Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI



Sahabat pendidik semua, terutama yang berada di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sudahkah anda sekalian memperoleh Kisi-kisi USBN SMP?

Jika belum, maka anda perlu segera mendapatkannya. Caranya gampang kok, anda hanya perlu mengunduhnya di website Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Semua lengkap tersedia di situ.

Sobat sekaian pastinya sudah mengetahui bahwa pada tahun 2017 ini selain ada UN yang dilaksankan dengan berbasis komputer, sekolah juga harus mengadakan yang namanya Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau yang biasa disebut dengan USBN.

Pada USBN ini nantinya peserta didik akan mengerjakan soal dari beberapa mapel yang diujikan. Untuk jenis mapel, masing-masing jenjang pendidikan tidak sama.

Baca juga: Kisi-kisi USBN SMA/SMK

Namun ada beberapa jenis mapel yang pasti ada di semua jenjang pendidikan. Misalnya adalah Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Nah terkait dengan hal tersebut, kali ini saya akan berbagai informasi mengenai Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI .

Seperti yang anda semua tahu bahwa mata pelajaran PAI merupakan salah satu mapel yang diujikan disemua jenjang pendidikan.

Maka sangat perlu bagi anda, khususnya guru PAI SMP mengetahui dan memahami isi dari Kisi-kisi USBN SMP KTSP Mapel PAI.

Apakah hal itu penting? Sangat penting sekali. Sebab kisi-kisi ini akan menjadi acuan dalam pelaksanaan USBN mendatang.

Soal-soal yang dibuat, tidak akan jauh melebar dari kisi-kisi tersebut. Maka dari itulah mengetahui dan memahami kisi-kisi  sangat penting sekali. Supaya persiapan USBN menjadi terarah.

Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI


Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI 

Level Kognitif, Meliputi

Pengetahuan dan Pemahaman yang meliputi:

  • Menyebutkan
  • Mengidentifikasi
  • Menjelaskan
  • Menentukan
  • Mengkategorikan
  • Mengelompokkan
  • Menguraikan


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:
  • Hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan mim sukun
  • Hukum bacaan tajwid qalqalah  dan ra
  • QS. At-Tin
  • Hadits yang membahas tentang menuntut ilmu
  • QS. Al-Insyirah
  • Hadits yang membahas tentang kebersihan


2. Aqidah

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Iman kepada kitab Allah
  • Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
  • Meningkatkan keimanan kepada hari akhir (kiamat)
  • Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar Allah


3. Akhlak

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Perilaku terpuji yang meliputi tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
  • Perilaku terpuji yang meliputi kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
  • Perilaku terpuji yang meliputi zuhud dan tawakal
  • Perilaku terpuji yang meliputi adab makan dan minum
  • Perilaku terpuji yang meliputi qana’ah dan tasamuh
  • Menghindari perilaku tercela yang disebut takabbur


4. Fiqh

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Tata cara melaksanakan shalat jama’ah dan munfarid atau sendiri
  • Tatacara melaksanakan shalat Jum’at
  • Ketentuan mengenai puasa wajib dan sunat
  • Hukum Islam yang membahas tentang haji dan umrah


5. Tarikh

Peserta didik bisa memahami dan menguasai materi tentang:
  • Sejarah Nabi Muhammad Saw
  • Sejarah dakwah Islam ketika pada masa Bani Abasiyah
  • Perkembangan Islam di Nusantara (Indonesia).
  • Tradisi Islam yang ada di Nusantara


Level Kognitif

Penerapan (Aplikasi) yang meliputi:

  • Membedakan
  • Menerapkan
  • Memberi contoh
  • Menghubungkan
  • Menginterpretasi
  • Membandingkan


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik bisa menerapkan ayat al-Qur’an pilihan dan hadits tentang:
  • Hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan mim sukun
  • QS. At-Tin
  • Hadits yang membahas tentang kebersihan


2. Aqidah

Peserta didik bisa menerapkan mengenai:
  • Sifat-sifat Allah Swt
  • Iman kepada para Malaikat
  • Iman kepada kepada kitab-kitab Allah Swt.
  • Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.Allah Swt


3. Akhlak

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Perilaku tercela yang meliputi ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namima)
  • Perilaku terpuji yang meliputi qana’ah dan tasamuh


4. Fiqh

Peserta didik bisa menerapkan tentang:
  • Thaharah
  • Tata cara melaksanakan shalat wajib
  • Tata cara melaksanakan shalat jama’ dan qashar
  • Zakat fitrah dan Zakat Mal
  • Hukum Islam yang membahas tentang qurban dan aqiqah


Level Kognitif

Penalaran yang meliputi:

  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Menyimpulkan
  • Memecahkan masalah
  • Memprediksi
  • Mensintesis


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik mampu menggunakan  nalar mengenai:
  • QS. At-Tin


2. Aqidah

Peserta didik mampu menggunakan  nalar mengenai:
  • Iman kepada kitab


3. Akhlak

Peserta didik mampu menggunakan  nalar mengenai:
  • Perilaku terpuji yang meliputi qana’ah dan tasamuh


4. Fiqh

Peserta didik mampu menggunakan  nalar mengenai:
  • Hukum Islam yang membahas tentang qurban dan aqiqah


5. Tarikh 

Peserta didik mampu menggunakan  nalar mengenai:
  • Sejarah Nabi Muhammad Saw.(misi Nabi Muhammad)
  • Perkembangan Islam di Nusantara (Indonesia)
  • Tradisi Islam yang ada di Nusantara


Untuk Kisi-kisi Lingkup Materi Tarikh pada level kognitif Penerapan (aplikasi) memang tidak ada. Sehingga anda tidak perlu bingung mengenai hal tersebut.

Berarti memang untuk lingkup materi tarik pada penerapan tidak ada. Yang ada hanya pada level kognitif Pemahaman dan Penalaran.

Data ini merupakan Kisi-kisi USBN SMP terbaru untuk KTSP PAI Tahun 2017. Jadi sudah bisa dipastikan kebenarannya.

Jika anda ingin mendapatkan utuh filenya maka silahkan unduh sendiri di website BSNP, sebagai pihak yang mempunyai otoritas resmi mengeluarkan kisi-kisi.

Setelah anda mengetahui dan memahami Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI ini alangkah baiknya segera ajarkan kepada peserta didik di sekolah anda masing-masing.

Persiapan yang dilakukan sejak dini mungkin hasilnya akan lebih baik daripada mendadak. Sebab banyak materi yang harus dipahami dengan benar oleh peserta didik.

Terakhir dari saya, semoga kisi-kisi ini bisa membantu anda semua dalam persiapan menghadapi USBN. Sehingga hasil dan nilai yang diperoleh maksimal.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel