Pembaruan Dapodik 2017 (Sistem Aplikasi, Sekolah dan Pengguna)

Pembaruan Dapodik 2017 -  Rilis Aplikasi Dapodik 2017 membawa perubahan yang cukup besar. Berbagai pembaruan sistem dibuat agar mempermudah proses pendataan dan kelengkapan data yang diinput melalui aplikasi ini.

Pembaruan Dapodik 2017 terbilang menyeluruh, mulai dari sistem aplikasi, Sekolah, Pengguna hingga sarana dan prasarana.

Semua tabulasi menu sepertinya terdapat pembaruan dan perbaikan. Beberapa menu yang awalnya belum bisa digunakan karena masih Bug aplikasi kini sudah bisa digunakan kembali.

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai Pembaruan dan Perbaikan Dapodik 2017. Tentu tida semua saya bahas sekaligus namun berkelanjutan. Insyaallah penjelasan ini akan terus berlanjut sampai semua pembaruan aplikasi dikupas secara tuntas.

Fokus pembahasan pembaruan dan Perbaikan Dapodik 2017 saat ini seputar tiga hal, yaitu Sistem Aplikasi, Sekolah dan Pengguna.


Pembaruan da Perbaikan Dapodik 2017


a.  Pembaruan dan Perbaikan Dapodik 2017 pada Sistem Aplikasi


tercatat ada 1 Pembaruan dan 1 Perbaikan dalam sistem aplikasi. Lebih jelasnya berikut ini penjelasan lengkapnya.

A. (Pembaruan) Adanya penambahan untuk mengunduhan profil detail sekolah yang berlaku khusus untuk SMK saja.


Awalnya unduhan profil detail sekolah untuk jenjang SMK tidak ada. Profil SMK dengan jenjang pendidikan lain mulanya sama saja.

Penambahan detail profil SMK karena terdapat beberapa relasi tambahan berupa kompetensi keahlian yang sekolah jalankan, relasi dunia insdutri antara smk dengan pihak tertentu atau dunia industri yang menjadi mitranya, unit produksi sekolah, MoU kerjasama (nota kesepahaman) dan praktek Industri.

Baca juga: Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik

Adanya penambahan terhadap halaman untuk unit produksi pada SMK bersangkutan. Unit produksi yang dimaksud di sini adalah satuan unit pada sekolah yang sifatnya bisnis.

Dengan adanya detail data ini pasti pihak pusat akan mengetahui jumlah unit produksi setiap SMK, dalam bidang apa produksi yang dikelolanya  dan apakah telah mengoptimalkan produksi yang sesuai dengan program keahlian yang dilayani.

Untuk bisa mengunduh Profil Detail SMK, anda harus mengikuti beberapa langkah berikut:
  1. Login ke Aplikasi Dapodik 2017
  2. Klik pada Menu Pusat Unduhan
  3. Pada Sub Menu yang ada di atas silahkan Klik Manajemen
  4. Klik Profil Detail SMK anda, tunggu sampai proses unduhan selesai
Catatan, Profil Detail Sekolah ini hanya untuk SMK. Sehingga untuk jenjang pendidikan lainnya (SMP, SMA) secara otomatis tidak ada.

B. Perbaikan terhadap bugs (kesalahan) security pada aplikasi.


Pada aplikasi dapodik sebelumnya, scurity tidak bisa berfungsi secara maksimal. Untuk itu dalam rangka meningkatkan pengamanan pada aplikasi amak security ini diperbaiki.

Adanya perbaikan ini membuat keamanan aplikasi Dapodik ditingkatkan. Caranya dengan menutup celah yang memungkinkan pengguna untuk mengakses langsung ke dalam sistem aplikasi.

Dengan perbaikan ini maka bisa memimalisir adanya data yang dimasukan secara paksa tanpa melalui prosedur standar sistem aplikasi Dapodik yang telah ditentukan.

Apabila ini terjadi tentunya bisa merugikan sekolah karena dapat merusak kualitas data yang sudah diinput dan beroptensi data tidak bisa digunakan ketika pemanfaatan data berlangsung.

b. Sekolah


Untuk Menu Sekolah hanya terdapat 1 Perbaikan saja, yaitu pada perbaikan di dalam Formulir Sekolah (F-SEK).

Perbaikan pada formulir sekolah ini diantaranya meliputi:

• Penambahan Identitas Sekolah isinya berupa Nama wajib pajak, NPSN dan NPWP.

• Penambahan Form Sanitasi Sekolah

• Penambahan Form Sekolah aman dan kepanitiaan sekolah aman di masing-masing sekolah

Untuk mengunduh data Formulir Sekolah ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Login ke dalam Aplikasi Dapodik 2017
  2. Klik pada Menu Pusat Unduhan
  3. Pada Sub Menu yang ada di atas silahkan Klik Formulir
  4. Pilih Formulir Sekolah (F-SEK), tunggu sampai proses pengunduhan selesai

Baca juga: Cara Mengisi MoU Kerjasama di Dapodik

c. Pengguna


Pengguna yang dimaksud di sini adalah operator dapodik Sekolah. pada aplikasi sebelumnya ada fitur untuk mengganti profil operator sekolah.

Dengan mnggunakan fitur ini, anda bisa memasang foto profil di dalam aplikasi dapodik. Namun foto ini hanya bisa dilihat pada server lokal saja.

Artinya foto profil operator sekolah, hanya terlihat di dalam aplikasi dapodik yang anda gunakan semata. Dan tidak terkirim ke server pusat.

Sayangnya pada aplikasi sebelumnya, Menu ini belum bisa berjalan secara maksimal. Sebab tidak semua gambar profil bisa diunggah ke dapodik.

Dengan rilisnya aplikasi dapodik 2017, maka ada perbaikan terhadap Bug (kesalahan aplikasi) saat melakukan penggantian foto profil operator sekolah.

Perlu anda semuanya tahu, pada aplikasi dapodik versi 2016, ketika melakukan penggantian pada foto profil pengguna sering mengalami kegagalan.

Hal itu terjadi ketika gambar yang diupload memiliki ukuran kurang dari 2 MB. Selama foto yang anda gunakan kurang dari ukuran tersebut maka secara otomatis penggantian foto profil gagal.

Namun setelah adnaya perbaikan di Aplikasi Dapodik 2017, bug aplikasi tersebut telah terakomodir dan diperbaiki. Sehingga gambar yang mempunyai ukuran di bawah 2 MB saat ini sudah dapat diupload.

Nah itulah Pembaruan da Perbaikan Dapodik 2017 pada Sistem Aplikasi, Sekolah dan Pengguna. Kesemuanya itu harap diperhatikan dengan baik dan seksama agar proses pendataan selanjutnya bisa berjalan dengan lancar dan valid.

Melalui rilis aplikasi dapodik terbaru 2017 ini saya melihatnya sebagai langkah maju dari tim dapodikdasmen yang harus didukung bersama.

Berbagai pembaruan dan perbaikan sistem yang dilakukan menunjukkan bahwa pihak pusat ingin memperoleh data yang benar-benar valid dari setiap sekolah.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi sekolah dan operator pada khususnya. Sekolah saat ini dituntut untuk melengkapi berbagai data yang dibutuhkan melalui dapodik.

Ketika kelengkapan data dapodik anda baik, ini menjadi nilai plus tersendiri karena menjadikan kualitas data pendidikan anda semakin baik pula.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembaruan Dapodik 2017 (Sistem Aplikasi, Sekolah dan Pengguna)"

Posting Komentar