Aturan Jumlah Responden dalam PMP

Aturan Jumlah Responden dalam PMP. Sahabat Operator Dapodik di manapun anda semua, tentu anda sudah mengetahui tentang adanya sebuah aplikasi bari bernama Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan atau PMP. Dengan adanya aplikasi tersebut, tugas operator sekolah bertambah satu lagi yaitu mengelola PMP.

Bagi anda yang belum mengenal, saya jelaskan singkat. Aplikasi PMP adalah sebuah aplikasi yang diperuntukkan menilai sejauh mana tingkat kualitas Mutu di sebuah satuan pendidikan. Aplikasi ini digunakan oleh semua sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA sederajat.

Aturan Jumlah Responden dalam PMP
Aturan Jumlah Responden dalam PMP.
Berbeda dengan Dapodik, aplikasi PMP mengharuskan semua komponen sekolah mengisi kuesioner yang telah ditetapkan. Jika dijumlah ada sekitar 500 pertanyaan yang harus diisi oleh setiap responden. Jumlah yang sangat fantastis memang, dan tentunya membutuhkan waktu pengerjaan yang sangat lama. Maka dari itu saya menganjurkan agar dalam pengerjaan PMP dilakukan secara kolaboratif.

Siapa saja yang harus mengisi data responden PMP? Ada 5 komponen utama, yang meliputi Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pengawas, Gur dan Peserta Didik. Semua komponen tersebut harus mengisi kuesioner. Jika ada satu saja jenis responden yang tidak mengisi maka data PMP anda tidak bisa dikirim ke server pusat

Bagi responden jenis peserta didik dan Guru (PTK) tak perlu mengisi kuesioner semua. Hanya cukup beberapa saja asalkan sudah memenuhi batas minimal yang ditentukan. Kendati demikian, tidak masalah apabila semua siswa dan PTK mengisi kuesioner karena itu akan semakin baik.

Pertanyaan selanjutnya adalah berapakah jumlah minimal data responden yang harus mengisi kuesioner PMP? Masing-masing jenis responden memiliki aturan tersendiri. Di bawah ini akan saya jelaskan secara detail mengenai hal tersebut.

Aturan Jumlah Responden dalam PMP

Responden mewakili pemangku kepentingan sekolah antara lain:

1. Responden Kepala Sekolah

Untuk kepala sekolah kuesioner harus diisi oleh Kepala Sekolah sendiri, kode kuesionernya adalah KS. Responden untuk Kepsek hanya 1, sebab setiap satuan pendidikan hanya ada 1 Kepala Sekolah.

2. Responden Guru

Bagi responden guru kode kuesionernya adalah GS. Ada perbedaan responden guru di setiap jenjang satuan pendidikan. Bagi Guru SD responden PMP adalah masing-masing guru kelas. Pada tiap tingkat kelas minimal harus diwakili oleh 1 orang responden guru. Selanjutnya, untuk jenis responden guru di tingkat jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) responden guru adalah setiap guru mata pelajaran. Setiap kelas minimal ada satu responden guru mapel. Artinya, jumlah minimal responden guru tergantung dengan jumlah kelas yang ada di sebuah sekolah.

 3. Responden Siswa

Responden jenis siswa memili kode kuesioner SS. Perlu diingat, untuk responden siswa di tingkat SD responden adalah siswa yang berada di kelas 4, 5 dan 6. Pada tiap kelas diwakili minimal 10 responden siwa. Sementara untuk jenjang SMP, SMA dan SMK responden adalah siswa di seluruh tingkat kelas. Pada setiap kelas, minimal harus diwakili 10 siswa. Anda tinggal mengalikannya saja berapa jumlah kelas di sebuah sekolah.

4. Responden Komite Sekolah

Responden Komite Sekolah memiliki kode kuesioner MT. Responden ini mewakili dari para orang tua atau wali siswa. Pada tiap tingkat kelas, minima harus ada satu responden dari Komite Sekolah anda.

5. Responden Pengawas Pembina

Terakhir, responden Pengawas Sekolah memiliki kode kuesioner PS. Jumlah responden Pengawas Sekolah hanya 1, sebab setiap sekolah hanya terdapat 1 Pengawas saja.

Semua itu harus dipenuhi terlebih dahulu agar data PMP bisa dikirim ke server pusat. Setiap sekolah memiliki batas minimal jumlah responden masing-masing. Tergantung pada jumlah tingkat kelas yang ada. Demikian informasi tentang Aturan Jumlah Responden dalam PMP yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Aturan Jumlah Responden dalam PMP"

  1. Operator bukan robot terlalu byk kuisioner nya n jumlah responden nya yg smuanya operator skolah yg mengerjakan krn smua tidak mau tau dikatakan bhw smua tugas operator skolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu persoalan umum pak. masih banyak yang tak menyadari bahwa PMP adalah tugas individu. semoga mereka segera diberi kesadaran

      Hapus
  2. Operator bukan robot terlalu byk kuisioner nya n jumlah responden nya yg smuanya operator skolah yg mengerjakan krn smua tidak mau tau dikatakan bhw smua tugas operator skolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. harusnya diisi masing2 responden bukan operator

      Hapus
  3. ihh ini semua dibbnk ke operator sekolah dong

    BalasHapus
  4. Operator merangkap kepsek, guru, siswa, komite. capek deeh... waduh ini semua sama dengan aplikasi padamu negeri beda merk aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal bayarannya oke sih gak masalah pak hehehe

      Hapus