100+ Soal PPPK Guru SD Materi PKn dan Jawabannya | Part 2

Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru SD Materi PKn dan Jawabannya | Part 2 kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


16. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu dimaksudkan agar….

A. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia

B. bangsa indonesia tidak tertinggal memasuki arus globalisasi

C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini

D. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia

E. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing

Jawaban : D


17. Fakta keanekaragaman adat istiadat dan bahasa yang merupakan kekayaan budaya bangsa merupakan salah satu sumber penting pengembangan konten PPKn di persekolahan, hal tersebut karena...

A. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah bermuara pada terbentuknya prilaku yang mencerminkan nilai budaya bangsa.

B. Pembelajaran PPKn di sekolah berbasis budaya lebih disukai peserta didik.

C. Tujuan pembelajaran PPKn di persekolahan berbasis pengetahuan faktual meliputi seni dan budaya

D. Tujuan pembelajaran PPKn di sekolah tak dapat dipisahkan dari perkembangan masyarakat dan budaya.

E. Nilai dan budaya yang ada di tengah masyarakat dapat menjadi penghambat modernisasi bangsa.

Jawaban : A


18. Isu pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climite change) saat ini dirasakan oleh seluruh warga dunia. Dalam pandangan pendidikan kewarganegaraan memberi makna, bahwa warga dunia perlu ....

A. mengembangkan iptek yang mampu mengendalikan dan mengatasi perubahan cuaca

B. melakukan reorientasi terhadap kualitas pendidikan kewarganegaraan dan dunia

C. menjadikan kepedulian terhadap bumi sebagai prioritas dari setiap warga negara

D. mewajibkan setiap warga negara menanam pohon dengan semboyan one man one tree

E. setiap negara bersama warganya melakukan reboisasi massal

Jawaban : C


19. Penanaman moralitas yang berakar pada budaya bangsa sendiri menjadi kunci penting dalam pendidikan kewarganegaraan di era globalisasi saat ini, hal itu bermaksud agar….

A. nilai kepribadian bangsa tetap lestari dalam jiwa bangsa indonesia

B. terjadi akulturasi budaya antar suku bangsa di indonesia

C. adaptif dengan arus globalisasi saat ini

D. tidak terpengaruh dengan moralitas bangsa asing

E. meniru cara hidup bangsa yang lebih dulu maju menjadi keniscayaan

Jawaban : A


20. Perluasan pasal dan ayat tentang hak azasi warga negara dalam amandemen UUD 1945, memberi isyarat bahwa ...

A. Perlindungan HAM tidak untuk pelaku kejahatan.

B. HAM memerlukan dinamisasi secara prinsip.

C. Telah terjadi reformasi HAM dalam konstitusi.

D. Pengakuan HAM di Indonesia semakin penting.

E. HAM harus tetap dilindungi secara konstitusional.

Jawaban : B


21. Pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945, memerlukan aturan teknis yang mempermudah penerapannya. Petunjuk pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945 ini dikenal dengan….

A. Nilai budaya bangsa

B. Nilai pragmatis

C. Nilai praktis

D. Nilai instrumental

E. Nilai fundamental

Jawaban : D


22. Instrumen HAM yang dapat memperkuat dan menjamin penegakan HAM secara adil adalah….

A. kepastian hukum HAM, keadilan HAM dan ketaatan hukum HAM masyarakat

B. Undang-Undang HAM, KOMNAS HAM dan Peradilan HAM

C. kesadaran hukum HAM, penegakan hukum HAM dan ketegasan eksekusi HAM

D. penegak hukum HAM, konstitusi HAM dan Peradilan HAM yang bebas

E. pemberdayaan dan peningkatan partisipasi relawan social

Jawaban : B


23. Bangsa Indonesia telah lama menganut sesanti Bhineka Tunggal Ika namun konflik social horizontal selalu dapat terjadi. Hal itu secara factual dimungkinkan lebih disebabkan oleh....

