Cara Download dan Ekstrak VHD


Cara Download dan Ekstrak VHD - Sahabat admin Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di seluruh Indonesia. Bagaimana dengan persiapan sarana prasaran penunjang pelaksanaan UNBK, sudah siap semua kah?

Jika semua sudah siap maka itu adalah nilai plus tersendiri, sebab dalam UNBK kesiapan sarana dan prasarana menjadi kunci penting.

Semakin cepat segala keperluan terkait UNBK dipersiapkan, maka akan semakin baik pula pelaksanaannya mendatang.

Sehingga diharapkan pada saat ujian nanti semua peralatan dan perlengkapan bisa beroperasi dengan maksimal tanpa ada suatu halangan apapun.

Ini sangat penting sekali untuk diperhatikan. Coba bayangkan saja, bila dalam pelaksanaan UNBK nanti terdapat sistem yang tidak bisa berjalan sebagaimana mustinya. Tentu ujian tidak bisa dilangsungkan dan harus menunggu hingga sistem kembali bekerja secara normal.

Baca juga: Cara Mengatasi Kekurangan Virual Memory Server UNBK

Kalau kerusakan hanya berlangsung sementara sih bukan masalah besar. Namun apa jadinya jika kerusakan yang ada berlangsung selama beberapa hari. Tentu ini sangat merugikan semua pihak terutama bagi peserta didik. Sebab mereka harus menjalani ujian pada gelombang kedua.

Tentu anda semua tidak ingin mengalami hal ini terjadi. Maka dari itu segeralah persiapkan secara matang semua keperluan UNBK di sekolah anda.

Seperti yang anda semuanya ketahui bahwa pada tahun 2017 ini, semua sekolah di Indonesia dianjurkan untuk melaksanakan UNBK.

Bagi sekolah yang dari segi sarana prasarana belum siap, dianjurkan untuk gabung dengan sekolah terdekat yang melaksanakan UNBK. Baik gabung dengan SMP, SMA atau SMK sederajat.

UNBK sendiri  adalah sebuah tes yang dilaksanakan dengan berbasis komputer dengan model penyajian dan pemilihan soalnya dilaksanakan dengan cara terkomputerisasi sehingga para peserta ujian akan memperoleh paket soal yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Para peserta ujian, tidak lagi mengerjakan soal dengan memakai kertas dan pensil 2B yang selama ini dilakukan ketika pelaksanaan ujian nasional.

Tentu dengan adanya UNBK ini pelaksanaan ujian nasional bisa lebih efisien dan menghasilkan nilai yang benar-benar bisa dipertanggungjawabkan. Sebab dengan metode ini potensi kecurangan dapat diminimalisir lantaran soal setiap siswa akan berbeda.

Ini menjadi kelebihan dari sistem UNBK daripada ujian secara manual. Sehingga persoalan kecurangan UN yang selama ini diduga terjadi bisa diminimalisir.

Model yang dilakukan dalam UNBK adalah dengan memakai VHD offline supaya sekolah dapat melakukan berbagai persiapan dan latihan secara rutin  dalam menggunakan aplikasi UNBK.

Dengan menggunakan sistem offline (VHD) ini anda tidak perlu sebuah akses internet yang selalu terhubung ke laptop atau komputer anda.

Cukup menggunakan jaringan lokal saja maka anda bisa melaksankan berbagai persiapan seperti simulasi UNBK.

Sementara itu dalam hal pelaksanaan Ujian Nasional, UNBK bersifat semi online. Maksudnya hanya server saja yang perlu terkoneksi dengan internet. Karena nanti berfungsi untuk melakukan syncronisasi data menuju ke server pusat dan menggunakan vhd semi online.

Mekanisme Pelaksanaan model offline (VHD Offline)


Pada aplikasi UNBK offline akan diinstall pada masing-masing server. Nantinya seluruh bahan ujian telah tersedia di dalam aplikasi unbk offline (VHD offline).

Adapun mekanisme Pelaksanaan UNBK dengan model offline ialah sebagai berikut ini:

  • Sekolah  yang menyelenggara kan UNBK  wajib  menyediakan  server  lokal yang di install menggunakan virtual box dengan memakai vhd offline
  • Bagi PC client harus di install dengan menggunakan exambro v16.0509 dan diinstall dengan menggunakan google chorme versi terbaru.
  • Para peserta ujian bisa mengakses tes dengan cara offline yang berasal dari server lokal.
  • Data Token, user login peserta didik dan kebutuhan lainnya telah tersedia di dalamfolder perquisites.
Cara Download dan Ekstrak VHD
Hasil Unduhan VHD.


Cara Download dan Ekstrak VHD


Kali ini kita sampai pada pembahasan utama yaitu tentang bagaimana cara download VHD. Kemudian bagaimana cara mengekstrak VHD yang benar itu.

Perlu anda semuanya pahami VHD adalah virtual hardisk yang berisikan mengenai OS Windows Server 2012 Namununtuk server lokal yang anda miliki tidak membutuhkan OS Windows 2012. Langsung saja berikut ini panduan lengkapnya.

Cara Download VHD


  1. Silahkan anda buka Link download VHD dengan menggunakan web browser apapun (Saya anjurkan menggunakan Google Chrome atau Mozila Firefox).
  2. Masukkan data username dan password anda masing-masing sesuai dengan yang sudah di berikan.
  3. Setelah semua data terisi dengan benar Klik Tombol login yang ada di bawahnya
  4. Silahkan anda download semua part 01-08 dan juga Prerequisites yang tersedia di dalamnya
  5. Simpanlah data yang berhasil anda download tadi ke dalam satu buah folder khusus
  6. Selesai data VHD berhasil anda unduh secara lengkap

Cara Download dan Ekstrak VHD
Proses Ekstrak VHD.


Cara Ekstrak VHD


Selanjutnya adalah mengenai bagaimana cara mengekstrak VHD. Ikutilah beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka File VHD hasil unduhan anda tadi
  2. Kemudian Extrack file VHD tesebut dengan menggunakan winrar / winzip
  3. Masukkanlah daya password rar yang telah di berikan sebelumya
  4. Silahkan tunggu beberapa menit sampai proses extrack selesai dilakukan. Ingat tunggu sampai prosesnya selesai
  5. Lalu Extrack Prerequisites yang juga anda unduh tadi
  6. Sesudah semua data VHD selesai di extrack maka  jalankan Exmbrowser Admin yang ada di dalam folder prerequisites tersebut.
  7. Untuk lebih jelas dan lengkap mengenai cara menggunakan Exambrowser Admin silahkan anda  lihat dan pelajari sendiri melalui Manual Book yang bisa didapatkan melalui Web ubk.kemdikbud.go.id
  8. Pastikan VHD tersebut adalah v3.2.0

Demikianlah informasi mengenai cara mengunduh dan mengekstrak VHD yang dapat saya sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Download dan Ekstrak VHD"

Posting Komentar