Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP

Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP. Sahabat Operator Dapodik di manapun anda berada, membicarakan tentang kesalahan siatem dalam Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan seakan tidak ada habisnya. Setelah beberapa Bug Aplikasi berhasil diperbaiki, ternyata masih ada kesalahan aplikasi yang terjadi di dalamnya.

Tentunya ini akan menjadi kendala tersendiri bagi Operator. Mengingat semakin dekatnya waktu Cutt Off data PMP ini. Untuk itu semoga Bug atau kesalahan aplikasi segera diselesaiakan oleh server pusat supaya pengerjaan PMP berlangsung lancar tanpa ada suatu halangan apapun.

Sobat Operator sekalian, salah satu Bug Aplikasi PMP yang paling banyak ditanyakan operator Dapodik adalah dalam proses kirim data. Seperti yang kita ketahui, ketika selesai mengisi kuesioner PMP dengan jumlah responden yang ditentukan, Operator Dapodik Sekolah perlu melakukan pengiriman data ke server Aplikasi PMP pusat.

Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP
Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP.
Pengiriman data PMP ini bertujuan sebagai laporan ke pusat bahwa sekolah tersebut memang sudah melakukan pengisiam kuesioner PMP. Sistem pengiriman data PMP hampir sama seperti syncronisasi Dapodik. Tentu sebagai operator sekolah, anda semua pasti sangat memahami langkah tersebut.

Namun kendati mirip proses synkronisasi Dapodik, nyatanya pengiriman data PMP ke server pusat membutuhkan waktu yang sangat lama. Tentu hal ini sangat berbeda dengan Aplikasi Dapodik, yang hanya perlu waktu kurang lebih 2 menit untuk melakukan syinkronisasi data yang ada.

Bahkan dalam beberapa forum operator Dapodik ada yang mengatakan setelah mengirim data hingga 5 jam, data PMP belum juga berhasil dikirim. Hal ini tentu menambah pusing kepala. Untuk menjawab rasa pusing anda, berikut ini Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP:

1. Pertama, pastikan kuesioner pertanyaan PMP sudah terisi semua sesuai jumlah minimal responden yang telah ditentukan di setiap sekolah. Dengan mengisi semua kuesioner, maka tombol Kirim Data akan bisa di Klik dan anda akan bisa mengirimnya ke server pusat.

2. Pasrikan koneksi internet harus stabil. Hal ini diperlukan karena dalam pengiriman data PMP membutuhkan jaringan internet yang baik. Dalam beberapa kasus, gagalnya pengiriman data PMP dikarenakan sinyal tidak mendukung. Untuk itu, anda perlu mengetahui koneksi internet yang paling baik di daerah anda, supaya koneksi internet saat pengiriman data PMP stabil

3. Lakukan Backup data terlebih dahulu, supaya jika terjadi kesalahan dalam pengiriman anda masih punya data cadangan. Menu Backup Data PMP dibuat untuk mengantisipasi jika ada kesalahan supaya anda tidak perlu mengulangi kembali. Dengan hanya merestore data Backup yang anda download, pasti data PMP anda akan kembali lagi.

4. Biarkan proses pengiriman data PMP terus berjalan minimal 30 menit. Biasanya setelah rentang waktu tersebut, pengiriman akan berhasil. Namun ada juga yang tidak kunjung selesai proses pengirimannya. Tetapi anda tidak perlu khawatir, biarkan saja prosea pengiriman itu berlangsung terus. Hal ini penting dilakukan sebab meski belum ada keterangan berhasil namun dibanyak kasus diprogres pengiriman, data PMP sudah terkirim. Untuk melihat data di progres pengiriman anda membutuhkan waktu paling tidak 1x24 jam.

Kesimpulan saya sementara, kenapa progres kirim data PMP berlangsung lama? Hal ini dikarenakan aplikasi ini belum sempurna, sehingga perlu banyak perbaikan lebih lanjut. Kendati demikian anda tak perlu bingung, sebab data anda tetap bisa dikirim meski tidak ada keterangan berhasil. yang terpenting biarkan proses pengiriman berlangsung agak lama. Selang beberapa hari silahkan cek di progres pengiriman data PMP.

Demikian Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP. Semoga dapat sedikit memberi pemahaman kepada anda semua, dan semoga Aplikasi PMP segera disempurnakan agar menjadi lebih baik. Terimakasih

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Cara Mengatasi Gagal Kirim Data PMP"


  1. Whoops, looks like something went wrong.
    1/1 OutOfMemoryException: Error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 15637933 bytes) in C:\Program Files\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\KirimData.php line 0

    in C:\Program Files\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\KirimData.php line 0

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong donk ditanggap/di-share jawaban dari permasalahan IBU MEGA MASTURA di atas karena kami mengalami permasalahan yang sama!

      Hapus
    2. untuk permasalahan seperti itu
      email saya ke bhotok@gmail.com

      Hapus
    3. persis seperti itu kasus backup data saya pak, saya email mohon bantuannya

      OutOfMemoryException: Error: Allowed memory size of 134217728 bytes exhausted (tried to allocate 12935833 bytes) in C:\Program Files\PMP\dataweb\pmp\src\Admin\KirimData.php line 0

      Hapus
    4. njenengan email saya saja pak

      Hapus
  2. saya juga sama seperti itu,, bagaimama selusinya amin?

    BalasHapus
  3. untuk permasalahan bu MEGA itu di karenakan memori untuk penyimpanan data base pmp kurang, solusinya coba untuk menambah memori di local disk C
    bisa dengan cara menguninstall beberapa aplikasi yg sudah tidak terpakai atau yg jarang di pakai
    semoga bisa membantu

    BalasHapus
  4. MEGA MASTURA ,penglaman saya di uninstal ulang bisa gan.... pkae full instaler pmp 1.4.007!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kesalahan terjadi biasanya dikarenakan tidak menggunakan versi yang terbaru

      Hapus
  5. Progres pmp saya ko jadi belum kirim, padahal waktu saya kirim tgl 14 nop 2016 saya cek besoknya diterima server, sekarang malah berubah jadi belum kirim kenapa ya, apa yaang harus saya lakukan?! tolong penjelasannya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Agung Sabang, memang untuk pengiriman PMP sekarang seperti itu pak. Server pusat agak lama memproses data yang masuk. Coba anda login ke web PMP dan lihat Status pengiriman anda. jika Belum Kirim alangkah baiknya dikirim lagi. Yang penting proses pengiriman dari sekolah berhasil. Untuk penerimaan di progres pmp biar operator pusat yang mengurusnya

      Hapus
  6. Mau tanya nih,saya sudah kirim data PMP namun setelah di tunggu beberapa lama hasilnya gagal diproses,apa yang ,menjadi penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya berkaitan dengan batas minimal jumlah responden yang mengisi kuesioner pak. penuhi minimal data responden yang mengisi dulu, kemudian kirim lagi

      Hapus