100+ Soal PPPK Guru PKn dan Jawabannya | Part 4

Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru PKn dan Jawabannya | Part 4 kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


51. Sebagai perwujudan semangat kebangsaan kolektif dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, maka tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Hal ini karena Budi Utomo merupakan ….

A. organisasi yang didirikan oleh kaum terpelajar

B. organisasi yang didukung oleh pemerintah Belanda

C. organisasi sosial modern yang menanamkan semangat kebangsaan

D. bentuk penghargaan yang diberikan oleh Belanda kepada Indonesia

E. organisasi politik yang menentang kolonial Belanda

Jawaban : C


52. Untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangsa Indonesia secara bersamasama hendaknya memiliki komitmen dalam mencapai masyarakat adil dan makmur. Dalam konteks kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai komitmen untuk ....

A. melawan segala bentuk penyalahgunaan narkoba

B. menolak paham intoleransi

C. menolak segala bentuk kekerasan

D. menghindari perbuatan yang tercela

E. menolak paham radikalisme

Jawaban : A


53. Salah satu semangat dalam mewujudkan cinta tanah air dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia, yakni semangat perdamaian dan semangat Pancasila. Dalam konteks kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai komitmen untuk ....

A. melawan segala bentuk kemaksiatan

B. belajar bersama mengerjakan soal ujian

C. menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme

D. menghindari perbuatan yang tercela

E. bersama-sama menghadapi ketidakadilan

Jawaban : C


54. Semangat dan komitmen kebangsaan diperlukan untuk memperkuat NKRI melalui bela negara. Dalam konteks kehidupan bernegara, yang dapat dilakukan oleh siswa adalah bela negara yaitu ....

A. memahami Pancasila, UUD NRI 1945, dan peraturan hukum lainnya

B. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

C. menjaga nama baik sekolah

D. menuntut ilmu demi kemajuan bangsa dan negara

E. menjaga nama baik dan kehormatan bangsa dan negara

Jawaban : D


55. Salah satu implikasi kebijakan otonomi daerah yang dikembangkan di Indonesia adalah ....

A. pemerintah pusat tidak lagi berkewajiban memberikan anggaran kepada daerah

B. daerah-daerah lebih kreatif dalam mengembangkansumber dayanya

C. terjadinya pemusatan kekuasaan dari pemerintah pusat ke daerah

D. hanya putera-putera daerah yang dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerah

E. pemilihan kepala daerah melalui perwakilan secara demokratis

Jawaban : B


56. Prinsip yang menyatakan kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangka kesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi serta pertahanan keamanan disebut dengan prinsip dari ....

A. ketahanan nasional

B. wawasan nusantara

C. nasionalisme Indonesia

D. kebhinekatunggalikaan

E. keadilan sosial

Jawaban: B


57. Salah satu faktor pemersatu bangsa adalah bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan. Pengaturannya dalam undang-undang bertujuan untuk memperkuat NKRI yaitu....

A. menjaga kehormatan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia

B. menjaga kesatuan TNI dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. menjaga wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia

D. menjaga pulau-pulau terpencil dari pengakuan negara lain

E. memberikan identitas bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Jawaban : A


58. Salah satu faktor penghambat dimana terjadi konflik antarkelompok masyarakat yang dapat membahayakan NKRI. Salah satu sumber utama konflik tersebut tercermin dalam perilaku ....

A. fanatisme dalam menjalankan semua agamanya

B. persaingan untuk memperoleh tempat tinggal

C. pertukaran kesenian antar daerah

D. suatu suku mendominasi suku-suku lainnya

E. kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan

Jawaban : D


59. Setiap pelajar dalam kedudukannya sebagai warga negara Indonesia mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi dalam membangun dan menjaga kesatuan nasional, salah satu caranya adalah ….

A. meningkatkan kemampuan di bidang teknologi

B. meningkatkan penguasaan terhadap pengetahuan umum

C. mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler

D. mengembangkan sikap saling menghormati semua agama

E. menjadi anggota aktif Gerakan Pramuka

Jawaban : E


60. Kesalahpahaman antarkampung atau antarsuku dapat memicu konflik dua pihak yang berselisih. Pendekatan yang hendaknya dibangun secara terus-menerus adalah ....

A. membiarkan setiap kelompok untuk menyadari kesalahannya

B. diterapkan hukuman yang maksimal biar tidak terulang

C. pemerintah menjadi penengah agar konflik cepat selesai

D. membangun kesadaran multikultural dalam berbagai bidang

E. menempatkan petugas keamanan di lokasi yang rawan

Jawaban: D


61. Senjata adat ini merupakan alat untuk menebas/memotong rumput bagi masyarakat Madura, untuk memberi makan ternak sapi. Tetapi tidak jarang Clurit ini pun digunakan sebagai alat untuk berperang antar individu. Senjata adat yang dimaksud adalah ....

A. Kujang

B. Clurit

C. Mandau

D. Parang

E. Sabit

Jawaban: B


62. Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat seperti kerja bakti, membantu bencana alam dan yang lainnya didasarkan oleh sikap kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia yang bukan hanya didasarkan oleh ikatan darah dan kewilayahan saja karena ....

A. sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yakni gotong royong

B. kita semua sama sebagai bangsa Indonesia

C. merupakan perwujudan Sumpah Pemuda

D. dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia

E. sebagai kewajiban warga negara Indonesia

Jawaban: A


63. Pendidikan merupakan salah satu sarana yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Guru dapat melakukan upaya untuk membina persatuan dan kesatuan siswa antar sekolah dengan ....

A. melaksanakan upacara bendera dengan tertib

B. membentuk forum komunikasi pelajar antardaerah

C. mengembangkan sikap saling menghormati perbedaan agama

D. membina pergaulan tanpa membedakan status sosial

E. menggalang kegiatan pramuka

Jawaban: B


64. Pasal 36 UUD NRI Tahun 1945 berbunyi bahasa negara adalah Bahasa Indonesia. Seorang guru PPKn harus mampu membina siswanya agar berperilaku sesuai semangat Sumpah Pemuda, yaitu ....

A. prinsip penghargaan terhadap bahasa Melayu sebagai bahasa pergaulan

B. prinsip multikultural dalam berkebudayaan dan berbahasa

C. prinsip pengakuan dominasi kebahasaan melayu di sekolah

D. kemitraan egaliter antarsuku bangsa dalam berbahasa Indonesia

E. berbahasa baku ketika menyajikan hasil karya ilmiah yang dilakukan

Jawaban: E


65. Pemerataan hasil pembangunan di Indonesia masih belum merata. Hal itu ditunjukkan oleh adanya jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan belum menurun secara signifikan. Dalam upaya mewujudkan persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, maka kebijakan yang tepat adalah ....

A. memenuhi kebutuhanpanganpenduduk melalui impor beras

B. menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran

C. menggalakkan program zakat tanpa pandang bulu

D. menjaga stabilitas harga melalui mekanisme pasar

E. meningkatkan akses masyarakat kepada pelayanan produksi

Jawaban : B

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel