Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK

Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK. Sobat operator dapodik salah satu data penting yang harus diisi dalam aplikasi e-Rapor SMK adalah data referensi. Maksud data referensi tersebut adalah sekumpulan data yang akan dijadikan pedoman (referensi0 dalam mengoperasikan aplikasi e-rapor yang diinstal dalam PC anda.

Pada kesempatan sebelumnya, saya telah membahas panjang lebar seputar edit data referensi untuk mata pelajaran dan guru. Nah, sekarang ini saya akan kembali mengulas tentang data referensi di e-Rapor SMK. Hanya saja fokus pembahasannya berada pada data peserta didik.

Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK
Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK.

Data referensi siswa menjadi data pokok dalam pengoperasian aplikasi e-Rapor SMK. Apakah itu berlebihan? Tidak, sebab aplikasi ini diciptakan memang diperuntukan sebagai penilaian terhadap peserta didik. Apabila tidak ada siswa maka secara otomatis aplikasi ini tidak mungkin ada.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya data referensi siswa harus diperhatikan dengan baik. Semua siswa di SMK wajib masuk dalam referensi. Jangan sampai, ada satu orang siswa yang tidak masuk dalam aplikasi. Sebab hal itu dapat menyebabkan siswa terkait tidak memperoleh nilai.

Perhatikan juga, jangan sampai ada data siswa lain yang masuk ke dalam referensi. Teliti dengan cermat setiap data siswa yang masuk. Jika ditemukan terdapat siswa yang diindikasikan bukan sebagai anggota peserta didik di sekolah tersebut maka harus segera anda keluarkan. Karena apabila dibiarkan sangat dimungkinkan akan terjadi persolan di kemudian hari.

Di sinilah pentingnya, admin atau siapapun yang ditugaskan mengelola aplikasi e-Rapor SMK untuk menjalin komunikasi secara intensif dengan operator dapodik sekolah. Data siswa yang masuk ke dalam referensi e-Rapor SMK harus didasarkan pada data yang diinput ke dalam dapodik. Keduanya harus memiliki data yang sama, jangan sampai berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Kembali lagi tentang referensi siswa yang berada dalam e-Rapor SMK. Dalam mengelola data ini, admin haruslah cermat. Apabila ditemukan kekeliruan, segera lakukan perbaikan secepatnya. Banyak kasus terjadi, karena terlalu lama kesalahan data dibiarkan, pada akhirnya menimbulkan persoalan baru yang sukar untuk di atasi.

Referensi siswa ini bisa diakses oleh beberapa pengguna. Mereka harus memiliki hak akses sebagai guru di sekolah, wali kelas, wakil kepala sekolah (Waka), staf tata usaha sekolah, dan administrator sekolah. Cukup banyak memang, hal ini wajar mengingat data siswa berkaitan dengan semua hal yang ada di sekolah.

Kendati demikian, dalam hal melakukan penambahan dan pengeditan data peserta didik di referensi e-Rapor SMK tidak bisa dilakukan oleh semua pengguna tersebut. Fasilitas tersebut hanya diperuntukkan bagi kepada staf tata usaha dan administrator.

Lalu bagaimana cara melakukan penambahan dan pengeditan referensi siswa? Sebenarnya langkah yang perlu dilakukan hampir sama dengan di referensi Mapel dan Guru. Hanya saja ada sedikit perbedaan antara masing-masing menu tersebut. Supaya lebih faham, simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK

1. Akses Fitur Referensi Siswa

Agar bisa mengakses fiturreferensi siswa, anda bisa melakukannya melalui Menu Referensi-Referensi Siswa lokasinya berada di bagian samping kiri, jadi satu dengan menu-menu yang lainnya.

2. Penambahan Data Siswa

Untuk melakukan penambahan data siswa ke referensi, admin e-Rapor SMK bisa melakukannya dengan cara menekan Tambah Data Siswa. Ini merupakan cara otomatis dan terhitung sangat cepat.

3. Siswa Masuk ke dalam Rombel

Setelah melakukan penambahan data siswa, secara otomatis akan bisa masuk atau terdaftar dalam Rombel. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengisi nama Rombel di bagian entri Diterima di Kelas yang telah tersedia di dalam aplikasi.


4. Penambahan Secara Manual

Selain menggunakan cara otomatis di atas, Penamabahan data siswa juga bisa dilakukan secara manual. Caranya sama dengan data guru, yaitu melalui langkah import data dengan menggunakan format dari Ms Excel sesuai yang telah dipersiapkan.


5. Pengunduhan Format Excel Penambahan Data Siswa

Format yang saya maksud di atas bisa anda ambil dengan mudah di Tabulasi Menu Import Data Siswa. Untuk cara mengunggah dan edit melalui import data dengan Ms Excel caranya sama persis dengan data guru.

6. Edit Data Siswa

Untuk melakukan pengeditan pada data referensi, admin e-Rapor SMK harus menggunakan Tombol Aksi-Edit. Setelah di klik maka akan tampil form edit yang sama pada saat melakukan penambahan data. Segera edit data siswa terkait ketika form ini sudah muncul.

7. Hapus Data Siswa

Data siswa yang masuk dalam referensi e-Rapor SMK juga bisa dihapus. Ini diperlukan jika ditemukan data ganda, atau data siswa yang tidak diketahu. Untuk menghapusnya, silahkan anda tekan tombol Aksi-Hapus. Selain itu juga bisa dilakukan dengan cara ceklis nama-nama peserta didik yang akan dihapus. Setelah semuanya diceklis, selanjutnya tekan tombol Hapus Data Terpilih.

Penutup

Pada prinsipnya, pengelolaan sebuah aplikasi mempunyai kesamaan terutama bagian validitas data. Hal ini tak terkecuali untuk aplikasi e-Rapor SMK. Semua fasilitas menu yang disediakan berkaitan dengan usaha untuk memperoleh data yang valid. Terutama mengenai data siswa. Demikianlah informasi mengenai Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

0 Response to "Cara Edit Data Referensi Siswa di e-Rapor SMK"

Post a Comment