Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer

Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer . Sahabat Operator Dapodik sekalian, tentu anda semua sudah sangat mengenal tentang Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP). Sebuah aplikasi yang terhitung masih baru, sebab diluncurkan beberapa hari yang lalu. Bagi banyak operator sekolah, aplikasi ini sungguh sangat merepotkan sebab banyak data yang harus di entri.

Selain itu, lambannya loading setiap kuesioner membuat waktu pengerjaan 1 instrumen saja bisa mencapai hampir 2 jam. Sebuah waktu yang sangat lama bukan? Mengingat batas pengisian data PMP akan cut off sebentar lagi. Bayangkan saja jika waktu tersebut dikalikan dengan jumlah instrumen yang perlu di entri. Tentu butuh waktu berminggu-minggu.

Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer
Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer.

Banyak para operator dapodik bertanya, bisakan entri data PMP dilakukan bersamaan dengan banyak komputer atau laptop? Supaya data segera terselesaikan dengan cepat dan tepat. Nah saya rasa pertanyaan ini menjadi doa para Operator Dapodik di seluruh Indonesia. Agar tugas PMP yang menumpuk itu cepat terselesaikan.

Mengenai pertanyaan apakah entri data PMP bisa dilakukan bersama dengan banyak komputer/laptop? Tentu jawabannya bisa. Aplikasi ini memang dirancang untuk bisa digunakan secara bersama. Terutama oleh PTK, dengan login menggunakan akun GTK yang telah di entri melalui Aplikasi Dapodik.

Untuk dapat menggunakan banyak komputer, simaklah dengan seksama langkah-langkah berikut ini. Sangat mudah memang, namun membutuhkan ketelitian untuk menerapkan setiap tahapannya supaya tidak terjadi kesalahan. Sehingga aplikasi PMP bisa dikerjakan secara bersama dengan menggunakan banyak komputer atau laptop.

Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer 

1. Pastikan menggunakan jaringan internet yang sama (bisa menggunakan mifi, wifi, hp ataupun line. Yang terpenting koneksi internet lancar)

2. Untuk komputer atau laptop yang menjadi server utama, silahkan Masuk ke menu pencarian di komputer/laptop anda kemudian ketik command prompt

3. Setelah ketemu command prompt, selanjutnya klik satu kali

4. Ketikkan ipconfig setelah kata user, kemudian enter (yang diligkari merah di bawah ini)


5. Setelah data muncul lihat di ip adressnya (yang dilingkari warna biru di atas)

6. Kemudian kopi ip adres tersebut ke komputer/laptop lain yang ingin anda gunakan secara bersama dalam pengisian PMP dan tambahkan titik dua dan angka1745 (:1745 setelah ip adres yang merupakan alamat localhost Aplikasi PMP)

7. Selesai. Aplikasi PMP bisa digunakan secara bersama (lihat alamat login yang digunakan



Catatan: banyak kasus terjadi, setelah mendapatkan ip adres Aplikasi PMP tidak bisa digunakan. Hal ini disebabkan Windows Firewall masih aktif. Untuk itu, Pastikan windows firewall anda dinonaktifkan, caranya adalah:Cari menu windows firewall pada kolom pencarian di laptop anda. Kemudian klik turn  windows firewall on or off. Selanjutnya pilik turn of windows firewall dan tekan ok.

Ingat ya, anda harus menggunakan satu jaringan internet yang sama. Mengapa harus demikian? Sebab nanti akan diambil IP adress PC yang terkoneksi dengan internet tersebut. Komputer lain yang digunakan untuk mengerjakan kuesioner PMP hanya bisa terkoneksi dengan aplikasi PMP asalkan sinyal internet yang digunakan sama.

Maka dari itu, anda perlu memilih jaringan internet yang paling stabil di daerah anda. Sebab, masing-masing wilayah memiliki kualitas jaringan internet yang berbeda-beda. Saya sendiri menggunakan mifi, sebuah wifi mini dari salah satu perusahaan telekomunikasi khusus CDMA di Indonesia. Hasilnya terbilang sangat lumayan, sebab bisa digunakan untuk 30an PC.

Ketika mengerjakan kuesioner PMP secara bersama-sama, seorang operator sekolah memiliki peran yang sangat penting. Ia harus mampu menjadi pengarah terhadap para responden yang akan mengisi PMP. Sebab dapat dipastikan, terutama bagi peserta didik cukup kebingungan mengenai mekanisme menjawab setiap butir kuesioner.

Usahakanlah, setiap responden selesai menjawab semua data kuesioner PMP dalam waktu itu juga. Apabila hanya setengah-setengah saja akan menyulitkan, karena harus melakukan input data pada keesokan harinya.

Setiap selesai mengisi kuesioner pada setiap poin, jangan lupa harus anda simpang. Jika tidak, maka data yang diinputkan secara otomatis akan terhapus oleh sistem. Tentu anda semua tidak ingin mengalami hal ini. Sudah lama-lama bekerja tapi pada akhirnya data harus terhapus.


Pekerjaan sebagai operator dapodik sebenarnya tidaklah cukup memberatkan asal kita tahu cara mengerjakan setiap tugas dengan cerdas. Salah satunya adalah pengisian data PMP ini. Jika hanya menggunakan 1 PC saja tentu membutuhkan waktu yang sangat lama dan juga melelahkan sekali.

Pastinya semuanya juga tergantung dengan kerjasama yang baik antara semua pihak di dalam sekolah. Apabila semua komponen tersebut mau salih bahu membahu mengerjakan PMP secara bersama, maka bukan mustahil jika aplikasi ini bisa diselesaikan hanya dalam waktu 1 hari saja.

Demikian Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer. Semoga dapat mebantu kerja para Operator Dapodik semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Cara Entri Data PMP dengan Banyak Komputer"

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Wow. That's great. Simpel sekali. TQ brother. Mo ane coba dulu.

    BalasHapus
  3. apakah semua laptop harus di instal aplikasi pmp nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang diinstal hanya satu komputer saja pak sebagai servernya. yang lain hanya tinggal mengcopy ip addrres saja

      Hapus
  4. apakaah tetap harus terkoneksi internet dalam pengerjaanya pak?

    BalasHapus