Info Penting Terkait Data Dapodik SMA


Info Penting Terkait Data Dapodik SMA. Sobat operator Dapodik Sekolah Menengah Atas (SMA), pada kesempatan ini saya akan membagi informasi mengenai data di Dapodik SMA. Pemberitahuan ini diharapkan bisa menjadi perhatian semua pihak agar pendataan di Dapodik benar dan valid. Sehingga semua hal yang berkaitan dengan Pengelolaan Sekolah bisa berjalan lancar.

Sebelum masuk dalam informasi tersebut, perlu saya ingatkan kembali bahwa validitas data dalam Aplikasi Dapodik harus dijaga dengan baik. Berbagai data yang diinput wajib riil sesuai dengan kondisi nyata sekolah anda. Jangan sampai melebihkan atau menguranginya, sebab pihak sekolah sendiri yang akan menanggung akibatnya.

 Info Penting Terkait Data Dapodik SMA
 Info Penting Terkait Data Dapodik SMA.

Mengenai Info Penting Terkait Data Dapodik SMA kali ini terdapat beberapa hal penting, yang meliputi pendataan Sarana Prasarana, Cut Off Bantuan Operasional terbaru, validasi Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan data PTK yang berada di sekolah anda. Semua itu harus anda perhatikan dengan seksama. Apabila ada data yang belum diinput maka segeralah memasukkannya ke dalam Aplikasi Dapodik.

Untuk lebih jelasnya mengenai Info Penting Terkait Data Dapodik SMA, silahkan perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Lengkapi Data Sarana dan Prasarana Sekolah

Informasi pertama terkait dengan Data Sarana Prasarana Sekolah. Sarpras yang dimaksud di sini adalah mengenai semua hal alat kelengkapan sekolah, mulai dari Gedung, meja, kursi hingga sampai peralatan laboratorium atau bengkel yang terdapat di sekolah.

Penting dicatatat, pengisian Data Sarana dan Prasarana ini harus riil sesuai dengan kondisi nyata di sekolah masing-masing. Isilah dengan apa adanya. Sebab jika suatu saat sekolah dipangil dalam rangka menerima bantuan program sedangkan hasilnya tidak sesuai dengan entrian data yang ada di Dapodik maka bisa saja sekolah akan dieliminasi atau dicoret sebagai Penerima Program

Tentu, anda semua tidak ingin mengalami hal ini bukan? Maka dari itu isi data Sarpras dapodik anda sesuai realita. Sebab berbagai macam pendataan termasuk pemberian bantuan juga didasarkan pada input data di Dapodik.

2. Batas Waktu Cut Off BOS Tri Wulan 1 Tahun 2017

Informasi kedua ialah mengenai Batas Waktu Cut Off BOS Triwulan 1 Tahun 2017. Perlu anda catat, batas akhir pengambilan data untuk Dana Bantuan Operasional berdasarkan data yang diambil pada tanggal 15 Desember 2016.

Ini perlu anda perhatikan dengan seksama, sebab ada sebagian sekolah yang tidak menerima dana BOS lantaran hingga tanggal terakhir pengambilan data tidak segera melakukan sinkronisasi. Sehingga pada tahap tersebut sekolah bersangkutan tak menerima dana BOS.

Terkait hal tersebut, maka anda harus memastikan berbagai macam data penting harus anda lengkapi, Data lengkap Peserta Didik terutama dibagian NISN, Pembuatan Rombel yang Benar (Kurikulum, tingkat, wali kelas) serta pastikan semua siswa di sekolah anda sudah masuk dalam referensi di vervalPD.

Batas Cut Off BOS akan selalu dilaksanakan dalam 3 bulan sekali. Ini mengacu pada kebijakan bahwa penyaluran dana BOS saat ini dengan sistem Triwulan. Yang berarti dana tersebut disalurkan setiap 3 bulan sekali dimulai pada bulan januari. Untuk itu, anda harus selalu mengikuti informasi mengenai batas cut Off tersebut agar dana BOS sekolah anda bisa tersalurkan.

3. Validasi Data Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Program Indonesia Pintar atau PIP diperuntukan bagi semua pelajar dari tingkat dasar hingga SMA sederajat di Indonesia. Untuk para penerima KIP segera lakukan Validasi data dengan cara menginputnya di Aplikasi Dapodik. Supaya siswa bersangkutan memperoleh dana PIP.

Sebenarnya, hal ini tak hanya berlaku bagi peserta didik yang bersekolah di SMA saja, melainkan untuk semua siswa di seluruh Indonesia penerima Kartu Indonesia Pintar tersebut. Tujuan validasi itu apa? Ya supaya siswa pemegang KIP memperoleh dana bantuan dari pemerintah. Maka dari itu, siswa dan pihak sekolah harus bekerjasama agar data yang diinput valid.

4. Memperbarui Data PTK di Dapodik

Informasi terakhir yaitu tentang Update Data PTK. Pada dasarnya, data apa saja termasuk PTK tentu akan mengalami perubahan. Untuk itu, setiap perubahan haruslah dilaporkan melalui Dapodik. Supaya data yang dientri menjadi baru tidak ajeg seperti itu terus sampai kapanpun.

Apa saja sih data yang harus diperbarui? Data yang perlu diupdate meliputi semua hal yang berada dalam kolom data PTK di dalam Aplikasi Dapodik. Data tersebut meliputi gaji berkala, pangkat, golongan dan lain sebagainya. Tentu anda sebagai operator saya rasa sudah sangat paham.

Tips buat anda para operator, agar data PTK yang diinput valid maka biarkanlah PTK bersangkutan yang mengisi datanya. Anda tinggal memberikan formulirnya dan menginput ke dalam Dapodik sesuai dengan apa yang dituliskan oleh bersangkutan, sehingga tak ada kesalahan input.

Keempat hal tersebut merupakan Info Penting Terkait Data Dapodik SMA pada kesempatan kali ini. Intinya, anda harus selalu menjaga validitas data sekolah.


Sumber: Rakor Satgas Dapodik SMA

0 Response to " Info Penting Terkait Data Dapodik SMA"

Post a Comment