Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar

Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar. Sobat Operator Dapodik Sekalian, pada kesempatan kali saya akan kembali membahas mengenai Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP. Kenapa saya membahasnya lagi? Sebab masih banyak kawan-kawan operator yang belum bisa mengisi kuesioner PMP secara benar. Akibatnya, tombol Kirim Data tidak bisa di Klik sehingga ia tak bisa mengirim Data PMP ke server pusat.

Langsung saja ke pembahahasan Instrumen PMP, perlu difahami sebelumnya jika Instrumen PMP diperuntukkan bagi 5 komponen sekolah, yaitu Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Komite (Perwakilan Wali Murid, Guru dan Peserta Didik. Semua Komponen tersebut harus mengisi PMP meski hanya sejumlah batas minimal responden. Pertanyaan bagi setiap komponen berbeda-beda, untuk itu dalam setiap menjawab perlu difahami secara benar terlebih dahulu.

ara Mengisi Instrumen PMP yang Benar
ara Mengisi Instrumen PMP yang Benar.

Pada realitasnya, saat mengisi kuesioner PMP masih banyak ditemui banyak hambatan di antaranya:

Sebagian Kuesiner Tidak Mucul


Di beberapa kuesioner, pertanyaan ada yang tidak muncul. Hal ini baru diketahui saat operator melakukan validasi. Terlihat ada pertanyaan yang masih disilah merah yang artinya belum dijawab. Namun setelah di cek, pertanyaan tersebut ternyata tidak muncul dalam kuesioner.

Keliru Menjawab


Pengisian Data PMP merupakan tanggungjawab individu, bukannya Operator Dapodik. Sehingga anda sendirilah yang harus menjawabnya. Banyak kasus terjadi karena di jawab oleh operator, jawaban yang dikirim berbeda dengan realitasnya. Selain itu, jawaban kuesioner PMP dibagi menjadi dua, yaitu memilih satu dan bisa memilih banyak jawaban. Sebelum menjawab, anda harus memahami jenis jawaban yang tersedia dalam kuesioner.

Itu adalah dua dari banyak persoalan tentang pengisian Instrumen PMP yang berakibat gagalnya proses pengiriman Data. Agar hal itu tak terjadi pada anda maka alangkah baiknya sobat operator mengikuti Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar berikut ini:


1. Aplikasi PMP yang Diinstal Harus Versi 1.4


Aplikasi PMP terbaru saat ini adalah versi 1.4. jika aplikasi anda masih versi 1.2 atau 1.3 maka segeralah lakukan update aplikasi. Perlu anda ketahui, Aplikasi PMP Versi 1.4 sendiri ada dua versi, yaitu 14.006 dan 14.007.  yang harus terinstal dalam PC adalah yang versi 14.007. permasalahan mengenai adanya kuesioner yang tidak muncul disebakan versi Aplikasi PMP yang keliru. Maka anda perlu memastikan terlebih dahulu PMP yang terinstal adalah versi 14.007. (Untuk mengunduh aplikasinya silahkan anda kunjungi website Dapodikdasmen)

2. Pastikan anda Sendiri yang Mengisi Data PMP


Di Dalam Aplikasi PMP, terdapat Menu Tukar Pengguna. Menu ini berfungsi untuk mengalihkan pengguna PMP yang awalnya otomatis Operator Dapodik bisa diubah menjadi PTK, Peserta Didi, Komite dan Pengawas. Saat mengisi kuesioner pastikan anda sudah melakukan prosedur Tukar Pengguna dari Operator ke Anda sendiri. Ini Penting karena jika anda lupa melakukan Tukar Pengguna, maka kuesioner yang diisi bukan milik anda. Namun otomatis untuk Kepala Sekolah.

3. Pahami Setiap Kuesioner


Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kuesioner PMP diperuntukkan bagi 5 komponen sekolah yaitu Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Guru, Peserta Didik dan Komite. Masing-masing komponen memiliki jenis pertanyaan tersendiri. Saat menjawab kuesioner, anda harus betul-betul faham pertanyaannya. Jika memang diperlukan, anda juga bisa bertanya kepada orang lain. Hal ini sangat penting karena berhubungan dengan validitas dan kebenaran jawaban dari kuesioner PMP tersebut

4. Pastikan Persentase Jawaban Sudah 100%


Pada setiap pertanyaan di kuesioner terdapat persentase jawaban yang sudah anda isi. Letaknya berada di atas kuesioner. Semakin banyak jawaban yang diisi, maka warna biru akan semakin penuh dan persentase akan semakin banyak. Pastikan persentase tersebut mencapai 100% yang artinya semua jawaban sudah diisi, sehingga kolom persentase semuanya berwarna biru. (Lihat Kotak Merah Gambar Di Atas)

Jika masih anda yang berwarna putih, itu artinya terdapat jawaban yang belum diisi. Sehingga perlu melakukan cek data kembali. Kolom persentase ini akan muncul secara otomatis, setelah  jawaban diisi kemudian anda Klik Tombol Simpan. Maka dari itu, setelah melakukan pengisian instrumen PMP dianjurkan untuk langsung Menekan Tombol Simpan.

Menu Konfirmasi Data PMP.
Menu Konfirmasi Data PMP.

5. Lakukan Konfirmasi


Salah satu perubahan yang ada dalam Aplikasi PMP terbaru adalah terdapat Penambahan Menu  Konfirmasi Selesai. Menu ini digunakan untuk menyatakan bahwa instrumen benar-benar telah diisi dan anda secara sah telah menyetujui jawaban yang anda pilih. Dalam Menu ini anda akan diperlihatkan Konfirmasi Selesai Mengerjakan Kuesioner yang berisi Standar, Jumlah Pertanyaan, Telah Dijawab, Sisa, Status.

Standar berisi tentang jenis kuesioner yang diisi. Dan masing-masing Pengguna memiliki Jenis Peranyaan sendiri-sendiri. Jumlah pertanyaan berisi total pertanyaan yang harus dijawab di setiap Standar Pertanyaan. Telah Dijawab berarti pertanyaan yang sudah dijawab. Sisa berisi data pertanyaan yang belum diisi. Sedangkan status berisi keterangan mengenai keterselesaian jawaban.

Pastikan semua jawaban telah anda isi. Sisa pertanyaan harus 0 (nol) dan Status bertuliskan Selesai. Jika masih ada 1 saja pertanyaan yang anda isi maka dalam kolom status akan terdapat keterangan belum selesai.

Setelah anda memastikan semua jawaban terisi, langkah selanjutnya ialah melakukan konfirmasi. Caranya dengan menekan Tombol Konfirmasi, kemudian akan muncu pertanyaan apakah anda akan mengkonfirmasi? Kemudian tekan OK. Maka jawaban anda akan terkonfirmasi.

Catatan Pentin!!! Selama anda tidak melakukan Konfirmasi maka data pengguna dinyatakan belum selesai dan di dalam Menu Verifikasi dan Kirim Data akan tetap berisi tanda silang merah. Konfirmasi ini hanya bisa dilakukan satu per satu pengguna PMP.

6. Lakukan Verifikasi Data


Langkah terakhir adalah melakukan Verifikasi Data. Menu ini terdapat di sebelah kiri Aplikasi berdekatan dengan Menu yang lainnya. Verifikasi ini berfungsi untuk mengetahui jawaban yang telah diisi. Sehingga anda bisa mengkoreksinya terlebih dahulu jika ada jawaban yang dirasa kurang tepat atau keliru.

Menu verifikasi ini akan menampilkan semua pertanyaan dan Jawaban Kuesioner PMP dari masing-masing pengguna. Untuk lebih mempermudahnya, anda juga bisa mendownloadnya dengan cara Klik Menu Download yang ada di sebelah kanan atas.

Verifikasi ini lebih baik dilakukan masing-masing pengguna. Tujuannya supaya dapat memastikan sendiri bahwa jawaban yang dipilih benar-benar sesuai dengan realita yang ada.

7. Tunggu Sampai Batas Minimal Responden


Untuk bisa mengirim Data PMP ke server pusat haruslah menunggu sampai batas minimal responden terpenuhi. Maka dari itu, pengisian instrumen PMP harus memenuhi Aturan Jumlah Responden yang telah ditentukan. Untuk masalah ini, saya telah menulisnya dengan judul Aturan Jumlah Responden PMP.

Jika semua sudah terpenuhi, maka tombol Kirim Data otomatis akan diaktifkan. Itu artinya anda bisa segera mengirimnya ke server pusat. Sampai di sini tandanya pengisian data PMP anda berlangsung dengan baik.

Penutup


Pengisian kuesioner PMP harus disesuaikan dengan kondisi nyata di sekolah. Untuk itu jawablah setiap pertanyaan dengan apa adanya supaya data valid. Demikian informasi mengenai Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengisi Instrumen PMP yang Benar"

Posting Komentar