Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP

Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP. Sobat Operator Dapodik, Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP nampaknya masih membuat banyak operator pusing. Hal ini disebabkan karena hingga menjelang batas Cutt Off, persoalan mengenai lamanya proses Kirim Data masih juga belum terselesaikan. Padahal mulai awal November 2016, server pusat sudah memberikan jadwal per Provinsi. Namun pada kenyataannya, proses pengiriman data masih saja sulit.

Atas dasar tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membuat Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP. Tujuannya, membantu sobat semua agar berhasil melakukan pengiriman data PMP. Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman sekaligus melihat panduan resmi penggunaan Aplikasi PMP.

 Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP
 Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP .

Apa itu Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan?

Sebelum masuk ke pembahasan judul, perlu saya jelaskan Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah adalah suatu mekanisme yang sistematis, terintegrasi, dan berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh proses penyelenggaraan pendidikan telah sesuai dengan standar mutu dan aturan yang ditetapkan. Untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan dengan baik diperlukan adanya sistem penjaminan mutu pendidikan. Sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah terdiri atas dua komponen yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).

Sementara itu, tujuan pengisian PMP adalah untuk memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pada satuan pendidikan dari mulai tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Perlu diketahui bersama, semua sekolah mulai dari jenjang SD sampai SMA sederajat wajib mengisi Data PMP. Baik di Sekolah Negeri maupun Swasta asalkan terdaftar di Dapodik harus mengisi PMP. Sementara untuk sekolah di bawah naungan Depag hingga kini belum diwajibkan.

Bagaimana jika ada sekolah yang tidak mengisi Data PMP? Jika Data PMP tidak diisi maka sekolah bersangkutan akan mendapat konsekuensi berupa  sekolah tidak bisa mengetahui profil mutu sekolah dalam rangka perbaikan mutu untuk mencapai atau melampaui SNP.

Nah, melihat penjelasan di atas saya harap anda memahami apa itu Sistem Penjaminan Mutu. Dengan memahaminya maka diharapkan anda sekalian mau mengerjakan data PMP dengan sebaik-baiknya.

Setelah memahami apa itu PMP, sekarang saatnya masuk ke pembahasan judul Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan agar pengiriman data PMP sukses:

1. Pastikan Aplikasi PMP Anda Sudah di Upgrade ke Versi Terbaru

Aplikasi PMP terbaru adala versi 1.4. Ingat sebelum melakukan instalasi PMP V 1.4 anda harus memastikan Aplikasi Dapodik di PC anda adalah versi 2016 b terbaru yang dapat diunduh pada link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. Perbaharui dengan updatter 2016 b terbaru yang dapat diunduh pada link berikut http://dapodikdasmen.data.kemdikbud.go.id/Patch_Dapodik_2016.b_14092016.exe

Selanjutnya Instal Aplikasi PMP, jika belum pernah mengintal Aplikasi PMP Gunakan installer PMP 1.4 yang dapat diunduh pada link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan

Jika sudah pernah menginstal namun masih versi 1.2. Jika sudah instal 1.2 dan sudah melakukan entri data maka update ke versi 1.3 kemudian update lagi ke 1.4 (2x running). Karena jika diuninstal data yang sudah dientri akan hilang. (Saya anggap sampai di sini anda sudah faham)

 Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP
 Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP .

2. Pengisian Instrumen Harus Benar

Perlu diketahui ada 5 unsur yang harus mengisi kuesioner PMP mereka adalah kepala sekolah, pengawas sekolah, guru, peserta didik, dan komite (perwakilan orang tua siswa). Semua komponen itu harus mengisi PMP. Jangan sampai ada satu pihak yang ketinggalan atau terlewat.

Pengisian data kuesioner PMP haruslah benar. Sesuai dengan kondisi riil yang ada di sekolah anda. Jangan sampai anda menambahi dan menguranginya. Maka dari itu perhatikanlah baik-baik setiap pertanyaan yang ada. Ingat! setelah selesai mengisi kuesioner lakukan konfirmasi data. Sehingga dalam keterangan akan dinyatakan selesai mengisi.

3. Perhatikan Jumlah Responden

Untuk masalah jumlah responden ini, ada sedikit perubahan. Pada awal rilisnya Aplikasi PMP terdapat jumlah minimal responden yang harus mengisi kuesioner. Namun setelah di update menjadi versi 1.4 ada perubahan dengan rincian jumlah responden sebagai berikut:

a. Kepala Sekolah : 1 orang

b. Pengawas Sekolah : 1 orang

c. Guru SD : 6 orang mewakili masing-masing tingkat kelas (kelas 1 – 6)

d. Guru SMP/SMA/SMK : 1 orang / mata pelajaran mewakili keseluruhan tingkat kelas

e. Peserta didik SD : 10 orang / tingkat kelas (kelas 4,5,6)

f. Peserta didik SMP/SMA/SMK : 10 orang / tingkat kelas

g. Komite : 1 orang /tingkat kelas

Anda harus menghitung jumlah tersebut dengan data tingkat kelas yang anda miliki. Sebab masing-masing sekolah memiliki tingkat kelas yang berbeda. Banyak kasus terjadi, pengiriman Data PMP yang gagal dikarenakan jumlah responden tidak memadai. Maka dari itu tahap ini perlu anda perhatikan baik-baik.

4. Tunggu Sampai Tombol Kirim Data Bisa di Klik

Tombol Kirim Data baru bisa di Klik apabila jumlah responden yang mengisi data kuesioner PMP sudah memenuhi batas minimal jumlah responden. Untuk itu, semua komponen responden harus mengisi instrumen terlebih dahulu. Setelah mengisi jangan lupa anda konfirmasi.

5. Sesuaikan dengan Jadwal Pengiriman

Mulai 1 November 2016, pengiriman Data PMP di jadwal Per Provinsi. Setiap Provinsi mendapat jatah dua hari untuk pengiriman PMP. Hal ini bertujuan agar server tidak kelebihan pengiriman sehingga proses kirim data berlangsung lancar. (Baca: Jadwal Pengiriman Data PMP per Provinsi).

6. Pastikan Koneksi Internet Lancar 

Konesi internet menjadi salah satu kunci sukses keberhasilan pengiriman data PMP. Untuk itu, anda harus menyiapkan koneksi internet yang paling lancar di daerah anda. Jangan sampai koneksi internet terputus saat proses pengiriman data berlangsung. Hal ini akan berpengaruh terhadap lamanya waktu pengiriman data. (Saya sendiri menggunakan koneksi internet Mifi Smartfren, sebab di daerah saya paling lancar sinyal itu. Dan terbukti sukses)

7. Jika Berlangsung Lama Biarkan Saja

Semenjak pengiriman Data PMP di jadwal per provinsi, proses Kirim Data terbilang lancar. Cukup beberapa menit, data berhasil di kirim ke server pusat. Kendati demikian, masih ada saja yang tak kunjung berhasi mengirim. Jika ini yang terjadi, pastikan semua syarat di atas sudah anda penuhi. Kalau semua sudah memenuhi, biarkan saja proses pengiriman terus berlangsung. Biasanya, meskipun tak ada keterangan Berhasil namun data otomatis sudah masuk ke server pusat.

8. Jangan Mengirim Data Saat Server dalam Perbaikan

Terkadang server PMP pusat tidak bisa di buka karena dalam perbaikan. Nah, saat ini terjadi maka jangan anda mengirimkan Data PMP. Sebab dijamin tidak akan pernah berhasil. Tunggu sampai server pusat normal kembali, baru kemudian anda bisa mengirimnya.

9. Rajin-rajinlah Mengecek Progres Pengiriman Data PMP

Keberhasilan pengiriman Data PMP ditandai dengan masuknya data di Progres Pengiriman PMP. Untuk cara melihatnya, saya kira anda sudah mengetahuinya. Selang satu hari mengirim data PMP alangkah baiknya jika anda melihat Progres Pengiriman. Di situ nanti anda bisa melihat apakah data yang ada kirim sudah masuk atau belum. Jika sudah, statusnya diterima server atau selesai di proses. Anda juga bisa melihat siapa saja yang telah mengisi data PMP dari semua sekolah yang ada di Indonesia.


Penutup

Aplikasi PMP masih terbilang sangat baru. Maka tak mengherankan jika masih banyak kekurangan. Aplikasi ini masih butuh perbaikan terus-menerus sehingga bisa menjadi sempurna dan mudah digunakan. Artikel yang berjudul Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP ini diharapkan mampu membuat proses Pengiriman Data PMP anda berlangsung lancar. Terimakasih

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Panduan Lengkap Sukses Kirim Data PMP "

Posting Komentar