Bisakah Jawaban PMP yang Sudah Dikrim Diubah Kembali?


Bisakah Jawaban dar Instrumen PMP yang telah Dikrim ke server pusat Diubah Kembali? Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP memang tak ada henti-hentinya untuk dibahas. Hal ini sangat wajar mengingat mendekati masa Cutt Off masih banyak sekolah yang belum bisa mengirim data PMP ke server pusat. (Untuk penyebabnya sudah sering saya jelaskan di artikel-artikel sebelumnya)

Perlu diketahui bersama, kuesioner PMP mencakup 5 komponen  sekolah, yaitu Komite Sekolah, Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Semua komponen tersebut harus ada yang mengisi kuesioner PMP meski tidak harus semuanya. Cukup beberapa sempel saja seperti yang telah ditentukan.



Bisakah Jawaban PMP yang Sudah Dikrim Diubah Kembali?
Bisakah Jawaban PMP yang Sudah Dikrim Diubah Kembali?


Pertanyaan dalam setiap kuesioner PMP terbilang sangat fantastis. Mengapa demikian? hal ini dikarenakan setiap kuesioner untuk satu orang bisa mencapai hingga 500 pertanyaan. Anda bisa bayangkan betapa lamanya waktu mengerjakan PMP ini, apalagi bagi sekolah yang memiliki jumlah peserta didik mencapai ribuan.

Berbicara soal kuesioner PMP, sebenarnya berisi tentang berbagai hal dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolahan. Mulai dari kurikulum, proses pembelajaran, sarana dan prasarana hingga budaya sekolah yang di bangun. Kunci utama saat menjawab kuesioner PMP adalah KEJUJURAN. Anda cukup menjawab semua kuesioner sesuai dengan kondisis rill di lapangan. Jangan pernah anda menambahi atau menguranginya.

Lantas dalam beberapa forum timbul sebuah pertanyaan, apakah jawaban dalam kuesioner PMP bisa diubah kembali? Perlu anda fahami bersama, jika Aplikasi PMP berbeda dengan Dapodik yang sewaktu-waktu bisa anda ubah datanya kemudian di sinkronisasi.

Ingatt!!! Jawaban dari instrumen PMP yang sudah diisi masih bisa diubah asalkan datanya belum dikirim ke server. Jika data sudah dikirim, maka secara otomatis tidak bisa diubah kembali. Maka dari itu anda tidak boleh sembarangan mengisi kuesioner PMP sehingga perlu untuk direvisi kembali karena hal itu tidak dimungkinkan lagi.

Agar dalam pengisian kuesioner PMP sesuai dengan keadaan riil dan benar, perhatikan tips-tips berikut ini:

1. Fahami benar-benar setiap kuesioner, pertanyaan dalam PMP terbilang cukup mengecoh. Untuk itu pemahaman atas setiap pertanyaan sangat diperlukan agar dalam menjawabnya tidak ada yang salah.

2. Perhatikan jawaban di setiap kuesioner. Jawaban di instrumen PMP di desain supaya tidak sama (tidak urut). Misalkan kolom jawaban TIDAK pada soal nomor 1 berada di paling kiri maka pada soal nomor 2 dan seterusnya bisa saja terletak di sebelah kanan, kiri, atau tengah. Maka perhatikan benar-benar jawaban tersebut jangan sampai anda asal klik saja.

3. Jangan paksakan diri saat letih. Perlu diakui, saat menjawab kuesioner PMP membutuhkan tenaga dan pikiran yang sangat besar. Sebab anda harus membca ratusan pertanyaan dan jawabannya. Keletihan bisa menjadikan anda keliru menjawab. Maka ada baiknya istirahatlah terlebih dahulu. (jangan lupa setelah selesai menjawab harus disimpan supaya jawaban tak hilang)

4. Kerjakanlah PMP sendiri. Ini salah satu yang membedakan antara Dapodik dengan PMP. Jika Dapodik tanggungjawab operator maka PMP adalah tanggungjawab individu. Baik Pengawas, Komite, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik. Agar jawaban sesuai dengan apa yang anda inginkan maka kerjakanlah sendiri. Jangan menyerahkannya kepada operator. Banyak kasus terjadi, jawaban tidak sesuai dengan kenyataan disebabkan PMP tidak dikerjakan oleh yang bersangkutan langung sehingga terjadi banyak kekeliruan dalam mengisi jawaban.

5. Kerjakanlah PMP secara bersama-sama agar bersemangat. Ada yang menarik dalam PMP yaitu, aplikasi ini bisa dikerjakan bersama-sama asalkan ada satu PC yang menjadi server utama PMP sekolah terkait. Jika mengerjakan bebarengan tentu akan menambah semangat. Selain itu, jika ada yang tidak difahami maka anda bisa saling bertanya dan bertukar pendapat.

Sudah tahukah anda cara mengerjakan PMP secara bersama-sama? Bagi anda yang sudah tahu tentu sangat mudah, namun jika belum mengerti pasti menjadi kesulitan tersendiri. Namun anda tak perlu khawatir, berikut ini saya jelaskan mengenai Cara Membuat LAN untuk Entri Data PMP Bersama.

Sebelum masuk ke caranya, perlu anda ketahui terlebih dahulu, jika LAN PMP bisa dikerjakan bersama-sama dengan komputer, Laptop dan HP Android (HP biasa tidak bisa), dan yang terpenting harus ada jaringan wifi. Boleh menggunakan kabel ataupun portable (Saya sendiri menggunakan mifi dari smartfren, sedangkan untuk tutorial ini saya menggunakan wifi HP). Untuk itu anda perlu menyiapkan alat tersebut semuanya.

Cara Membuat LAN untuk Entri Data PMP Bersama


A. Atur terlebih dahulu jaringan wifi HP android yang akan anda gunakan, caranya:

1. Silahkan anda masuk ke menu Pengaturan/Setting Android anda

2. Kemudian Klik Menu Nirkabel dan Jaringan /Wifi and Network

3. Selanjutnya Klik Menu Tethering and Portable Hotspot

4. Klik Menu Pengaturan Hotspot Wi-fi Portable

5. Klik Menu Konfigurasi Hotspot Wi-fi Portable

6. Setelah anda mengKliknya maka Akan terlihat menu Konfigurasi Hotspot Wi-fi Portable yang berisi

a. SSID maksudnya adalah nama Wifi anda

b. Pengaman adalah Security Wi-fi atau Password untuk pengguna yang ingin terhubung dengan Wifi Hotspot (Jika anda tidak ingin memberikan password pilihlah opsi open untuk membuaka, namun demi keamanan wifi anda alangkah baiknya agar dikasih password pada Wifi Hotspot anda itu agar jaringan wifi anda tidak digunakan oleh orang lain)

7. Usai anda melakukan setting (pengaturan) Wifi Hotspot, kembali ke Tethering and Portable Hotspot anda untuk melanjutkan langkah selanjutnya

8. Beri checklist pada Hotspot Wi-fi Portable untuk mengaktifkan Wifi Hotspot pada android anda.

B. Selanjutnya lakukan Pengaturan di komputer yang terinstall aplikasi PMP. Ingat, komputer (PC) yang terinstal PMP otomatis menjadi server utama. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama, koneksikan terlebih dahulu komputer yang terinstall Aplikasi PMP (server) ke hotspot wifi android yang telah dinyalakan

2. Kemudian, Klik tombol windows yang berada di pojok kiri bawah layar komputer, kemudian silahkan anda mengarahkan kursor menuju Menu Accessories di komputer. selanjutnya pilih Menu command prompt, Atau untuk lebih cepatnya ketikkan "cmd" pada menu search/cari di jendela Start

3. Usai command prompt berhasil dibuka dengan baik, Kemudian silahkan ketikkan "ipconfig" (tanda petik jangan anda tulis) di Menu Command Prompt tersebut kemudian langsung enter

4. Nanti akan terlihat ada beberapa baris tulisan yang muncul. Tugas anda adalah cari baris dengan keterangan IPv4 Address. Di sana akan terlihat alamat ip lokal dari komputer tersebut (contoh: 192.168.0.3). Sampai di sini anda sudah berhasil membuat LAN

C. Terakhir adalah melakukan Pengaturan di komputer atau laptop Guru atau siswa yang ingin mengerjakan PMP dengan komputer lain. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama, Koneksikan komputer atau laptop yang akan digunakan mengisi PMP bersama-sama ke hotspot wifi android yang telah dinyalakan

2. Buka web browser firefox/chrome (sangat tidak dianjurkan menggunakan explore), lalu ketikkan alamat ip dari komputer yang terinstall aplikasi pmp dengan ditambahkan port 1745 (contoh: 192.168.0.3:1745), lalu enter

3. Tunggu sampai aplikasi terbuka, lalu login menggunakan akun pengguna masing-masing

Nah, Cukup mudah bukan? Demikian informasi mengenai Bisakah Jawaban PMP yang Sudah Dikrim Diubah Kembali? Semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bisakah Jawaban PMP yang Sudah Dikrim Diubah Kembali?"

Posting Komentar