100+ Soal PPPK Guru SD Materi PKn dan Jawabannya | Part 1

Pada artikel kali ini admin akan berbagi informasi mengenai 100+ Soal PPPK Guru SD Materi PKn dan Jawabannya | Part 1 kepada anda semuanya.

Silahkan simak di bawah ini :


1. Kemajemukan etnis, budaya dan agama yang menjadi latar kehidupan suku bangsa Indonesia dapat memperkokoh kesatuan dalam membangun kehidupan bersama. Namun potensi konflik dapat selalu terjadi dan dapat diatasi dengan mengembangkan konsensus. Hal ini mencerminkan bahwa Pancasila berfungsi sebagai ….

A. idiologi konstitusional

B. ideologi federalistik

C. ideologi persatuan

D. ideologi terbuka

E. ideologi kesatuan

Jawaban : C


2. Aktualisasi sikap Warga Negara yang cerdas dan bertanggungjawab akan terlihat bukan saja ketika seseorang menjadi aktor politik dalam memperjuangkan aspirasi rakyat, tetapi akan nampak pada kepeduliannya terhadap hal kecil yang sama pentinya di tengah kehidupan masyarakat, hal itu adalah ....

A. Investasi dana kesehatan masyarakat sebagai peluang bisnis

B. pengelolaan sampah dan kebersihan sebagai peluang ekonomi

C. peningkatan katertiban dan kesadaran hukum masyarakat

D. peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kesehatan bersama

E. peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan masyarakat sebagai hak konstitusional rakyat

Jawaban : D


3. Salah satu misi pendidikan moral-politik yang diemban oleh dan atau di dalam pelajaran PPKn di persekolahan ...

A. Mengkritisi pemerintah atas kebijakan publik yang merugikan rakyat.

B. Menunjukkan rasa cinta dan bangga terhadap lambang Negara Indonesia.

C. Berjuang keras sebagai politrisi agar dapat menjadi anggota DPR.

D. Mendukung partai politik pemenang pemilu.

E. Memuja-muji pemimpin sebagai penguasa.

Jawaban : B


4. Dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, agar kegiatan politik mencerminkan nilai, moral yang sesuai dengan harapan bangsa dan negara landasan etika politik yang harus dijadikan pedoman adalah ....

A. Undang-undang partai politik

B. Pancasila

C. UUD 1945

D. Cita-cita dan perjuangan partai

E. Pembukaan UUD 1945

Jawaban : B


5. Kegiatan akhir dalam setiap proses pembelajaran adalah melakukan evaluasi. Adapun prinsip-prinsip khusus dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran PPKn di SD adalah sebagai berikut, kecuali ....

A. Hasil evaluasi hanya sebagai penunjuk gejala.

B. Pengukuran dengan indikator kognitif

C. Makin banyak indicator semakin mendekati keadaan sebenarnya.

D. Lebih menekankan pada kepentingan siswa.

E. Pengukuran ranah kolektif

Jawaban : B


6. Dalam pembelajaran PPKn SD dapat diterapkan suatu strategi yang menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam kerja sama atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja untuk memecahkan masalah bersama. Hal ini merupakan penerapan metode ....

A. Bermain peran

B. Value Clarafication Tehnique (VCT)

C. Sosiodrama

D. Metoda Proyek

E. Cooperative learning

Jawaban : E


7. Dalam pembelajaran PKn adanya pendekatan nilai, norma dan moral Pancasila yang dapat digunakan guru untuk memudahkan siswanya dalam belajar. Adapun yang dimaksud dengan pengertian moral itu sendiri adalah ...

A. Tatanan aturan hukum yang menjadi sesuatu yg sudah memiliki kekuatan normative atau kekuatan lain dianut dan diterima serta dilaksanakan masyarakat.

B. Prinsip-prinsip benar dan salah mengenai tingkah laku.

C. Pola sikap yang sudah mempribadi atau mapan.

D. Imperasi keyakinan yang harus dipatuhi oleh penganutnya.

E. Sesuatu yang berharga, yang dianggap bernilai, adil, baik, benar dan indah serta menjadi pedoman atau pegangan diri.

Jawaban : B


8. Jika dalam pembelajaran PPKn di sekolah Dasar guru ingin membawa peserta didik ke dalam situasi nyata dan menerapkan hubungan antara pengetahuan dengan kehidupannya sebagai anggota keluarga/masyarakat, implementasi yang tepat harus dilakukannya ....

A. Pendekatan Sosial

B. Pendekatan kontekstual

C. Pedekatan kuantum

D. Pendekatan lingkungan

E. Pendekatan konsep

Jawaban : B


9. Untuk mengejar kemajuan dunia secara global semua Negara bangsa, terutama bagi Negara-Negara yang belum semaju bangsa lain termasuk Indonesia tak ada cara lain, kecuali ....

A. Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan

B. Mengeksplorasi sumberdaya alam melalui strategi politik pembangunan sumberdaya manusia

C. Memperkuat kekuasaan politik, pertahanan keamanan dan control ekonomi rakyat melalui pajak dan fiscal

D. Bekerjasama saling menguntungkan dalam berbagai bidang dengan Negara-negara pemuncak kemajuan dunia

E. Membuka inverstasi sebesar-besarnya dan seluas-luasnya untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan rakyat

Jawaban : D


10. Sebagai warga masyarakat, guru perlu memahami sifat hukum. Hal tersebut di bawah ini merupakan sifat hukum, kecuali ...

A. mengatur hubungan antara orang yang satu dan yang lain

B. memberikan adanya kepastian hukum

C. mengikat dan memaksa

D. memberikan rasa nyaman dan aman

E. memberikan rasa keadilan

Jawaban : D


11. Setiap pelanggaran hukum dapat diancam dengan tuntutan pidana, tetapi tidak setiap pelanggar hukum dan pelanggaran hukumnya atas nama hukum dikenakan sama. Contoh kasus tersebut adalah ...

A. Sebuah pelanggaran hukum yang dilakukan orang dewasa atas permintaan korban.

B. Pelanggaran hukum yang terjadi sebagai akibat kecelakaan dan dilakukan oleh anak yang belum dewasa.

C. Setiap pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang tidak waras.

D. Setiap pelanggaran hukum baik sengaja atau tidak yang dilakukan oleh anak dibawah umur menurut undang-undang.

E. Pelanggaran hukum yang dilakukan oleh orang yang sedang menduduki jabatan strategis Negara.

Jawaban : D


12. Sebagai warga masyarakat yang memahami makna demokrasi, selayaknya mampu menafsirkan demokrasi yang berlaku di Indonesia yang saat ini menganut demokrasi konstitusional. Untuk mengidentifikasi pilar-pilar demokrasi konstitusional menurut UUD 1945, diantaranya adalah seperti yang tersebut ini …

A. Demokrasi dengan rule of law.

B. Demokrasi dengan rule of the game.

C. Demokrasi dengan pemisahan kakuasaan negara.

D. Demokrasi dengan pemisahan antara hak dan kewajiban.

E. Demokrasi dengan sistem pemilihan langsung.

Jawaban : A


13. Republik Indonesia adalah Negara hukum (rechstaat) dan bukan Negara kekuasaan semata (machtstaat), untuk mencapai cita-cita ideal tersebut langkah strategis yang harus dilakukan bersama antara lain adalah ...

A. Memberikan pendidikan hukum sebagai pengetahuan relative sesuai dengan dinamika masyarakat.

B. Memberikan pendidikan hukum sebagai profesi yang terhormat di masyarakat.

C. Memberikan pendidikan hukum berbasis nilai-moral sejak di persekolahan.

D. Memperjuangkan cita-cita politik Republik Indonesia sebagai Negara hukum.

E. Membangun budaya politik berbasis pelaksanaan hukum dan konstitusi.

Jawaban : C


14. Setelah siswa mempelajari PPKn akan memahami cara menghargai jasa para tokoh dalam proses perumusan dasar negara Pancasila, yaitu dengan ….

A. Meneladani sikap dan perilaku para tokoh

B. Menganggap Pancasila sebagai ideologi yang tidak sesuai lagi dengan keadaan sekarang

C. Meninggalkan ideologi negara

D. Mensimulasikan proses perumusan Dasar negara menjelas proklamasi kemerdekaan

E. Menunjukkan sikap hedonism

Jawaban : D


15. Contoh pembelaan penegakan Hukum dan HAM yang dilakukan pemerintah dalam menangani warganegaranya yang terkait kasus pelanggaran hukum dan HAM di luar negeri, adalah melalui ....

A. Arbritase internasional

B. Ombusman

C. Mahkamah Internasional

D. Diplomasi kebudayaan

E. Diplomasi politik

Jawaban : E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel