Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar

Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik di manapun anda berada. Saat ini Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP sedang menjadi pembahasan banyak Operator. Di berbagai forum, setiap hari mereka membahas berbagai hal terkait dengan Aplikasi PMP tersebut.

Sepeti kita ketahui bersama, semenjak resmi dirilis Aplikasi PMP memang sudah menimbulkan berbagai perdebatan. Ini terjadi karena adanya berbagai Bug Aplikasi yang menyebabkan timbulnya beragam kendala dalam proses pengisian kuesioner. Akibatnya, belum banyak sekolah yang bisa mengirimkan data PMP ke server pusat. Kendala yang muncul terutama proses pengiriman data PMP tak kunjung berhasil padahal sudah berlangsung berjam-jam.

Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar
Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar.

Melihat realita di lapangan tersebut, pada akhir oktober 2016 lalu akhirnya ada kebijakan baru, yaitu penambahan waktu pengiriman data PMP yang berakhir pada 20 November 2016. Cara pengirimannya pun berbeda. Sekolah tak lagi bisa mengirim data setiap waktu, melainkan harus sesuai jadwal yang telah ditentukan. (Untuk informasi ini saya telah menuliskannya dengan judul Jadwal Pengiriman Data PMP per Provinsi).

Keputusan itu diambil dengan tujuan supaya proses pengiriman data berlangsung lancar. Dan hal itu memang terbukti. Sejak di jadwal per provinsi, pengiriman data PMP cepat berhasil. Cukup beberapa menit saja data bisa dikirim ke pusat. Hanya saja, banyak kasus terjadi meski sudah dinyatakan berhasi mengirim namun belum juga masuk ke server pusat.

Maka dari itu, setelah anda berhasil mengirim data PMP alangkah baiknya segera cek data tersebut sudah masuk atau belum. Pastikan juga stataus pengirimannya. Hal ini sangat penting untuk memastikan data anda sudah sukses diterima atau belum. Banyak yang beranggapan jika saat kirim otomatis data masuk, padahal itu belum pasti. Untuk itulah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar:


1. Silahkan buka website PMP di alamat http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Website ini berisi mengenai beragam informasi mengenai Aplikasi PMP. Mulai dari progress pengiriman data dari SD hingga SMA sederajat se Indonesia, Berita terbaru seputar PMP hingga instrument dan panduan pengisian PMP yang benar

2. Selanjutnya login menggunakan email dan password Dapodik anda (sebenarnya tanpa login juga bisa, tapi jika anda ingin melihat data detail harus Login)

Aplikasi PMP memang di desain kompatibel dengan Aplikasi Dapodik. Maka dari itu tidaklah mengherankan jika username dan password yang digunakan untuk Login sama dengan Dapodik. Namun yang perlu anda ketahui, jangan terlalu sering mengganti username dan password dapodik sebab dapat membuat Aplikasi PMP bermasalah.

3. Klik Menu Pengiriman

Menu pengiriman berada di bagian atas berdampingan dengan berbagai Menu PMP lainnya. Segera klik menu tersebut

4. Setelah itu Klik Progres

Nanti akan muncul beberapa menu lagi di bagian pengiriman. Pilih Menu Progress. Sebab kita ingin melihat data pengiriman

5. Anda akan diperlihatkan data per Provinsi, klik provinsi di mana sekolah anda berada

Anda juga bisa melihat seluruh progres pengiriman PMP dari semua sekolah di Indonesia. Semuanya disajikan lengkap di sini

6. Klik Kabupaten dan Kecamatan di mana sekolah anda berada

7. Lihat status pengiriman sekolah anda


Catatan Penting!!! Ada 4 keterangan mengenai status pengiriman, yaitu Belum Kirim, Diterima Server, Diproses Server dan Selesai Diproses. Keberhasilan Pengiriman data PMP adalah ketika status pengirimannya berisi keterangan Selesai Diproses.  Demikian Informasi mengenai Cara Mengecek Progres Pengiriman PMP yang Benar. Semoga dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon