Kisi-kisi UN SMA Tahun 2017

Kisi-kisi UN SMA Tahun 2017. Pada bulan April Tahun 2017 mendatang Ujian Nasional atau UN untuk jenjang Sekolah Menegah Atas (SMA) sederajat akan digelar. Ada dua model ujian yang akan dilakukan. Pertama dengan cara konvensional menggunakan media kertas dan pensil. Kedua, melalui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di mana siswa akan langsung mengerjakan soal melalui komputer.

Terlepas dari model ujian mana yang akan digelar di sekolah anda. Yang jelas pihak SMA harus sedini mungkin mempersiapkan diri untuk menghadapai UN. Persiapan ini harus dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari kesiapan guru Mapel UN, Sarana prasarana hingga pemahaman peserta didik mengenai kisi-kisi yang akan diujikan dalam ujian kali ini.

Kisi-Kisi UN SMA/MA Tahun 2017
Kisi-Kisi UN SMA/MA Tahun 2017

Semua itu penting diperhatikan, mengingat posisi UN yang menjadi salah satu tolak ukur penentuan kelulusan siswa dalam menempuh pendidikan di SMA. Tentu yang diharapkan bukan hanya sekeder lulus semata, melainkan juga lulus dengan nilai yang memuaskan. Karena nilai tersebut menggambarkan kualitas dan pemaham siswa terhadap materi ujian nasional tersebut.

Persiapan yang wajib dilakukan pihak SMA salah satunya adalah mengenai kisi-kisi ujian. Apa itu kisi-kisi? Bagi anda yang belum tahu, kisi-kisi adalah sejumlah panduan dan pedoman yang berisi mengenai materi yang akan diujikan dalam UN. Kisi-kisi tersebut akan membantu peserta ujian dalam mengarahkan proses pembelajarannya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional.

Kisi-kisi UN SMA Tahun 2017. Tentu diharapkan segera diterbitkan oleh Kemendikbud. Apalagi saat ini pembelajaran Semester Ganjil di Tahun Ajaran 2016/2017 akan segera selesai. Sehingga persiapan pemadatan materi untuk UN perlu segera dilakukan. Jika kisi-kisi tersebut bisa segera keluar maka bisa digunakan dalam pendalaman materi dengan siswa.

Pada Kisi-kisi UN SMA Tahun 2016 dijelaskan mengenai 6 Mata Pelajaran.  Untuk Mapel Bahasa Indonesia IPA/IPS/Keagamaan memuat 6 hal yaitu Level Kognitif, Membaca Nonsastra, Membaca satra, Menulis terbatas, Menyunting Kata Kalimat dan Paragraf serta Menyunting Ejaan dan Tanda Baca.

Sementara Mapel Bahasa Indonesia – Bahasa memuat 4 hal yaitu evel Kognitif, Membaca non sastra, Diksi, Struktur Kebahasaan. Mapel Sastra Indonesia – Bahasa memuat 4 hal yakni Level Kognitif, Membaca sastra, Menulis sastra, Aspek Kesastraan. Mapel Bahasa Inggris IPS/IPS/Keagamaan/Bahasa memuat 4 hal yaitu Level Kognitif, Fungsi Sosial, Strutur Teks, Unsur Kebahasaan.

Mapel Bahasa Arab – Bahasa memuat 4 hal yaitu Level Kognitif, Membaca (Qira’ah), Kosa Kata (Mufradat) dan Unsur Kebahasaan (Tarkib/Qawaid). Mapel Bahasa Jepang-Bahasa mengandung 5 hal, Level Kognitif, Membaca, Kosa kata, Unsur kebahasaan, Huruf kanji. Bahasa Jerman-Bahasa 4 hal, Level Kognitif, Membaca, Kosa Kata dan Ungkapan Komunikatif, Unsur Kebahasaan.

Mapel Bahasa Prancis- Bahasa memuat 4 hal yaitu, Level Kognitif, Membaca, Kosa Kata, Unsur Kebahasaan. Bahasa Mandarin-Bahasa 5 hal, Level Kognitif, Membaca sastra, Kosakata, Struktur Kebahasaan, Aksara Han. Terakhir Matematika IPA memuat 5 hal yaitu Level Kognitif, Aljabar, Kalkulus, Geometri dan Trigonometri serta Statistika.

Untuk Kisi-kisi UN SMA/MA Tahun 2017 kini sudah resmi dirilis oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Kisi-kisi ini harus segera anda dapatkan, karena menjadi bagian penting dari persiapan UN Tahun ini.

Di manakah bisa mendapatkan Kisi-kisi UN SMA/MA Tahun 2017? Anda bisa memperolehnya dengan mudah dan gratis di website bsnp. Namun, anda tak perlu repot-repot lagi, silahkan salin url  di samping ini http://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2016/12/KISI-KISI-UN-SMA-MA-SEDERAJAT-2017.pdf

Mudah-mudahan informasi mengenai Kisi-kisi UN SMA/MA Tahun 2017 bisa membantu anda dalam mempersiapkan peserta didik menghadapi UN. Semoga nilai yang diperoleh dapat memuaskan.

0 Response to "Kisi-kisi UN SMA Tahun 2017"

Post a Comment