SKTP Guru Tahap 1 Januari–Juni 2017 Sudah Terbit, Segera Cek!



Bagi para guru sertifikasi, ada kabar menggembirakan yaitu SKTP Guru Tahap 1 Bulan Januari-Juni 2017 Sudah Terbit. Maka dari itu silahkan segera anda cek data di dalam Info GTK.

Tentu ini menjadi sebuah kabar yang membahagiakan, sebab dengan terbitnya SKTP maka tunjangan profesi guru akan segera cair.

Perlu anda ketahui bahwa sesuai dengan aturan yang berlaku saat ini di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), SKTP Guru akan di terbitkan sebanyak 2 kali dalam satu tahu.

Penerbitan SKTP untuk tahap 1 diambil berdasarkan dari data guru yang berada di dalam Aplikasi Dapodikdasmen pada semester genap.

Baca juga: Cara Mengatasi Data Tidak Ditemukan Ketika Login Info GTK

Sedangkan untuk penerbitan SKTP tahap 2 diambil berbadasarkan dari data guru yang berada di dalam Aplikasi Dapodikdasmen pada semester ganjil.

Pada hari Kamis tanggal 6 April 2017 yang lalu, data dari para bapak ibu guru jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK sederajat yang datanya telah dinyatakan VALID di dalam website Info GTK, SKTP/SK Tunjangan Profesi Guru (TPG) sudah resmi DITERBITKAN.

Di dalamnya terdapat 8 Komponen Verifikasi Data Tunjangan Profesi, Yaitu:

  • Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) 
  • Usia Umur (Belum Pensiun) 
  • Telah Sertifikasi  
  • Data Kepegawaian yang berada di Dapodik sudah Identik dengan Data yang ada di BKN 
  • Telah dinyatakan aktif oleh pihak BKN 
  • Mempunyai Jam Mengajar Linier yang sesuai dengan ketentuan
  • Kelengkapan Data GTK
  • Tugas Tambahan terkait

Berdasarkan laporan yang tertera dalam website info GTK, Penerbitan SKTP untuk Tahap 1 pada tahun 2017 telah ada yang sudah diterbitkan sejak tanggal 03 April 2017 yang lalu.

Bahkan ada sebagian yang lainnya SKTP diterbitkan lebih awal dari tanggal tersebut. Namun adapula yang sampai sekarang belum juga diterbitkan.

Terkait mengenai penyebab belum diterbitkan sebagian SKTP, biasanya terdapat beberapa masalah yang dialami oleh masing-masing GTK.

Persoalan itu sangat beragam sekali, mulai dari kesalahan ketika menginput riwayat KGB dan Kepangkatan, JJM linier masih kurang, tugas tambahan di sekolah yang tidak diakui dan masih banyak lagi yang lainnya.

Permasalahan tersebut hanya bisa diketahui oleh GTK bersangkutan dengan mengcek validitas datanya melalui website Info GTK.

Adapun contoh SKTP yang telah terbit untuk periode Bulan Januari-Juni 2017 adalah sebagai berikut ini:

SKTP Guru Tahap 1 Januari–Juni 2017 Sudah Terbit, Segera Cek!


Nah, bagi anda yang merasa datanya sudah valid, segera saja cek data diri anda ke dalam website Info GTK.

Cara Cek SKTP Guru di Info GTK


Mungkin sebagian dari anda masih bingung mengenai bagaimana caranya mengecek SKTP di website Info GTK?

Untuk dapat mengakses website Info GTK, silahkan anda kunjungi beberapa link berikut ini:

http://223.27.144.195:20171/ (Link Baru)

http://223.27.144.195:8081/,

http://223.27.144.195:8082/,

http://223.27.144.195:8083/,

http://223.27.144.195:8084/,

http://223.27.144.195:8085/ ,

pilih salah satu dari keenam link tersebut. Masukkan ke dalam jendela browser anda.

Jika sudah muncul, silahkan Login dengan menggunakan usename berupa NUPTK/NIK dan Passwor dengan Tahun, bulan dan tanggal lahir anda. Jangan lupa isikan kode pengamanan yang muncul.

Setelah berhasil Login, segera cek validitas data anda. Jika semua valid maka SKTP akan segera terbit. Namun apabila ada yang belum valid maka segeralah perbaiki dengan menggunakan Aplikasi Dapodikdasmen.

Penutup


Website Info GTK atau juga dikenal dengan Info validasi data guru mempunya beragam fungsi. Selain untuk mengecek penerbitan SKTP Guru Sertifikasi, laman ini juga  berfungsi untuk membantu para guru untuk menampilkan validasi data dari sekolah. Apabila memang terdapat kesalahan dan kekurangan maka segera diperbaiki melalui aplikasi dapodik. (Silahkan berkomunikasi dengan Operator Sekolah masing-masing).

Di dalam info GTK juga terdapat informasi seputar daftar guru yang belum terbit SKTP pada tahap 1 tahun 2017 yang disebabkan karena terdapat masalah di dalam Aplikasi dapodiknya.

Segera perbaiki semua kesalahan yang ada. Sebab proses perbaikan data GTK akan diakomodir selama SKTP guru terkait belum juga terbit dan belum melewati pada semester berjalan.

Perlu anda ketahui juga bahwa selain menggunakan website info GTK, Anda hanya bisa mendapatkan informasi mengenai Lembar Info PTK atau Lapor Tunjangan Dikdas (LTD) dari para operator sekolah anda dan dinas pendidikan Kabupaten/Kota setempat.

Para pemilik data harus bertanggung jawab sendiri terhadap datanya dan juga memastikan pada setiap item yang dientrikan dalam Dapodik harus benar dan valid. Misalnya saja mengenai tempat tanggal lahir, NUPTK, Nama Lengkap, Nama Ibu Kandung dan lain sebagainya.

Demikianlah informasi mengenai SKTP Guru Tahap 1 Januari–Juni 2017 Sudah Terbit, Segera Cek! Yang bisa saya sampaikan kepada anda sekalian.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "SKTP Guru Tahap 1 Januari–Juni 2017 Sudah Terbit, Segera Cek!"

  1. Saya merasa sedikit lega dengan terbitnya SKTP Tahun 2017, yang sampai saat ini juga belum cair. Tetapi yang ingin saya tanyakan, Bagaimana nasib saya yang tahun 2016 masih ada kurang bayar karena nominal yang saya terima hanya 1,5 juta artinya tidak sesuai dengan SK inpasing. mohon tanggapannya terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba segera lapor ke operator Simtun di Kabupaten/Kota anda

      Hapus
  2. Saya sudah dapat sktp periode januari -juni 2017 tahap dua.. tetapi data banknya masih kosong. Tgl terbit sk 10 juli 2017. Kira2 kapan cairnya ya min?

    BalasHapus
  3. Sma pak. Kabupaten manggarai NTT. Saya juga bingung. Sktp untuk tahap januari_juni 2017 sudah terbit dan cair pada bln maret kalau gak salah. Knapa kok punya saya baru terbit tgl 10 juli 2017 ?? Bisa bantu min? Trmkasih sebelumnua

    BalasHapus