Cara Login Aplikasi Dapotendik yang Benar



Aplikasi Dapotendik 2017 – Sahabat pendidikan di seluruh Indonesia. Dunia pendidikan saat ini telah menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Banyak aplikasi yang diluncurkan guna membantu proses pendataan dan berbagai keperluan yang terkait dengan pendidikan.

Tentunya anda tidak asing dengan yang namanya Aplikasi Dapodikdasmen, verval PTK, verval PD, Bio UN dan masih banyak lagi yang lainnya.

Semua hal yang berkaitan dengan pendidikan sekarang dilakukan secara online. Untuk itu, para guru di sekolah harus selalu update informasi terbaru sehingga tidak ketinggalan kabar teranyar.

Salah satu aplikasi terbaru yang harus anda ketahui adalah bernama Aplikasi Data Pokok Tenaga Kependidikan (Dapotendik/Dapo Tendik).

Nah terkait dengan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Login Aplikasi Aplikasi Dapotendik yang Benar.
Namun sebelum itu, saya akan menjelaskan mengenai Ap itu Aplikasi Dapotendik 2017. Supaya anda memahaminya secara jelas. Maka dari itu silahkan anda simak baik baik.

Apa itu Aplikasi Dapotendik?


Aplikasi Dapotendik adalah sebuah aplikasi yang diterbitkan oleh Sub Direktorat Kinerja dan Pengembangan Karir Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Aplikasi Dapotendik berisikan Data Pokok Tenaga Kependidikan yang wajib diisi oleh berbagai pihak yaitu Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium, Tenaga Perpustakaan, Kepala Perpustakaan, Laboran, Teknisi Laboratorium dan Tenaga Administrasi Sekolah.

Pada tahap awal pengembangannya,  Aplikasi Dapotendik ini wajib diisi oleh para Pengawas Sekolah dan Kepala Perpustakaan Sekolah (Pustakawan).

Sedangkan untuk Tenaga Kependidikan lainya sampai saat ini belum diwajibkan untuk mengisi. Namun kemungkinan untuk kedepannya mereka juga wajib mengisi Aplikasi Dapotendik.

Karena wajib mengisi data yang ada di Aplikasi Dapotendik, maka Pengawas Sekolah dan Kepala Perpustakaan wajib membuat akun. Gunanya supaya dapat melakukan login ke dalam Aplikasi Dapotendik.

Dalam membuat akun, nantinya anda harus mengingat username dan password yang anda daftarkan. Ingat baik-baik data tersebut, jangan sampai lupa. Lebih baik anda mencatatnya supaya jia lupa username/password anda bisa membuka catatan tersebut.

Selain membuat akun, Pengawas Sekolah dan Kepala Perpustakaan dan Pustakawan juga harus melakukan pengisian terhadap Biodata yang ada di Aplikasi Dapotendik.

Sampai saat ini Aplikasi Dapotendik terbaru adalah Aplikasi Dapotendik 2017. Agar lebih jelas mengenai aplikasi ini berikut ini saya berikan informasi gambaran singkatnya.

Cara Login Aplikasi Dapotendik yang Benar


Cara Membuat Akun Aplikasi Dapotendik


Supaya dapat memiliki akun Aplikasi Dapotendik maka terlebih dahulu harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:
  • Silahkan kunjungi website Aplikasi Dapotendik di alamat http://dapotendik.tendikdikdasmen.net/
  • Selanjutnya anda akan masuk ke laman Login Aplikasi Dapotendik. Jika anda sudah memiliki Akun tinggal memasukkan data username dan Password. Sedangkan apabila anda belum mempunyai akun maka Klik Tombol Daftar Sekarang yang ada di bawahnya. (Lihatlah gambar di atas pada Nomor 1)
  • Lalu akan tampil Jendela Registrasi Aplikasi Dapotendik. Masukkan Token yang tertera dalam Surat undangan. Untuk memperoleh Token silahkan anda berkoordinasi dengan Ketua APSI. Pilih Tendik (sesuaikan dengan kedudukan anda, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium dan lain sebagainya). (Lihatlah gambar di atas pada Nomor 2)
  • Setelah semua data tersebut diisi dengan benara, Kemudian Klik Tombol Submit  Berwarna biru yang ada di bawahnya.
  • Jika proses pendaftaran akun berhasil, maka anda akan dibawa menuju Laman Pendaftaran Akun. Ada beberapa data yang harus anda isi, yaitu:
  • Provinsi isi dengan Nama Provinsi di mana anda berada
  • Kabupaten isi dengan Nama Kabupatena di mana anda berada

Identitas Tenaga Kependidikan

  • Nama isi dengan Nama Lengkap anda (Sesuai identitas Resmi)
  • NIK/No. Pasport isi dengan Nomor Induk Kepundudukan (KTP)/Nomor Pasport anda
  • Tanggal Lahir isi dengan data tanggal lahir anda
  • Nama Ibu Kandung isi dengan Nama Lengkap Ibu Kandung anda

Account Login 

  • Email isi dengan alamat email anda (gmail)
  • Username isi dengan username yang akan anda gunakan untuk Login
  • Password isi dengan Password yang akan anda gunakan Login
  • Retype Password Ulangi password yang anda inputkan tadi
  • Isi semua data tersebut sesuai dengan perintah yang ada. Gunakan username dan password yang mudah diingat supaya anda tidak lupa.
  • Setelah semua data terisi valid, maka selanjutnya Klik Tombol Simpan
  • Proses pembuatan Akun Aplikasi Dapotendik anda sudah berhasil
Silahkan anda Lihat gambar di bawah pada Nomor 3 di bawah ini)

Cara Login Aplikasi Dapotendik yang Benar


Cara Login Aplikasi Dapotendik


Setelah anda berhasil membuat akun, maka selanjutnya adalah melakukan Login ke dalam Aplikasi Dapotendik. Caranya adalah sebagai berikut:
  • Kunjungi website Aplikasi Dapotendik (seperti di atas)
  • Masukkan data username dan password sesuai yang anda registrasikan sebelumnya. . (Lihatlah gambar di atas pada Nomor 4)
  • Setelah username dan password diinput dengan benar, Klik Tombol Login yang berada di bawahnya
  • Setelah berhasil login, anda akan di bawa menuju halaman utama Aplikasi Dapotendik. Di situ akan ada 3 Menu utama, yaitu Biodata Tendik, Sekolah Binaan dan Guru Binaan. Ketiga data itulah yang nantinya akan anda gunakan untuk mengola data Tenaga Kependidikan
  • Di dalam Menu Biodata Tendik akan ada beberapa fitur laiinya, yaitu Profil, Anak, Beasiswa, Buku yang Pernah Ditulis, Diklat, Kesejahteraan, Tunjangan, Tugas Tambahan, Pangkat Inpassing (Non PNS), Riwayat Penghargaan, Nilai Tes, Riwayat Gaji Berkala, Riwayat Pekerjaan, Riwayat Jabatan (PTK), Riwayat Kepangkatan/Golongan, Riwayat Pendidikan, Riwayat Sertifikasi dan Riwayat Jabatan Fungsional
  • Di dalam Menu Sekolah Binaan terdapat beberapa data yaitu: Nama Sekolah, Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), SK Penugasan, Tanggal SK dan Action. Dalam Menu ini anda juga bisa melakukan Filter data dan menambahkan Sekolah Binaan
  • Di dalam Menu Guru Binaan terdapat beberapa data, yaitu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), Nama Guru, NPSN, SK Penugasan, Tanggal SK dan Action. Anda juga bisa melakukan Filter data dan Menambahkan data Guru Binaan.
Demikianlah informasi mengenai Cara Login Aplikasi Dapotendik yang Benar. Harap panduan ini anda pahami dengan baik supaya tidak ada persoalan yang menghambat kinerja anda pada kemudian hari.

Karena Aplikasi Dapotendik ini masih terhitung baru, sangat wajar jika ada sistemnya belum sesempurna Aplikasi Dapodik.

Misalnya ketika lupa data username dan password. Sampai saat ini belum ada solusi untuk mengatasi peroalan tersebut. Maka dari itu ketika input data username dan password gunakan data yang mudah diingat.

Atau anda bisa mencatatnya di buku atau hape untuk berjaga-jaga apabila suatu saat lupa username dan password Aplikasi Dapotendik.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara Login Aplikasi Dapotendik yang Benar"

  1. KENAPA WAKTU SAYA MAU INPUT SEKOLAH BINAAN, SELALU MUNCUL JAWABAN : " NO RESULTS FOUND"?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Cara kalau lupa password atau passwordnya telah dirubah orang yg tidak bertanggung jawab gimna? Thanks

    BalasHapus
  4. Apa saat ini server dapotendik masih maintenen ya. setia saya mau daftar akun selalu muncul server internal error

    BalasHapus
  5. Alhamdulilah selesai juga mengisi DAPOTENDIK 2017

    BalasHapus
  6. Mohon Bantu, Kenapa Tabel Pengisian Gak Muncul yaa, Contohnya Pengisian Profil, Mohon Bantuan

    BalasHapus
  7. data pengawas terdata di kab./kota padahal udah di mutasi dan tida bisa menyimpan data salah satu pengawas dengan nuptk

    BalasHapus