Cara Mengatasi Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik Versi 2016

Penyimpanan peserta didik longitudinal.


Cara Mengatasi Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik. Para sobat Operator yang saya hormati. Di awal-awal rilisnya Aplikasi Dapodik versi 2016 ternyata masih saja anda kesalahan baik yang diakibatkan dari kesalahan penggunaan maupun Bug atau kesalahan yang masih terdapat dari dalam sistem dapodik sendiri.

Hal ini memang sebuah kewajaran, karena Aplikasi dapodik masih terus mengalami perbaikan dari hari ke hari. Hanya saja, jika kesalahan aplikasi tersebut sangat fatal akibatnya seperti berpengaruh terhadap turunnya dana BOS tentu menjadi sesuatu yang sangat tidak diinginkan oleh operator maupun sekolah.

Maka dari itu, diharapkan Operator Dapodik Pusat sebagai penanggungjawab atas aplikasi dapodik untuk segera memperbaiki segala macam kesalahan aplikasi yang ada. Sehingga kerja dan aktivitas input data yang dilakukan oleh operator bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan suatu apapun.

Selain itu, agar pendataan dapodik lancar, seorang operator juga harus aktif mempelajari manual penggunaan dapodik. Sehingga apa yang ia kerjakan benar-benar sesuai dengan pedoman yang dibuat. Kalaupun ada sesuatu yang belum dipahami dan itu belum dibahas di Buku Manual anda perlu melakukan sharing atau bertanya kepada operator lain yang lebih faham.

Sobat Operator, pada kesempatan ini saya akan membahas sebuah permasalahan yang banyak ditemui saat Input data ke dalam dapodik. Persoalan yang saya maksud adalah ketika sedang menginput data siswa namun tidak bisa disimpan atau gagal.

Kasus yang banyak terjadi, ketika semua data peserta didik sudah diisi dan anda ingin menyimpannya tiba-tiba ada sebuah peringatan yang isinya adalah proses penyimpanan longitudinal siswa gagal. terdapat Invalid text representation....".

Tentu dalam hati anda muncul pertanyaan, kenapa ada peringatan gagal menyimpan data longitudinal siswa? Padahal cara mengisi semua kolom untuk peserta didik semuanya sudah benar dan sesuai dengan arahan yang ada dalam Buku Manual penggunaan Aplikasi Dapodik.

Sebuah kejadian yang pasti tidak ingin anda alami. Sebab data peserta didik ini berhubungan dengan penyaluran dana BOS dari pemerintah. Jika data siswa tidak tersimpan maka pada tri wulan ini bisa dipastikan sekolah anda tak bisa memperoleh BOS. Sebuah musibah besar bagi sekolah.


Penyebab Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik

Kegagalan menyimpan data Longitudinal siswa, terjadi bukan tanpa sebab. Melainkan ada dua faktor penyebabnya yaitu berasal dari kesalah aplikasi dan operator itu sendiri saat menginput data.

Kenapa demikian? Kasus kegagalan tersesbut terjadi ketika kawan-kawan operator selesai mengisi data peserta didik dan ingin sesegera juga (langsung) mengisi data registrasi siswa tersebut. Di sisi lain, sistem membutuhkan waktu untuk bisa masuk ke dalam data registasi siswa. sehingga penyimpanan data siswa gagal.


Cara Mengatasi Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik

Untuk mengatasi permasalah di atas sebenarnya cukup gampang hanya saja belum banya operator yang tahu. Caranya adalah dengan menekan tombol F5 atau Shift+F5 di keyboard anda.

Langkah tersebut berarti reload atau memuat ulang halaman Dapodik seperti awal tadi. Sehingga data Tabulasi Peserta didik akan kembali ke semula.

Saran untuk Operator

Menurut hemat saya, supaya kegagalan ini tak lagi terjadi sebaikanya anda menginput data semua siswa baru terlebih dahlu. Setelah semuanya sukses diinput, barulah anda memasykkan data registrasi mereka.

Memang agak merepotkan juga, namun itulah satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gagal simpan data longitudinan siswa di dapodik. Semoga saja hal ini bisa segera diperbaiki oleh operator pusat. Itulah informasi tentang Cara Mengatasi Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik untuk anda.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Mengatasi Penyimpanan Peserta Didik Longitudinal di Dapodik Versi 2016"

  1. Hallo rekan OPS tolong saya dibantu, saya udah mengentri data siswa baru pada PD data udah lengkap tidak ada lagi kotak merah tapi saat saya save muncul tulisan "Gagal menyimpan PesertaDidik (SQLSTATE[22001]: String data, right truncated: 7 ERROR: value too long for type character(2))" Bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus