Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar

Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar. Sobat Peserta guru sekalian, selama anda mengikuti kegiatan GP Moda Daring nanti akan diharus untuk mengupload sejumlah dokumen pendukung. Dokumen ini berkaitan dengan berbagai tugas yang diberikan kepada guru tersebut. Atau dalam bahasa mudahnya adalah PR.

Mengupload dokumen ini bertujuan sebagai bukti bahwa tugas telah benar-benar dikerjakan dengan baik. Selama guru belum mengupload dokumen-dokumen yang berkaitan dengan tugasnya, maka akan muncul sebuah tagihan dari sistem. Di mana tagihan ini akan selalu keluar selama tugas belum diupload.


Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar
Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar.

Untuk melakukan upload terhadap dokumen tugas GP Moda Daring tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Para peserta wajib memahami tahap demi tahap yang benar agar dalam proses upload dokumen berlangsung dengan sukses.


Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar 


Agar bisa melakukan upload data di dalam Program Guru Pembelajar Moda Daring anda harus menggunakan Fitur Portofolio yang disediakan. Portofolio berfungsi untuk digunakan para peserta sebagai sarana untuk mengirimkan semua tagihan atau tugas yang diminta pada setiap sesi dalam modul yang sedang dipelajari oleh guru bersangkutan.

Pada bagian fitur Portofolio ini menjadi tempat bagi peserta GP Moda Daring untuk mengunggah berbagai macam dokumen tagihan yang telah selesai dikerjakan.

1. Agar bisa melihat fitur Portfolio, klik tautan yang bertuliskan Portolio. Sehingga akan tampil sebuah laman portofolio

2. Selanjutnya klik  tautan yang bertuliskan Start contributing Number of chapter 1

3. Maka akan tampil sebuah laman yang di dalamnya terdapat keterangan yang bertuliskan, 1 Chapter1 Please enter your instructions to Students

4. Silahkan anda Klik Tombol yang bertuliskan, Add Contribution nanti secara otomatis akan tampil sebuah laman yang berisi perintah untuk melakukan upload terhadap dokumen

5. Jangan lupa isi berbagai kotak yang tersedia. Ada 4 kotak yang wajib diisi, yaitu Kotak bertuliskan Title, Visibility, Content, dan Attachments. Semua harus diisi dengan lengkah, setelah itu klik tombol pengunggah file

6. Selanjutnya klik tombol Choose File dan ambil file dari jendela eksplorer anda. Tombol Choose File berfungsi untuk mencari di mana dokumen anda tersimpan. Untuk itu, ingat baik-baik tempat menyimpan dokumen tugas tersebut. Anda bisa menyimpannya di dalam PC juga bisa menggunakan flasdisk atau hardisk eksternal. Yang terpenting anda tidak lupa tempat penyimpanan file tersebut.

7. Usai file yang anda cari cari ketemu, klik satu kali pada nama file tersebut kemudian klik tombol open yang ada di bawahnya (apabila ingin praktis dan cepat, klik saja file tersebut sebanyak dua kali, ingat pakai klik kiri jangan klik kanan)

8. Secara otomatis, file tugas anda akan terunggah ke dalam sistem Guru Pembelajar Moda Daring

9. Apabila file tugas tersebut sudah berhasil diunggah, maka akan muncul sebuah laman yang menyatakan file berhasil diupload (lebih jelasnya lihat gambar di atas)

Pada dasarnya, pemberian tugas kepada peserta GP Moda daring memiliki tujuan baik yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru. Dengan memberikan tugas, peserta akan termotivasi untuk rajin belajar. Sehingga pengetahuannya mengenai materi yang dipelajari akan selalu bertambah dan bermanfaat ketika melakukan pembelajaran di kelas.

Dokumen yang bisa upload dalam program GP Moda daring beragam. Bisa Ms Excell, Word atau PPT. Semua itu tergantung dari jenis tugas yang diberikan kepada masing-masing peserta. Semoga penjelasan mengenai Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar bisa membantu anda.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengupload Dokumen di Guru Pembelajar"

Posting Komentar