Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online

Setiap memasuki tahun ajaran baru, para operator sekolah dianjurkan untuk melakukan update Surat Tugas secara online.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online.


Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online


Untuk melakukan update surat tugas operator sekolah secara online Tahun Pelajaran 2017/2018 dilakukan melalui website  SDM Kemdikbud.

Seperti yang kita ketahui bersaman tugas seorang operator dapodik sangatlah penting sekali, diantaranya pengelolaan data Peserta didik dan juga data GTK. Hal ini akan memengaruhi berbagai program yang diberikan pemerintah kepada sekolah, seperti BOS, PIP sampai dengan Sertifikasi Guru.

Apa Pentingnya Melakukan Update Surat Tugas Operator?

Update surat tugas secara online sangatlah penting sekali karena bertujuan untuk mengelola secara penuh pada data profil sekolah, data peserta didik dan juga data guru dan tenaga kependidikan (GTK) pada tingkat satuan pendidikan.

Pengelolaan data Peserta Didik dan data GTK 

Saat ini sudah terjadi perubahan pengelolaan data Peserta Didik terutama dalam hal pemberian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). PDSPK sebagai pihak yang mengeluarkan NISN telah melakukan koordinasi dengan pengelola dari DapoDikdasmen, Dapo Dikmas dan juga unit kerja terkait dengan menghasil berbagai kesepakatan diantaranya ialah Seluruh Data Peserta Didik yang belum juga memiliki NISN dan telah mengisikan data di dalam aplikasi DapoDikdasmen pada tahun 2017 akan secara automatis diberikan NISN.

Sedangkan dalam hal GTK, khususnya calon penerima NUPTK yang sudah diterbitkan maka pihak sekolah melalui operator dapodik sekolah harus melakukan verifikasi dan validasi (VerVal) pada laman vervalptk dengan melengkapi berbagai macam dokumen yang menjadi syarat yang tertera pada laman tersebut. Agar bisa melakukan pengelolaan data maka operator dapodik sekolah harus telah terdaftar di dalam portal SDM dengan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Cara Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online 

Bagi setiap sekolah yang telah terdaftar ke dalam SDM Kemendikbus maka wajib mengunggah pembaruan surat penugasan operator dapodik sekolah secara online dari pihak sekolah setiap setahun sekali dalam bentuk file PDF.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
  • Operator Dapodik sekolah melakukan Login laman SDM Kemendikbud dengan alamat berikut ini http://sdm.data.kemdikbud.go.id/ 
  • Sesudah berhasil melakukan login pilih menu profil 
  • Kemudian pilih menu Update Surat Tugas
  • Pilihlah surat penugasan terbaru anda lalu unggah
Demikianlah informasi mengenai Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online yang bisa kami sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Update Surat Tugas Operator Sekolah Secara Online "

Posting Komentar