A. Perbedaan ras, suku dan budaya

B. Perseteruan cita-cita politik sebagai bangsa

C. Persaingan elit politik dan penguasaan hajat ekonomi

D. Perselisihan agama dan keyakinan

E. Perbedaan adat dan bahasa

Jawaban : C


24. Gejala kenampakan kalangan muda yang tidak khikmat dalam menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pada saat upacara bendera, adalah pertanda menurunnya....

A. prinsip kepribadian nasional dan cinta tanah air

B. semangat belajar PPKn

C. prinsip berkebangsaan dari warga negara

D. semangat kebangsaan dan cinta tanah air

E. semangat konstitusional bangsa Indonesia

Jawaban : E


25. Portopolio sejatinya dimaksudkan untuk kepentingan penilaian, hal itu karena model portopolio meliput berbagai aspek yang mencerahkan guru dalam memberikan asesmen autentik bagi peserta didik. Alasan portopolio diadopsi menjadi model pembelajaran, antara lain karena ...

A. Implementasi portopolio di dalam praksisnya berbasis proses aktif partisipatif, kreatif dan produktik segenap peserta didik

B. Untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang unik bagi siswa

C. Untuk menolong capaian hasil belajar siswa yang masih kurang

D. Taka da jawaban yang benar

E. Tak ada lagi model pembelajaran yang baru

Jawaban : A


26. Setiap Negara bangsa berkepentingan mengusung nasionalisme sebagai identitas yang harus dipelihara dijaga, dan dipertahankan koeksistensinya terutama di dalam ....

A. spirit mental dan kepribadiannya

B. kemajuan aplikasi teknologinya

C. simbol kekuatan pertahanan dan persenjataannya

D. syair lagu kebangsaannya

E. sistem hukum tatanegaranya

Jawaban : A


27. Dalam pembelajaran PPKn guru sebaiknya dapat membuat RPP dengan menggunakan prinsip pengembangan RPP berbasis “konteks”, yang memiliki makna bahwa ....

A. adanya konsistensi antara kompeteni dasar, indkator, dan materi

B. pembelajaran berorientasi pada pengetahuan dan nilai kehidupan kekinian

C. proses pembelajaran yang menjadikan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar

D. kompetensi inti merupakan acuan utama dalam pengembangan RPP

E. adanya hubungan antara yang menjadi materi pelajaran

Jawaban : B


28. Seorang guru PPKn SD dalam mengembangkan evaluasi hasil belajar akan melaksanakan tes subsumatif, mengembangkan tes kinerja, melakukan obervasi aktivitas siswa, memberi tugas kelompok dan individu. Evaluasi yang dilakukan guru dengan melakukan kegiatan seperti itu dalam pembelajaran, dikenal dengan ….

A. evaluasi akhir semester

B. evaluasi proses dan hasil

C. evaluasi dalam proses

D. authentic assessment

E. evaluasi hasil belajar

Jawaban : D


29. Di sebuah Sekolah Dasar, dalam satu kelas terdiri dari 26 peserta didik yang kemampuan belajarnya beragam. Tujuh peserta didik tampak sangat menonjol bagus dalam memahami pelajaran, sementara ada enam peserta didik yang kemampuannya sangat kurang dalam memahami pelajaran, sedang sisanya biasa saja. Tujuh peserta didik yang menonjol bagus kadang justru menggangu temannya yang belum memahami pelajaran. Jika akan dilakukan penelitian untuk perbaikan pembelajaran, variabel terikat yang sesuai dengan kondisi kelas tersebut adalah ….

A. model pembelajaran

B. pemahaman

C. jumlah peserta didik

D. kesulitan belajar.

E. kemampuan belajar

Jawaban : B


30. Seorang guru SD kelas 4 dalam muatan pembelajaran PPKn memulai pembelajaran dengan menyampikan beberapa penjelasan berdasar pokok-pokok materi pembelajaran. Lalu membentuk kelompok untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, setelah selesai tugasnya siswa melaporkan hasil diskusi kelompoknya. Selesai presentasi siswa diberi hadiah sebagai penghargaan atas keberhasilannya. Guru tersebut menerapkan model pembelajaran ....

A. kontekstual

B. direct

C. berbasis masalah

D. kooperatif

E. berbasis project

Jawaban : D

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel