. pilihan politik identitas menjadi ajang pertarungan ideologi

B. pilihan politik bersifat sementara untuk memenangkan pemilu

C. pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program pembangunan

D. tokoh politik mengemukakan janjinya untuk menarik pemilih

E. banyaknya partai politik simbol keberhasilan demokrasi

Jawaban : C


5. Pak Iqbal sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila”. Untuk itu, materi ajar yang tepat untuk dikembangkan oleh Pak Iqbal adalah ....

A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI

C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila

D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan

E. Pancasila sebagai ideology negara Indonesia

Jawaban : C


6. Ibu Mawar akan mengajar mata pelajaran PPKn dan merumuskan tujuan pembelajaran: “siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”. Pendekatan yang tepat untuk diterapkan oleh Ibu Mawar adalah ....

A. induktif

B. deduktif

C. individual

D. kelompok

E. saintifik

Jawaban : D


7. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran project citizen. Materi pembelajaran yang sesuai yaitu ....

A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda

B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda

C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda

D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah Pemuda

E. mengidentifikikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda

Jawaban : B


8. Pak Eko sebagai guru PPKn SMP akan menerapkan metode pembelajaran inquiry. Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk dikembangkan yaitu ....

A. mengidentifikasi adat-istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat

B. menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan

C. mendeskripsikan perilaku yang sesuai untuk pengamalan sila-sila Pancasila

D. mengidentifikasi berbagai contoh pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai-nilai demokrasi Pancasila

Jawaban : B


9. Pak Bakri meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah ....

A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok

B. meminta peserta didik mengidentifkasi masalah

C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas

D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok

E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan

Jawaban : A


10. Pak Budi sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah”. Media pembelajaran yang tepat dipilih oleh Pak Budi untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut adalah ....

A. video tentang sidang pembentukan peratura daerah

B. bagan alur proses pembentukan peraturan daerah

C. video tentang kegiatan pembentukan peraturan daerah

D. gambar tentang sidang pembentukan peraturan daerah

E. aplikasi tentang sidang pembentukan peraturan daerah

Jawaban : B


11. Seorang siswa memainkan handphone di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, maka reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah ....

A. memberikan ancaman

B. memberikan hukuman

C. memberikan tugas tambahan

D. memberikan peringatan

E. mendekati siswa tersebut

Jawaban : E


12. Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah ....

A. menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim

B. merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim pelanggar hukum

C. mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim pelanggar hukum

D. mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim pelanggar hukum

E. memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara

Jawaban : B


13. Ketika dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didikuntuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, maka tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ....

A. mengamati lingkungan

B. mengumpulkan informasi

C. mengidentifikasi masalah

D. menemukan masalah

E. merumuskan masalah

Jawaban : B


14. Penilaian pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru mengunakan instrumen yang  berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, maka kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak ....

A. objektif

B. adil

C. sahih

D. akuntabel

E. valid

Jawaban : B


15. Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah ....

A. tujuan pembelajaran diketahui

B. teknik penilaian ditentukan

C. penilaian telah dilaksanakan

D. instrumen penilaian telah disusun

E. kunci jawaban disusun

Kunci Jawaban : B


16. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ....

A. lembar observasi

B. produk

C. projek

D. skala sikap

E. tes tertulis uraian

Jawaban : E


17. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ....

A. membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional

B. mengerjakan PR tentang makna dan arti kebangkitan nasional 1908

C. membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908

D. membuat ringkasan isi buku Sukarno

E. melakukan ulangan harian ulang

Jawaban : A


18. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah ....

A. jurnal

B. projek

C. unjuk kerja

D. observasi

E. tes tertulis

Jawaban : C


19. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran ....

A. scientific approach

B. cooperative learning

C. contextual teaching and learning

D. discovery learning

E. project based learning

Jawaban : B


20. Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Pada tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara ....

A. membaca buku elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

B. membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

C. membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

D. membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945

Jawaban : B

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel