Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi untuk Guru PNS dan Honorer


Sahabat Guru Indonesia, Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi dalam Jabatan untuk Guru PNS, Guru Tetap dan Honorer yang mengajar di sekolah negeri maupun swasta telah resmi dibuka.

Waktu pendaftaran akan dimulai pada tanggal 21 Mei 2017 hingga 1 Juni 2017 melalui website resmi PPG yang beralamat di ppg.ristekdikti.go.id.

Itu artinya, ada 12 hari bagi anda yang ingin mengikuti program PPG 2017 bersubsidi dalam jabatan ini. Untuk itu jika anda merasa telah memenuhi berbagai persyaratan yang diminta segera untuk mendaftar, mumpung waktunya masih panjang.

Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi untuk Guru PNS dan Honorer


Seleksi Administrasi

Untuk menjadi peserta PPG Bersubsidi 2017, anda harus lulus seleksi terlebih dahulu. Untuk Seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 22 Mei sampai dengan 4 Juni.

Bagi para peserta yang dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi ini akan diumumkan secara resmi pada tanggal‎ 5 Juni 2017.

Kemudian Para peserta yang lolos akan mengikuti proses seleksi akademik melalui Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kompetensi Bidang (TKB), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris (TKBI) yang digelar secara daring pada tanggal 10-12 Juni 2017.

Hasil dari Tes Akademik ini akan diumumkan secara resmi pada tanggal 15 Juni 2017. Terdapat 2500 kuota yang sudah dipersiapkan untuk program PPG 2017 bersubsidi ini.

Para peserta yang dinyatakan lolos kedua tahapan seleksi tersebut akan mulai mengawali perkuliahan pada tanggal 4 Juli 2017 di berbagai Perguruan Tinggi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai tempat pelaksanaan PPG.

Baca juga: Dokumen yang WAJIB Diupload Bila LULUS UJIAN TULIS/CBT PPG Bersubsidi

Program PPG dalam Jabatan 2017 sudah dirancang secara sistematis dan akan menerapkan prinsip menjaga mutu, mulai dari proses seleksi, proses pembelajaran, penilaian sampai dengan uji kompetensi.

Dengan proses penjagaan mutu mulai dari tahap awal sampai akhir, diharapkan dari program ini dapat menghasilkan guru-guru masa depan yang sangat professional di bidangnya.

Program Studi yang Dibuka


Banyak sekali program studi yang dibuka dalam PPG Bersubsidi dalam Jabatan 2017. Namun apabilah dilihat secara seksama Program Studi yang akan dibuka seperti yang sudah dirilis melalui wbsite  ppg.ristekdikti.go.id,  Program PPG ini memberi peluang yang sangat besar bagi para Guru SMK, baik Negeri maupun Swasta.

Apa benar demikian?

Iya, sangat benar sekali. Adapun Program Studi yang dibuka dalam PPG dalam Jabatan Bersubsidi Tahun 2017 adalah sebagai berikut:

  • Teknik Elektronika
  • Teknik Mesin
  • Teknik Kimia
  • Teknik Elektro
  • Teknik Otomotif
  • Teknologi Penangkapan Ikan
  • Agribisnis Produksi Ternak 
  • Agribisnis Produksi Tanaman
  • Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian & Perikanan
  • Kepariwisataan

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat pada gambar di bawah ini:

Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi untuk Guru PNS dan Honorer

Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi dalam Jabatan 

Adapun Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi dalam Jabatan adalah sebagai berikut:

  1. Calon peserta PPG harus terdaftar di dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah masing-masing
  2. Mempunyai masa kerja mengajar minimal adalah 5 (lima) tahun secara berturut-turut yang harus dibuktikan dengan menggunakan Surat Keterangan Mengajar dari Kepala Sekolah. Bagi guru yang sudah mengikuti program Talentscouting atau Sarjana Mengajar harus dibuktikan dengan menyertakan sertifikat program tersebut
  3. Berusia setinggi-tingginya ialah 34 tahun terhitungan pada tanggal 31 Desember 2017
  4. Program studi S1/D4 yang linier dengan bidang studi yang ada pada program PPG (lihat pada daftar di atas)
  5. IPK minimal adalah 2,75

Dokumen yang Harus Dibawa

Adapun berbagai dokumen yang WAJIB dibawa dan ditunjukkan oleh para pendaftar ketika melakukan SELEKSI BAKAT dan MINAT adalah sebagai berikut:

  1. Bebas dari Napza, yang harus dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) atau pihak lain yang berwenang
  2. Dalam keadaan sehat yang harus dibuktikan dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter pemerintah (Bekerja di Rumah Sakit Pemerintah)
  3. Selalu berkelakuan baik yang harus dibuktikan dengan surat menujukkan keterangan dari pihak kepolisian setempat.

Nah, bagaimana? Sudahkah anda memahami semua persyaratn untuk mengikuti program ini? Jika sudah segeralah untuk mendaftarkan diri. Persiapkan semua hal sebaik mungkin supaya bisa lolos pada tahapan seleksi, sehingga anda akan menjadi guru yang professional.

Demikianlah informasi mengenai Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi untuk Guru PNS dan Honorer yang dapat kami sampaikan.


Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syarat Pendaftaran PPG 2017 Bersubsidi untuk Guru PNS dan Honorer "

Posting Komentar