Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik - Sobat operator dapodik, pada tanggal 31 januari 2017 tim dapodikdasmen pusat telah merilis Aplikasi Dapodik 2017, aplikasi dapodik terbaru yang saat ini ada.

Banyak pembaruan sistem yang terdapat pada Aplikasi Dapodik 2017. Salah satunya dibagian Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Dalam aplikasi Dapodik 2017, operator harus mengisi  riwayat karir guru di dapodik. Sifatnya data ini adalah wajib diisi.

Sehingga ketika anda melakukan validasi seusai menginstal Aplikasi Dapodik 2017 pada bagian GTK akan muncul keterangan Invalid yang berbunyi, “GTK a/n (NAMA GURU BERSANGKUTAN) dengan Jenis PTK (Guru Mapel) wajib mengisikan data Kompetensi minimal 1 record.  Riwayat Karir GTK a/n (NAMA GURU BERSANGKUTAN), wajib diisi minimal satu record."

Karena di dalam keterangan validasi adalah invalid, maka anda wajib mengisi data tersebut. Selama belum mengisi data ini maka tidak akan bisa melakukan sinkronisasi data.

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik


Data riwayat karir guru ini hanya diperuntukkan bagi guru yang menginduk di sebuah sekolah. apabila ada guru yang nyabang di sekolah anda, mak ia hanya perlu mengisi data riwayat karir guru di sekolah indukannya.

Sebelum mengisi data riwayat karir guru, anda harus mengisi data kompetensi terlebih dahulu. Di mana nanti dapat diketahui, kompetensi apa yang dimiliki oleh guru tersebut.



Baca Juga: Cara Instalasi Aplikasi Dapodik 2017 yang Benar

Cara Mengisi Data Kompetensi Guru


Tabel Data Kompetnsi Guru berfungsi untuk melengkapi data bidang studi yang diajarkan oleh PTK yang berprofesi sebagai guru tersebut, dengan memperhatikan tingkat kompetensi pada masing-masing bidang studi yang diajarkannya.

Anda tidak perlu melakukan entri Data Kompetensi Guru secara manula. Sebab secara otomatis, tabel ini akan diisi sesuai data pada tabel Riwayat Sertifikasi maupun Riwayat Pendidikan Formal Guru terkait. Kendati demikian, anda juga bisa menambahkannya secara manual.

Data yang ditambahkan ke dalam Data Kompetensi Guru bisa  lebih dari satu bidang kompetensi, namun salah satunya haruslah kompetensi utama. Misalnya PKn dan IPS, maka harus dipilih satu kompetensi utamanya.

Adapun data yang diisi pada Tabel Kompetensi Guru adalah:
  • Bidang Studi isi dengan Bidang studi yang diajarkan oleh PTK terkait.
  • Urutan isi dengan Urutan bidang studi yang diajarkan oleh PTK terkait. Kolom urutan untuk menentukan bidang studi utama atau bukan, tingkat prioritas, maupun tingkat kompetensi penguasaan PTK terhadap bidang studi tersebut. Isikanlah angka 1 pada kolom Urutan apabila mata pelajaran terkait adalah mata pelajaran utama yang diajarkan oleh PTK tersebut.
Adapun Cara Mengisi Data Kompetensi Guru adalah sebagai berikut:
  1. Login ke Aplikasi Dapodik 2017
  2. Klik Menu GTK lalu Pilih Guru
  3. Klik Nama Guru yang ingin diisikan data Kompetensinya
  4. Silahkan menuju ke data Rincian GTK
  5. Pilih Menu Kompetensi
  6. Klik Tombol Tambah
  7. Nanti akan muncul sebuah informasi yang berisi “Ditemukan data Rwy.Pend.Formal berjumlah. Apakah anda ingin menyalin data tersebut?”
  8. Silahkan Klik Tombol Ya
  9. Selesai Data Kompetensi Guru berhasil ditambahkan

Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik


Data Riwayat Kariri Guru berfungsi untuk mengetahui Tanggal Mulai Tugas (TMT) pertama kali PTK diangkat sebagai guru.  Serta perjalanan karirnya menjadi seorang guru, baik di sekolah saat ini maupun di sekolah lain yang telah selesai masa baktinya maupun masih aktif aktif mengajar di sana (misalnya masih aktif mengajar di sekolah yang saat ini dia ajar dan juga di sekolah yang lain atau sekolah cabang tempatnya mengajar).

Adapun Cara Mengisi Riwayat Kaarir Guru di Dapodik adalah sebagai berikut:
  1. Login ke Aplikasi Dapodik 2017
  2. Klik Menu GTK lalu Pilih Guru
  3. Klik Nama Guru yang ingin diisikan data Kompetensinya
  4. Silahkan menuju ke data Rincian GTK
  5. Pilih Menu Rwy Karir Guru (Silahkan anda geser ke kanan, menu Rwy Karir Guru berada disamping Rwy Gaji Berkala)
  6. Isi Data yang terkait dengan Riwayat Kariri Guru, meliputi:

  • Riwayat Karir Guru
  • Jenjang Pendidikan isi dengan Jenjang pendidikan yang diajar. (Misalanya SD, SMP, SMA dst)
  • Jenis Lembaga isi dengan Lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru. (Misalnya Sekolah, UPTD, Dinas Pendidikan Kab/Kota, dst)
  • Status Kepegawaian isi dengan Status kepegawaian PTK saat menjadi guru pada lembaga terkait. (Misalnya, PNS, Honorer, GTY dst)
  • Jenis PTK isi dengan Jenis PTK sesuai SK pengangkatan guru pada lembaga terkait. Misalnya, diangkat sebagai guru Bimbingan dan Konseling, Guru Kelas, atau Guru Mata Pelajaran. (Misalnya, Guru BK, Guru Mapel, Guru Kelas, Academic Advisor dst)
  • Lembaga Pengangkat isi dengan Nama lembaga yang mengangkat PTK sebagai guru. Apabila lembaga adalah disdikbud kabupaten/kota, diisi dengan nama dinas terkait. Apabila lembaga adalah sekolah, diisi dengan nama sekolah terkait. (Misalnya SMA N 1 Semarang, Silahkan tulis secara lengkap).
  • No SK Kerja isi dengan Nomor SK pengangkatan sebagai guru pada lembaga terkait. Isi sesuai nomor yang tertuang dalam SK secara lengkap.
  • Tgl SK Kerja isi dengan Tanggal SK pengangkatan sebagai guru pada lembaga terkait. (Misalanya 18/07/2012)
  • TMT Kerja isi dengan Tanggal mulai bertugas sebagai guru pada lembaga terkait untuk pertama kali. Format penulisannya sama dengan Tgl SK Kerja.
  • TST Kerja isi dengan Tanggal akhir tugas sebagai guru pada lembaga terkait. Kosongkan apabila masih berlaku atau masih aktif sebagai guru pada lembaga tersebut.
  • Tempat Kerja isi dengan Nama kota/kabupaten tempat PTK sebagai guru pada lembaga terkait. Misalnya, Jakarta, Medan, Semarang, Makassar, Demak, dan sejenisnya.
  • TTD SK Kerja isi dengan Nama pejabat yang menandatangani SK pengangkatan PTK sebagai guru pada lembaga terkait. Tulis nama lengkapnya.
  • Mapel Diajarkan isi dengan Nama mata pelajaran yang diajarkan oleh PTK pada lembaga terkait. Misalnya, Matematika, IPS, PKn, dst
Catatan Penting!!! Pihak yang mengetahui tentang Riwayat Karir Guru adalah Guru bersangkutan itu sendiri. Untuk itu, biarkanlah guru mengisi data mereka sendiri agar benar-benar valid.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik yang bisa saya sampaikan untuk anda pada kesempatan kali ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Cara Mengisi Riwayat Karir Guru di Dapodik"

  1. maaf, menu kompetensi tidak ada di data rincian PTK di aplikasi. mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan data pendidikan formal PTK sudah diisi dg benar pak. Karena data kompetensi diambil dr data pendidikan formal berh

      Hapus
  2. tidak ada menu validasi pusat dan dimenu nama masih ptk bukan gtk bagaimana cara memperbaikinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Diinstal ulang. Pastikan dapodik sebelumnya di uninstal dlu. Lw langkah instalasi benar pasti menu validasi pusat dan gtk akan muncul

      Hapus
    2. Udah 5x gw instal ulang gan tpi tetap gitu

      Hapus
    3. Sudah sesuai dg buku panduan kah? Termasuk sesifikasi pc yg anda gunakan...

      Hapus
    4. Sudah gan klo panduan spek laptop intel celeron ram 2gb window 7 64 bit

      Hapus
    5. Wah saya belum nemu solusi masalah tersebut gan. Cz rata2 lw tahap instalasi pd sukses

      Hapus
  3. maaf untuk dapodik tingkat SD menu pengisian tidak ada di data rinci, tetapi untuk jenjang SMP dan SMA/SMK ada.
    mohon penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Data rinci hanya bisa muncul di sekolah induk. Pastikan tombol sekolah induk sudah anda isi

      Hapus
  4. maaf mau tanyacara mengisi riwayat karir guru itu melihatnya dari sk mutasi atau sk apa?mohon solusinya

    BalasHapus
  5. maaf. Klo setelah lulus langsung mengajar di sekolah sekarang bagaimana? karena sebelumnya belum pernah mengajar.

    BalasHapus