Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP



Sahabat Guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada jenjang Sekolah Dasar semuanya. Kali ini saya akan berbagi informasi tentang Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP.

Kisi-kisi ini sangat penting, mengingat untuk jenjang SD pada tahun 2017 juga harus mengikuti Ujian Sekolah Berstandar nasional atau USBN.

Dengan menggunakan kisi-kisi berikut ini, persiapan dalam menyambut USBN akan lebih terarah dan matang.

Dari sisi peserta didik, juga akan membuat mereka memiliki gambaran mengenai bahan materi yang nanti akan dijadikan soal. Sehingga mereka bisa mengerjakannya dengan baik dan lancar.

Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP berisi tentang 3 level Kognitif, yaitu Pengetahuan dan pemahaman, Penerapan atau Aplikasi dan Penalaran.

Baca juga: Kisi-kisi USBN SMP KTSP PAI

Adapun Lingkupu Materinya adalah, Al-Qur’an, Aqidah, Akhalak, Fiqh dan Sejarah Peradaban Islam. Soal yang nanti akan dijadikan sebagai bahan ujian adalah akumulasi dari kelima mata pelajaran tersebut.

Khusus untuk jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, kelima mata pelajaran tersebut memang berdiri sendiri. Sehingga mungkin tidak ada yang membingungkan.

Sementara untuk SD, hanya dikenal nama Mapel PAI. Namun demikian anda tidak perlu khawatir, sebab di dalam Mapel PAI berisi kumpulan materi mengenai kelima jenis mapel tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak baik-baik paparan informasi di bawah ini.

Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP


Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP

Level Kognitif

Pengetahuan dan Pemahaman yang meliputi:

  • Menyebutkan
  • Mengidentifikasi
  • Menjelaskan
  • Menentukan
  • Mengkategorikan
  • Mengelompokkan
  • Menguraikan


Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik mampu memahami dan menguasai materi mengenai:
  • QS Al_Fatihah
  • QS al Ikhlas

2. Aqidah

Peserta didik mampu memahami dan menguasai materi mengenai:
  • Iman kepada para Malaikat Allah
  • Iman kepada Qada dan Qadar dari Allah

3. Akhlak

Peserta didik mampu memahami dan menguasai materi mengenai:
  • Menghindari perilaku dengki seperti yang dilakukan oleh Abu Lahab dan Abu Jahal 
  • Menghindari perilaku bohong seperti yang dilakukan oleh Musailamah Al Kadzab

4. Fiqh

Peserta didik mampu memahami dan menguasai materi mengenai:
  • Adzan dan  iqamah dalam Shalat
  • Ibadah Puasa
  • Ibadah Zakat

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu memahami dan menguasai materi mengenai:
  • Nabi Muhamad Saw
  • Kisah tentang Nabi Ayyub as 
  • Kisah tentang Nabi Musa as 
  • Kisah tentang Nabi Isa as
  • Perjuangan para kaum Muhajirin dan kaum Anshar

Level Kognitif

Penerapan (Aplikasi) yang meliputi:

  • Membedakan
  • Menerapkan
  • Memberi contoh
  • Menghubungkan
  • Menginterpretasi
  • Membandingkan

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik mampu menerapkan materi mengenai:
  • QS Al-Lahab 
  • QS. Al-Kafirun 
  • QS Al-Maun
  • QS. Al-Fiil 
  • QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq mulai ayat 1-5 
  • QS Al-Maidah ayat yang ke 3 dan Al-Hujurat ayat yang ke 13

2. Aqidah

Peserta didik mampu menerapkan materi mengenai:
  • Sifat wajib Allah
  • Sifat mustahil bagi Allah
  • Sifat jaiz yang dimiliki Allah
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Para Rasul Allah
  • Iman kepada Hari Akhir atau Hari Kiamat

3. Akhlaq

Peserta didik mampu menerapkan materi mengenai:
  • Perilaku taubatnya dari Nabi Adam as 
  • Perilaku dari Nabi Ibrahim as
  • Perilaku dari Nabi Ismail as 
  • Perilaku dari Nabi Ayyub as 
  • Perilaku dari Nabi Musa as
  • Perilaku dari Nabi Isa as 
  • Perilaku dari Khalifah Abubakar ra 
  • Perilaku dari Umar bin Khattab ra

4. Fiqh

Peserta didik mampu menerapkan materi mengenai:
  • Ibadah Shalat
  • Ibadah tadarus al Quran
  • Ibadah puasa

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menerapkan materi mengenai:
  • Kisah dari Khalifah Abubakar ra 
  • Kisah dari Khalifah Umar bin Khattab ra
  • Kisah dan perilaku yang dilakukan oleh Abu Lahab dan Abu Jahal 
  • Kisah dan perilaku yang dilakukan oleh Musailamah Al Kadzab

Level Kognitif

Penalaran yang meliputi:

  • Menganalisis
  • Mengevaluasi
  • Menyimpulkan
  • Memecahkan masalah
  • Memprediksi
  • Mensintesis

Lingkup Materi

1. Al-Qur’an

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai materi:
  • QS Al-Maun
  • QS. Al-Fiil 
  • QS Al-Qadr 
  • QS Al-‘Alaq mulai ayat 1-5 
  • QS Al-Maidah ayat yang ke 3 dan Al-Hujurat ayat yang ke 13

2. Aqidah 

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai materi:
  • Iman kepada Kitab-kitab Allah
  • Iman kepada Hari Akhir tau Hari Kiamat
  • Iman kepada Qada dan Qadar yang berasal dari Allah

3. Akhlaq

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai materi:
  • Perilaku yang dilakukan Nabi Ibrahim as
  • Perilaku yang dilakukan Nabi Ismail as 
  • Para kaum muhajirin 
  • Para kaum anshar

4. Fiqh

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai materi:
  • Ibadah puasa 
  • Ibadah Shalat tarawih 
  • Ibadah tadarus al-Qur’an
  • Ibadah zakat

5. Sejarah Peradaban Islam

Peserta didik mampu menggunakan nalar mengenai materi:
  • Kisah dari Khalifah Abubakar ra
  • Kisah dari Khalifah Umar bin Khattab ra 
  • Kisah dan perilaku yang dilakukan oleh Abu Lahab dan Abu Jahal 
  • Kisah dan perilaku yang dilakukan oleh Musailamah Al Kadzab

Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP hanya untuk jenjang pendidikan SD yang melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau yang juga disebut Kurikulum 2006.

Jadi apabila SD anda sudah menerapkan Kurikulum 2013 maka kisi-kisi ini tidak berlaku. Insyaallah untuk artikel selanjutnya saya akan memposting Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI Kurikulum 2013.

Bagi anda para guru mapel PAI alangkah baiknya untuk menyampaikan kisi-kisi ini sejak dini mungkin kepada para peserta didik. Supaya mereka bisa mempelajarinya mulai dari sekarang.

Saya anjurkan, mulai saat ini ketika anda mengajar Mapel PAI sebaiknya fokus pada Kisi-Kisi USBN SD Mapel PAI KTSP. Hal ini bertujuan supaya semua materi USBN bisa dipahami siswa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel