Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor



Salah satu persolan utama yang dialami oleh kawan-kawan operator dapodikdasmen dalam menginput nilai rapor adalah adanya mataa pelajaran yang tidak muncul.

Lantaran tidak muncul, maka nilai Mapel tersebut tidak bisa diinputkan ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen. Padahal Mapel itu termasuk kategori mapel utama yang harus diisi.

Untuk menjawab persoalan tersebut, saya akan mengulasnya dalam artikel yang saya beri judul Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor.

 Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor


Persoalan mapel yang tidak tampil ini, tidak hanya dialami oleh satu dua orang operator saja, namun juga dialami oleh banyak operator lain.

Kasusnya sama, yaitu mapel tidak muncul. Yang berbeda hanyalah jumlah mapel dan nama mapel yang tidak muncul tersebut.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi mapel yang tidak muncul ini?

Perlu anda pahami terlebih dahulu bahwa mapel/mata evaluasi yang terdapat di dalam Fitur Nilai Rapor, US/USBN itu terintegrasi dengan data pembelajaran.

Maka dari itu, ketika anda melakukan penginputan data pembelajaran pada setiap rombel haruslah valid. Jangan sampai terdapat satu mata pelajaran saja yang lupa diinput.

Mengena mapel apa saja yang harus diinput ke dalam menu pembelajaran, anda bisa berkonsultasi kepada Waka Kurikulum di sekolah masing-masing.

Mintalah data pembelajaran yang berlaku di sekolah anda, untuk kemudian diinputkan ke dalam Aplikasi Dapodikdasmen.

Berkaitan dengan pembahasan artikel ini, ada 2 hal yang menyebabkan mapel tidak muncul di dalam Menu Nilai Rapor.

Apa sajakah itu?

Perhatikanlah Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor berikut ini secara seksama:

1. Belum Melakukan Generate Prefill Nilai Rapor

Data Rapor yang meliputi, Nama Mapel, Peserta Didik dan PTK yang bertugas untuk mengentri nilai tidak bisa muncul secara otomatis.

Anda terlebih dahulu harus melakukan proses generate prefill Nilai Rapor terlebih dahulu. Mengenai hal ini saya telah membahasnya dalam artikel yang berjudul Cara Registrasi Data Prefill Nilai di Dapodik (silahkan anda baca jika belum memahaminya).

Saya sudah melakukan Generate Prefill Nilai di Dapodik, tapi kok ada Mapel yang belum muncul?

Banyak kasus terjadi, prefill yang digenerate itu tidak sempurna. Hal ini terjadi karena ketika melakukan generate prefill koneksi internet yang digunakan tidak berjalan lancar atau website sedang sibuk.

Apabila prefill yang anda unduh ukurannya hanya 1 KB maka dipastikan itu tidak sempurna. Akibatnya, data yang anda masukkan ke dalam dapodik tidak sempurna dan juga bisa berakibat mata evaluasi tida muncul.

Baca juga: Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk

Maka dari itu, silahkan anda ulangi proses generate prefill nilai rapor sampai berhasil. Kemudian masukkan ke dalam aplikasi dapodikdasmen.

2. Mapel/Mata Evaluasi tersebut Tidak Diinput ke dalam Pembelajaran

Adanya mapel yang tidak muncul dalam Nilai Rapor, rata-rata disebabkan karena Mapel tersebut belum di entri ke dalam data Pembelajaran.

Misalnya saja, di dalam kelas XII TSM pada saat TP 2015/2016 Semester Ganjil mapel Pendidikan Agama Islam lupa/tidak diinput ke dalam Pembelajaran Aplikasi Dapodikdasmen.

Secara otomatis, Mapel PAI untuk Kelas XII TSM TP 2015/2016 Ganjil tidak akan muncul dalam Nilai Rapor. Hal ini karena, data mapel rapor terhubung dengan data pembelajaran.

Mapel yang muncul di dalam rapor ialah mapel yang sudah diinputkan ke dalam data pembelajaran. Jika tidak diinput maka tak akan muncul.

Lalu bagaimana solusinya?

Silahkan tambahkan Mapel yang tidak muncul ke dalam data pembelajaran terlebih dahulu. Misalnya tadi Mapel PAI untuk Rombel TSM TP 2015/2016 Ganjil.

Buka aplikasi dapodikdasmen anda, masukkan ussername dan password. Pada tahun pelajaran, pilih TP 2015/2016 Ganjil. Kemudian login.

Setelah berhasil login, maka silahkan masukkan mapel PAI ke dalam data Pembelajara. (Saya rasa mengenai cara input mapel di dapodik, anda semua sudah sangat memahaminya). Jangan lupa SIMPAN.

Setelah Mapel yang awalnya tida ada tadi berhasil ditambahkan. Selanjutnya kembali lagi menu NILAI.

Klik Tombol Tambah untuk menambahkan Mata Pelajaran, maka secara otomatis Mapel yang awalnya tidak ada kini muncul.

Selesai anda bisa menginput nilai semua Mapel yang ada.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor"

Posting Komentar