Panduan Pelaksanaan UNBK 2017


Panduan Pelaksanaan UNBK 2017. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik di seluruh Indonesia. Terimakasih telah mengunjungi blog saya ini. Semoga apa yang saya tulis dalam bentuk artikel ini dapat membantu pekerjaan anda. Apabila ada berbagai macam kendala terkait Dapodik maupun seputar pekerjaan lain operator anda juga bisa menanyakannya pada kolom komentar yang ada di bawah. Insyaallah saya akan mengulasnya secara deail.

Kawan-kawan Operator Dapodik, pada kesempatan kali saya akan kembali membahas mengenai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tentu anda semua pasti sudah tahu mengenai model ujian ini bukan? Ya, UNBK merupakan sistem ujian nasional terbaru, dimana soal ujian tidak lagi menggunakan kertas dan siswa menjawabnya dengan membulati jawaban dengan pensil.

UNBK ini mengganti peran kertas dengan sistem komputer. Nantinya, siswa akan mengerjakan soal ujian menggunakan komputer yang kemudian jawaban tersebut akan dikirimkan oleh petugas ke server pusat ujian nasional Kemendikbud.



Panduan Pelaksanaan UNBK 2017
Panduan Pelaksanaan UNBK 2017.

Dengan adanya sistem UNBK, diharapkan bisa mempermudah pelaksanaan UN karena tidak perlu mengambil soal dan mengirimkan jawabannya secara manual. Sebab, soal dan jawaban akan dikirim melalui sebuah server khusus yang memang disiapkan untuk keperluan Ujian Nasional. Validitas jawaban juga diklaim lebih murni, sebab soal satu komputer dengan komputer lain saling berbeda sehingga menutup celah kemungkinan bocornya jawaban.

Kendati demikian, pelaksanaan UNBK bukan berarti tanpa hambatan. Persoalan utama yang harus segera diselesaikan adalah mengenai ketersediaan sarana prasarana. Sebab alat yang dibutuhkan untuk melaksanakan UNBK terbilang banyak dan berharga mahal. Maka sangat wajar jika Kemendikbud tidak melaksanakan UNBK di semua sekolah melainkan hanya sekolah-sekolah tertentu yang dirasa sudah siap.

Nah, kali ini saya akan membahas tentang Panduan Pelaksanaan UNBK 2017. Semua sekolah pelaksana UNBK tahun ini harus mengetahui aturan pelaksanaan UNBK. Jika tidak maka bisa terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat proses ujian. Bagi sekolah yang belum melaksanakan ujian berbasis komputer, anda juga bisa menjadikan ini sebagai bahan pembelajaran. Sebab suatu saat sekolah anda pasti akan melaksanakannya.

Panduan Pelaksanaan UNBK 2017 dibagi menjadi 3, yaitu Pra Ujian, Pelaksanaan Ujian dan pasca Ujian berlangsung. Ada banyak tahap dan itu perlu anda perhatikan dan pahami secara benar. Langsung saja perhatikan penjelas berikut ini:

A. Pra Ujian


Tahap Pra Ujian adalah segala hal-hal yang menyangkut segala keperluan yang harus disiapkan sebelum pelaksanaan UNBK. Kunci utama keberhasilan UNBK berada di tahap ini. Semakin baik persiapan di tahap Pra Ujian maka untuk tahap seterusnya akan lebih mudah. Sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan yang ditemui. Berikut ini yang termasuk Tahap Pra Ujian

1. Menentukan pembagian sesi ujian UNBK

2. Menunjuk proktor, pengawas, dan teknisi

3. Membagikan username dan password kepada peserta UN

4. Mengatur ruan UN berdasarkan dengan kriteria ruang UNBK yang ditentukan

5. Adapau Kriteria ruang UNBK yang dimaksud di atas adalah sebagai berikut:

- Jarak antar satu komputer dengan komputer lainnya minimal adalah 1 Meter,

- Pengaturan tempat duduk ruang UNBK diusahakan harus menggunakan model pengaturan kelas dan tidak saling berhadapan antara siswa,

- IP address komputer server dan komputer peserta diatur menjadi statik

6. Memberikan nomor pada setiap ruang yang digunakan dalam UNBK

7. Menerima berita acara sinkronisasi dari Proktor

8. Memberi penjelasan dan pengarahan kepada Proktor, Pengawas, dan Teknisi.

B. Pelaksanaan Ujian

Tahap kedua adalah Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Yang dinamakan Pelaksanaan Ujian segala macam persiapan dan tindakan yang harus dilakukan saat pelaksanaan UNBK. Pada tahap ini semua komponen yang terlibat dalam UNBK harus selalu siaga. Sebab jika ada kesalahan sedikit saja bisa mengganggu proses pelaksanaan UNBK yang dapat merugikan peserta didik di sekolah anda. Berikut ini yang termasuk dalam Pelaksanaan Ujian:

1. Menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan ujian agar pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan aman dan nyaman

2. Semua pihak harus menjaga dan mengamankan sarana prasarana yang digunakan dalam UNBK

3. Mempersiapkan genset atau UPS yang akan digunakan jika mati listrik

4. Memberi informasi ujian susulan jika suatu sesi gagal dilaksanakan


Cukup banyak memang. Hal ini sangat wajar sebab pelaksanaan UNBK membutuhkan persiapan yang sangat matang. Demikian informasi mengenai Panduan Pelaksanaan UNBK 2017. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menyukseskan UNBK di sekolah anda.

Sumber: Manual UNBK Tahun 2017

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Pelaksanaan UNBK 2017"

Posting Komentar