Panduan Verval PD Operator Dinas Kabupaten/Kota 2017



Sahabat operator dapodik sekolah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Panduan Verval PD Operator Dinas Kabupaten/Kota Tahun 2017.

Bagi anda yang menjadi operator tingkat Kabupaten/kota harap memperhatikannya dengan baik-baik.

Login Vervalpd untuk Tingkat Kabupaten/Kota

Login ini dilakukan oleh Operator Dinas Pendidikan tingkat Kab/Kota. Akses lamannya adalah http://sdm.data.kemdikbud.go.id/

Bagi para Operator Dinas Kabupaten/Kota harus melakukan regristrasi terlebih dahulu supaya dapat log in ke vervalpd.

LOGIN

Untuk melakukan login menggunakan akses laman adalah http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/. Isikan data username (email) dan password yang sesuai dengan akun yang telah didaftarkan di laman Jaringan Pengelola Data Pendidikan (SDM).

 Panduan Verval PD Operator Dinas Kabupaten/Kota 2017


HOME

Tampilan awal dari laman VervalPD terdapat beberapa Menu utama yang bisa dimanfaatkan, yaitu: Dashbor, Sekolah, Approval Identitas, Pengajuan NISN, Mutasi dan Logout.

Menu Dashboard
Menu DASHBOARD ini berada di bagian kiri yang berisi menampilkan Perbandingan data kecamatan di dalam satu diagram pie.

Apabila krusor anda diarahkan menuju ke diagram pie tersebut maka akan terlihat sejumlah data jumlah peserta didik yang telah valid dalam referensi yang di akan gambarkan dengan menggunakan warna biru dan data jumlah peserta didik yang tidak valid dalam residu yang akan digambarkan dengan menggunakan warna hijau, disertai lengkap dengan angka dan presentasenya.

Sedangkan pada bagian kanan akan menampilkan grafik batang data residu pada masing-masing kecamatan.

Apabila krusor anda diarahkan menuju ke batang warna hijau maka akan terlihat angka dan presentase dari data peserta didik yang telah valid dalam referensi. Sedangkan jika krusor anda diarahkan menu ke batang warna merah maka akan terlihat angka dan presentase dari data peserta didik yang tidak valid dalam residu.

MENU SEKOLAH

1. Untuk melihat daftar para peserta didik per sekolah di masing-masing kecamatan yang sudah dan belum memiliki NISN, caranya adalah:


  • Klik kecamatan yang akan anda pilih, maka di bagian sebelah kanan akan tampil daftar satuan pendidikan atau sekolah yang sesuai dengan pilihang jenjan pendidikan.
  • Klik pilihan jenjang  yang meliputi semua jenjang , Dikdas, Dikmen, Paud, atau Dikmas.
  • Klik nama Satuan Pendidikan terkait, maka akan muncul daftar nama paraPeserta Didik


2. Untuk Melihat daftar Peserta Didik per sekolah, caranya adalah:


  • Klik Tab Referensi, ini menu yang akan menampilkan data-data NISN siswa yang valid sesudah melalui tahap verifikasi.


3. Untuk Melihat detail daftar Peserta Didik per sekolah yang tidak memiliki NISN. Caranya adalah


  • Klik Tab Tidak memiliki NISN, ini akan menampilkan data-data siswa yang telah dientrikan di dalam aplikasi DAPODIK, namun belum memiliki NISN yang valid dan masih berada di dalam fitur Residu VervalPD sekolah yang bersangkutan. Data-data ini akan berpindah menuju ke tab Referensi sesudah di verifikasi oleh Operator Sekolah yang bersangkutan melalui fitur Residu VervalPD (Match/Not Match).


4. Untuk Melihat detail daftar Peserta Didik per sekolah yang belum memiliki NISN. Caranya adalah:


  • Klik Tab Belum memiliki NISN, ini menampilkan data-data siswa baru kelas 1 yang telah dientrikan di dalam aplikasi DAPODIK, namun belum memiliki NISN yang valid dan masih berada di dalam fitur Belum Memiliki NISN pada VervalPD sekolah yang bersangkutan. Data-data tersebut akan berpindah ke dalam tab Referensi secara otomatis sesudah diberikan NISN oleh PDSPK sesuai batas waktu tanggal yang telah ditentukan melalui sistem aplikasi VervalPD.


5. Untuk Melihat detail daftar Peserta Didik per sekolah yang Invalid. Caranya adalah


  • Klik Tab Data Invalid, ini akan menampilkan data–data siswa yang terdeteksi invalid oleh sistem di aplikasi VervalPD, yang disebabkan Karena kesalahan proses entri data di aplikasi DAPODIK yang dilakukan oleh para Operator Sekolah. Data Invalid tidak akan dapat di verifikasi NISNnya sebelum para Operator Sekolah melakukan koreksi di dalam DAPODIK sesuai dengan rekomendasi status validasi dari VervalPD.


Menu Approval Identitas

Menu Approval Identitas berfungsi untuk menampilkan daftar pengajuan perubahan approval identitas para peserta didik yang akan diajukan oleh operator sekolah. Operator dinas akan melakukan approval untuk menyetujui atau menolak pengajuan dari pihak operator sekolah.

APPROVAL IDENTITAS 

Operator dinas tingkat kabupaten/kota akan diberikan kewenangan untuk melakukan approval identitas yang telah diajukan oleh pihak operator sekolah SD/SMP pada pengajuan perubahan identitas para peserta didik.

Cek pada daftar approval dan perhatikan variabel yang ada pada latar belakang warna merah. Itu adalah fokus perhatian variabel yang diajukan perubahan identitasnya. Kemudian silahkan cek NISN nya valid atau tidak valid dengan mengacu pada laman nisn.data.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya cek lampiran pada data pendukungnya, variabel yang telah diajukan harus sama sesuai dengan yang tercantum di dalam dokumen pendukung. Adapun dokumen yang dilampiran ialah file scan (format jpg/png) asli akte kelahiran/ surat kenal lahir/kartu keluarga/ surat keterangan dari kepala desa atau lurah.

Apabila hasil dari pengecekan ditemukan ketidaksesuaian, pilihlah tolak/Reject dengan menyertakan alasan penolakan yang jelas yang di tuliskan di dalam kolom alasan. Apabila sesuai maka pilih approve. Data siswa selanjutnya akan kembali ke dalam aplikasi vervalpd di tingkat sekolah pada menu referensi aktif.


MENU PENGAJUAN NISN

Menu Pengajuan NISN berfungsi untuk menampilkan fasilitas untuk mengajukan NISN bagi para lulusan SMA/SMK di tahun sebelumnya.

Caranya adalah:

Klik tombol pengajuan NISN manual

Isilah dan lengkapi nama sekolah dengan cara ketik NPSN, nama, tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, nama ibu kandung, agama, alamat dan upload atau lampirkan berbagai dokumen pendukung yaitu berupa file scan (format jpg/png) Ijazah asli SMA/ SMK.

Setelah lengkap isian dan lampirannya, selanjutnya klik tombol Pengajuan Manual Data pengajuan NISN ini kemudian akan mengalir ke dalam vervalpd di tingkat pusat untuk di approval operator pusat (PDSPK). Hasil dari pengajuan NISN manual tersebut bisa anda cek melalui laman nisn.data.kemdikbud.go.id


MENU MUTASI (Untuk Siswa Ditemukan)


Cara menggunakan Menu Mutasi Untuk Siswa Ditemukan adalah:

Pada submenu siswa ditemukan silahkan anda lakukan approval dengan cara memperhatikan pada variabel data yang sudah berwarna merah. Pilihannya ialah Approve atau setujui proses mutasi apabila variabel datanya peserta didik sesuai dengan data sekolah asal.

Reject atau tolak proses mutasi apabila variabel peserta didik tidak sesuai dengan data sekolah asal, sertakan alasan penolakan tersebut. Setelah proses approve, data yang telah disetujui akan kembali ke dalam vervalpd di tingkat sekolah, dan data peserta didik tersebut akan masuk pada menu referensi aktif.


MENU MUTASI (Untuk Siswa Tidak Ditemukan)


Cara menggunakan Menu Mutasi Untuk Siswa Tidak Ditemukan adalah:

Pada submenu siswa tidak temukan silahkan anda lakukan approval dengan cara memperhatikan pada variabel data yang berwarna merah. Adapun pilihannya ialah Approve atau setujui proses mutasi apabila variabel datanya peserta didik telah sesuai dengan data sekolah asal.

Reject atau tolak proses mutasi jika variabel peserta didik apabila tidak sesuai dengan data sekolah asal, sertakan alasan penolakan tersebut. Sesudah proses approve selesai, data yang di setujui akan mengalir ke dalam vervalpd tingkat pusat (PDSPK) untuk kemudian dilakukan proses approval. Hasil dari mutasi siswa yang tidak ditemukan dapat dilihat di dalam vervalpd tingkat sekolah pada menu referensi aktif.

Demikian informasi mengenai Panduan Verval PD Operator Dinas Kabupaten/Kota 2017 yang bisa saya sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Panduan Verval PD Operator Dinas Kabupaten/Kota 2017"

Posting Komentar