Kisi-kisi USBN SMP Mapel PAI K13



Para guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Indonesia. Sudah tahukah anda mengenai  Kisi-kisi USBN SMP Mapel PAI K13?

Jika belum, anda harus membaca artikel berikut ini. Sebab saya akan membagikan informasi tersebut kepada anda semua.

Dalam kisi-kisi ini, berisikan sejumlah materi yang nanti akan diujikan dalam Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Pastinya anda semua sudah faham, jika selain UN pada tahun 2017 ini juga akan diselenggarakan USBN di semua jenjang pendidikan.

Sedangkan PAI menjadi salah satu mapel wajib yang akan diujikan. Maka dari itu, anda harus mengetahui kisi-kisinya supaya persiapan yang dilakukan terarah.

Baca juga: Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI

Perlu diketahui kisi-kisi PAI K13 dan KTSP berbeda. Jadi anda harus menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah anda.

Kisi-kisi USBN SMP Mapel PAI K13


Kisi-kisi USBN SMP Mapel PAI K13

Level Kognitif

Pengetahuan dan Pemahaman, meliputi:

  • Menyebutkan
  • Mengidentifikasi
  • Menjelaskan
  • Menentukan
  • Mengkategorikan
  • Mengelompokkan
  • Menguraikan


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa memahami dan menguasai ayat al-Qur’an pilihan dan hadits yang membahas tentang:
  • Q.S. al-Mujadilah /58:11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadits yang membahas tentang menuntut ilmu
  • Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imran/3: 134  serta hadits yang membahas tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
  • Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 serta hadits yang membahas tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana.
  • Q.S. an-Nahl/16: 114 serta hadits yang membahas tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi. 
  • Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imran/3: 159 serta hadits yang membahas tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal 
  • Q.S. al-Hujurat/49: 13 serta hadits yang membahas tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait.


2. Aqidah

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Iman kepada para malaikat Allah berdasarkan dalil naqli.
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Para Rasul Allah Swt
  • Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)
  • Iman kepada Qada dan Qadar Allah

3. Akhlak

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Perilaku Jujur, Amanah, dan juga istiqamah 
  • Hormat dan patuh kepada kedua orang tua serta para  guru, dan berempati terhadap sesama 
  • Bahaya mengonsumsi minum-minuman keras, judi, dan pertengkaran
  • Cara menerapkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan 
  • Cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan para guru
  • Makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesamanya
  • Penerapan jujur dan menepati janji
  • Cara berbakti dan taat kepada orang tua dan para guru.
  • Makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu.


4. Fiqh

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Ketentuan mengenai bersuci dari hadas besar yang berdasarkan ketentuan syari’at Islam 
  • Ketentuan mengenai salat berjamaah
  • Ketentuan mengenai salat Jum’at
  • Ketentuan mengenai salat jamak qasar 
  • Hikmah dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
  • Hikmah dari puasa wajib dan sunnah 
  • Hikmah dari penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram yang berdasarkan pada Al- Quran dan Hadits 
  • Ketentuan mengenai penyembelihan hewan dalam Islam
  • Hikmah dari Qurban dan Aqiqah
  • Ketentuan ibadah haji dan umrah


5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Makkah.
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Madinah
  • Sejarah perkembangan Islam ketika berada di Nusantara. 


Level Kognitif

Penerapan (Aplikasi):

  • Membedakan
  • Menerapkan
  • Memberi contoh
  • Menghubungkan
  • Menginterpretasi
  • Membandingkan


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Qur’an pilihan dan hadits yang membahas tentang:
  • Q.S. al-Mujadilah /58:11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadits yang membahas tentang menuntut ilmu
  • Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imran/3: 134  serta hadits yang membahas tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
  • Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 serta hadits yang membahas tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana.
  • Q.S. an-Nahl/16: 114 serta hadits yang membahas tentang mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi. 
  • Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imran/3: 159 serta hadits yang membahas tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal 
  • Q.S. al-Hujurat/49: 13 serta hadits yang membahas tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait


2. Aqidah

Peserta didik bisa menerapkan materi tentang:
  • Iman kepada para malaikat Allah berdasarkan dalil naqli.
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Para Rasul Allah Swt
  • Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)
  • Iman kepada Qada dan Qadar Allah




3. Akhlak

Peserta didik bisa menerapkan materi tentang:
  • Perilaku Jujur, Amanah, dan juga istiqamah 
  • Hormat dan patuh kepada kedua orang tua serta para  guru, dan berempati terhadap sesama 
  • Bahaya mengonsumsi minum-minuman keras, judi, dan pertengkaran
  • Cara menerapkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan 
  • Cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan para guru
  • Makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesamanya
  • Penerapan jujur dan menepati janji
  • Cara berbakti dan taat kepada orang tua dan para guru.
  • Makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu


4. Fiqh

Peserta didik bisa menerapkan materi tentang:
  • Ketentuan mengenai bersuci dari hadas besar yang berdasarkan ketentuan syari’at Islam 
  • Ketentuan mengenai salat berjamaah
  • Ketentuan mengenai salat Jum’at
  • Ketentuan mengenai salat jamak qasar 
  • Hikmah dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
  • Hikmah dari puasa wajib dan sunnah 
  • Hikmah dari penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram yang berdasarkan pada Al- Quran dan Hadits 
  • Ketentuan mengenai penyembelihan hewan dalam Islam
  • Hikmah dari Qurban dan Aqiqah
  • Ketentuan ibadah haji dan umrah


5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa menerapkan materi tentang:
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Makkah.
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Madinah
  • Sejarah perkembangan Islam ketika berada di Nusantara. 


Level Kognitif

Penalaran, meliputi:

  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Menyimpulkan
  • Memecahkan masalah
  • Memprediksi
  • Mensintesis


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Q.S. al-Mujadilah /58:11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadits yang membahas tentang menuntut ilmu
  • Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imran/3: 134  serta hadits yang membahas tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf
  • Q.S. al-Furqan/25: 63, Q.S. al-Isra’/17: 26-27 serta hadits yang membahas tentang rendah hati, hemat, dan hidup sederhana.
  • Q.S. an-Nahl ayat 114 serta hadits yang membahas tentang aturan mengonsumsi makanan dan minuman yang halal dan bergizi bagi tubuh
  • Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imran/3: 159 serta hadits yang membahas tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal 
  • Q.S. al-Hujurat/49: 13 serta hadits yang membahas tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan Hadis terkait


2. Aqidah

Peserta didik bisa mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Iman kepada para malaikat Allah berdasarkan dalil naqli.
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Para Rasul Allah Swt
  • Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)
  • Iman kepada Qada dan Qadar Allah


3. Akhlak

Peserta didik bisa mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Perilaku Jujur, Amanah, dan juga istiqamah 
  • Hormat dan patuh kepada kedua orang tua serta para  guru, dan berempati terhadap sesama 
  • Bahaya mengonsumsi minum-minuman keras, judi, dan pertengkaran
  • Cara menerapkan perilaku jujur dan adil dalam kehidupan 
  • Cara berbuat baik, hormat, dan patuh kepada orang tua dan para guru
  • Makna perilaku gemar beramal saleh dan berbaik sangka kepada sesamanya
  • Penerapan jujur dan menepati janji
  • Cara berbakti dan taat kepada orang tua dan para guru.
  • Makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu


4. Fiqh

Peserta didik bisa mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Ketentuan mengenai bersuci dari hadas besar yang berdasarkan ketentuan syari’at Islam 
  • Ketentuan mengenai salat berjamaah
  • Ketentuan mengenai salat Jum’at
  • Ketentuan mengenai salat jamak qasar 
  • Hikmah dari sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
  • Hikmah dari puasa wajib dan sunnah 
  • Hikmah dari penetapan makanan dan minuman yang halal dan haram yang berdasarkan pada Al- Quran dan Hadits 
  • Ketentuan mengenai penyembelihan hewan dalam Islam
  • Hikmah dari Qurban dan Aqiqah
  • Ketentuan ibadah haji dan umrah


5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik bisa mampu menggunakan nalar mengenai:
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Makkah.
  • Sejarah perjuangan dari Nabi Muhammad saw pada periode Madinah
  • Sejarah perkembangan Islam ketika berada di Nusantara.

Demikian informasi mengenai Kisi-kisi USBN SMP Mapel PAI K13 yang bisa saya sampaikan untuk anda semuanya. Semoga dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel