Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui


Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui. Salam Satu Data. Sahabat Operator Dapodik, pada momen Hari Guru Nasional 25 November 2016 yang lalu, Ditjen Dikdasmen Kementerian Penddikan dan Kebudayaan telah merilis update aplikasi Dapodik 2016c. Maka dari itu, anda sekalian perlu segera melakukan update aplikasi. Silahkan baca artikel saya yang berjudul Cara Update Dapodik 2016C yang Benar.

Seperti biasanya, dalam update kali ini juga terdapat beberapa perubahan beberapa fitur aplikasi dan perbaikan. Hal itu dimaksudkan untuk menyempurnakan aplikasi dapodik agar tidak terjadi Bug aplikasi lagi, sehingga dapat mengganggu proses pendataan dapodik sekolah. Yang tentunya sering membuat kesal para operator dapodik.



Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui
Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui.


Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui.

Dalam Aplikasi Dapodik 2016c ini, setidaknya terdapat 17 Pembaruan dan 5 Perbaikan dalam aplikasi dapodik. Pembaruan maksudnya terdapat beberapa fitur atau kebijakan baru yang harus diisi sekolah agar saat validasi tidak di Warning atau Invalid. Sedangkan perbaikan maksudnya beberapa Bug Aplikasi yang terjadi sudah diperbaiki sehingga bisa digunakan secara optimal. Untuk lebih jelasnya berikut ini Penjelasan Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui:

A. Pembaruan

Ada 15 Pembaruan dalam Aplikasi Dapodik 2016c, yaitu:

1. Penambahan fitur unduhan pembelajaran pada semester aktif

Seperti kita ketahui, Fitur Unduhan Pembelajaran sebelumnya tidak pernah ada, sehingga operator hanyabisa melihat daftar pembelajaran di Dapodik. Dengan adanya fitur unduhan pembelajaran ini anda bisa mendownload hasil input data pembelajaran di sekolah dalam bentuk excel.

Cara menggunakan Fitur Unduhan Pembelajaran adalah Tekan Menu Rombongan Belajar. Lihat di sebelah kirim Bagian bawah warna biru. Tekan fitur Unduh Pembelajaran, tunggu sampai proses mengunduh selesai.

2. Pengaktifan data PTK SEPERTI NUPTK Nama Lengkap, hingga tempat Tanggal Lahir ketika status validasi pada VervalPTK oleh PDSPK dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)

Nah ini yang terpenting juga. Atribut data PTK yang sebelumnya dikunci oleh pusat, sekarang sudah diaktifkan kembali. Bagi PTK yang data VerValPTK masih invalid bisa segera memperbaikinya. Termasuk juga data NUPTK, Nama Tanggal Lahir, dan nama ibu yang keliru dalam memasukkan ke dapodik bisa segera diperbaiki secara manual.

3. Selanjutnya Validasi bagi Kepala Bengkel yang kini akan dihitung mulai paket keahlian yang diajarkan pada rombe dengan semester aktif

Saat ini terdapat validasi Kepala Bengkel yang diperuntukkan bagi SMK. Validasi ini dihitung berdasarkan paket keahlian rombel pada saat semester aktif.

4. Validasi bagi Kepala Program Keahlian yang dihitung mulai dari program keahlian yang diajarkan pada rombel dengan semester aktif

Sama seperti kepala bengkel, bagi Kepala Program Keahlian juga terdapat validasi yang dihitung berdasarkan dihitung berdasarkan paket keahlian rombel pada saat semester aktif.

5. Terdapat Penambahan kelompok mapel Pendampingan yang diberi nama Produktif khusus jenjang SMK

Sebelumnya Kelompok Mapel SMK ada 4 yaitu Mapel Wajib, Mapel Bidang Studi Wajin, Mapel Peminatan dan Mapel Bidang Studi Tambahan. Pada Aplikasi Dapodik 2016 c khusus untuk SMK terdapat satu kelompok Mapel baru yaitu Pendamping (Produktif). Mapel ini diperuntukkan dalam pembelajaran mata pelajaran produktif masing-masing jurusan.

6. Khusus Jenis Rombel Teori kini hanya bisa diajarkan oleh 1 Guru saja

Pada aplikasi dapodik sebelumnya Rombel Kelas Teori bisa diajarkan oleh 2 PTK. Namun dalam update terbaru diambil kebijakan Jenis Rombel Kelas Teori hanya boleh diajarkan 1 PTK saja. Bagi yang masih 2 PTK atau lebih harap segera di edit agar dapodik bisa di sinkronisasi.

7. Jenis Rombel Kelas Teori hanya diperuntukkan bagi Lintas Minat

Untuk yang masih bingung tentang pengisian Jenis Rombel Kelas Teori, dalam dapodik 2016c sudah dijelaskan bahwa rombel ini hanya diperuntukkan bagi siswa yang mengikuiti pembelajaran Lintas Minat.

8. Terdapat Filter kelompok Mapel Peminatan Bahasa hanya dapat memilih mata pelajaran sesuai kelompoknya yaitu pelajaran Bahasa Arab, Antropologi, Bahasa Cina, Bahasa Belanda, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Korea, Bahasa Mandarin dan Bahasa Perancis untuk jenjang SMA atau sesuai dengan jurusannya

Sebelumnya setiap jurusan di SMA dalam Tab Pembelajaran akan muncul semua jenis pembelajaran baik yang berhubungan dengan jurusannya ataupun tidak yang kadang bisa membuat bingung. Nah dalam dapodik 2016c mapel peminatan yang tidak sesuai jurusan sudah di filter sehingga yang muncul pasti mapel pemintan yang sesuai dengan jurusannya.

9. Terdapat Filter kelompok mapel Peminatan IPS hanya bisa memilih mata pelajaran sesuai kelompoknya yaitu Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi untuk jenjang SMA

Penjelasan sama dengan nomor 8.

10.  Terdapat Filter kelompok Mapel Peminatan MIPA hanya bisa memilih mata pelajaran sesuai kelompoknya yaitu Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia untuk jenjang SMA

Penjelasan sama dengan nomor 8.

11. Terdapat Filter kelompok Mapel Pendampingan atau Produktif yang tidak bisa dilakukan pada bidang keahlian Bisnis dan Manajemen dan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk jenjang SMK

Penjelasan sama dengan nomor 8.

12. Terdapat Filter kelompok mata pelajaran sesuai kelompoknya yaitu Pendampingan (Produktif) hanya bisa ditambah ketika pada rombel sudah ada kelompok mapel peminatan khusus untuk jenjang SMK

Penjelasan sama dengan nomor 8.

13. Terdapat Filter mata pelajaran yang tidak dapat ditambahkan kelompok mata pelalajaran Pendampingan (Produktif) sesuai kurikulum yang diterapkan khusus untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK

Penjelasan sama dengan nomor 8.

14.Jumlah Jam Mengajar (JJM) yang ditambahkan pada kelompok mata pelalajaran Pendampingan atau produkti harus sesuai dengan Jumlah Jam Mengar kelompok mapel peminatan pada rombongan belajar tersebut untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK

Hal ini berhubungan dengan poin nomor 5 di atas. Karena ada penambahan kelompok Mapel Pendamping (Produktif) maka Jumlah Jam Mengajar mapel ini ditambahkan pada kelompok mapel pemintan sesuai rombel masing-masing.

15. Adanya Penambahan fitur untuk memfilter Jenis Rombongan Belajar

Fitur ini dimaksudkan untuk mempermudah anda dalam mencari Jenis Rombel yang ingin dicari.  Misalnya jenis Kelas, Teori, Agama, Seni Budaya, Prakarya maupun menampilkan semua. Letaknya berada di Tab Rombongan Belajar berada di sebelah kanan atas seperti tombol pencarian.

16. Adanya Penambahan fitur google maps untuk mendapatkan lintang dan bujur pada data Relasi Dunia Usaha & Industri atau DUDI untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK

Menu Relasi Dunia Usaha & Industri berada di Tab Sekolah bagian Data Rinci sekolah yang berada di bawah. Dalam menu ini sebelumnya terdapat beberapa informasi saja seperti, nama, bidang usaha, alamat jalan dan RT RW. Di dapodik 2016c ditambahkan dengan Peta Koordinat sehingga bisa diketahui secara tepat lokasi Industri berada. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda harus terkoneksi dengan internet.

17. Terdapat Validasi perjanjian kerjasama atau MoU yang wajib diisi minimal 1 setiap Kompetensi Keahlian Dilayani untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK

Menu MoU Kerjasama letaknya juga sama dengan poin 17 di atas. MoU ini dikhususkan untuk SMK yang dijadikan sebagi bukti bahwa SMK tersebut sudah memiliki MoU kerjasama dengan Dunia Industri seperti dalam hal prakerin Siswa, prakerin Guru hingga Pengembangan Kurikulum. Cara mengisinya juga sangat mudah, anda hanya perlu mengisi data yang diminta dalam Menu MoU tersebut.

Catatan Penting!!! Semua pembaruan tersebut harus segera anda sesuaikan dengan data di Dapodik. Apabila terdapat data yang tidak sesuai, maka dalam validasi nanti akan muncul data Invalid.

B. Perbaikan

Adapun Perbaikan yang terdapat dalam Aplikasi Dapodik 2016c adalah sebagai berikut:

1. Jumlah Jam Mengajar (JJM) Pendidikan Agama akan tetap menghitung jumlahmaksimal dari ketentuan kurikulum yang diterapkan di rombel

JJM pendidikan agama terdapat jumlah maksimalnya yang disesuaikan dengan kurikulum. Sehingga tidak dapat anda isi dengan sembarangan.

2. Adanya Validasi perhitungan akumulasi JJM yang diperoleh siswa untuk kelompok mapel peminatan dan lintas minat khusus bagi jenjang SMA dan SMK

Inilah yang sebelumnya tidak ada, mengenai akumulasi Jumlah Jam Mengajar yang diperoleh peserta didik. Saat ini siswa yang yang berada dalam kelompok Mapel Peminatan dan Lintas Minat untuk jenjang SMA SMK bisa menghitung akumulasi JJM-nya.

3. Adanya Validasi perhitungan akumulasi JJM setiap rombel yang disesuaikan pada kurikulum dan tingkat pendidikan yang diterapkan di sekolah

Validasi ini bisa anda lihat dalam mengisi data pembelajaran. Di bagian bawah akan terlihat akumulasi JJM setiap Rombel.

4. adanya perbaikan Bugs (kesalahan aplikasi) Program Keahlian pada pilihan Registrasi siswa untuk jenjang SMA dan SMK

Masalah ini sebelumnya banyak ditemui yaitu Program Keahlian yang tidak muncul. Saat ini, problem tersebut sudah di atasi dan dapat dipastikan Program Keahlian akan muncul

5. Adanya perbaiakan Bugs (kesalahan aplikasi) ketika saat menyimpan data PTK jika status kepegawaian Non PNS

Bagi anda yang belum bisa menyimpan data PTK yang status kepegawaiannya non PNS saat ini bisa bernafas lega, sebab di dapodik 2016c problem yang anda alami tidak akan terjadi lagi.

Segera update Aplikasi Dapodik anda menjadi versi 2016c sehingga data yang anda input valid. Demikian Informasi mengenai Pembaruan Dapodik 2016C yang Wajib Diketahui. Semoga dapat bermanfaat.





8 komentar

setelah update online ke 2016c kok gak muncul kenapa ya min..?

solusi "pengguna tidak aktif" saat sinkronisasi gmna ya ? Mkasih

Memangnya dalam daftar pengguna dapodik anda ada berapa pengguna pak? kemungkinan data pengguna tersebut sudah di non aktifkan

min knapa pilihan mata pelajaran pada pembelajaran ggk ada yg muncul ? mohon solusi

Min ini sdh updater 2016c. Tiba2 di pembelajaran ada 3 data yg tdk invalid.. Kmrn ga ada kok di di versi sebelumnya

dapodik yang anda gunakan versi berapa ya?

invalidnya kenapa? memang ada perubahan aturan input jam pembelajaran di dapodik terbaru


EmoticonEmoticon