Cara Menggunakan Verval Individu GTK



gtkedit.data.kemdikbud adalah sebuah sistem untuk verifikasi dan validasi (verval) data individu gtk yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Website edit data gtk ini ialah laman dengan hak akses personal, maksudnya akun yang terdapat pada verval individu gtk merupakan milik setiap gtk bukan milik operator sekolah.

Oleh karenanya, para operator dapodik cukup hanya memberikan informasi tentang adanya sistem verval Individu GTK.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membahas hal ini dengan judul Cara Mudah Daftar dan Cetak Kartu Sistem Verval dan Individu GTK.

Kali ini saya akan membahas kelanjutan dari artikel tersebut dengan fokus pembahasan Cara Menggunakan Verval Individu GTK.

Cara Menggunakan Verval Individu GTK


Langsung saja, saya akan membahas berbagai menu yang terdapat di dalam sistem ini:

Menu-Menu di dalam Verval Individu GTK

Data Kelengkapan GTK

Menu Data Kelengkapan GTK berfungsi untuk menunjukkan kepada para GTK mengenai status kelengkapan dari data mereka yang berupa persentase. DI bagian bawah menu ini terdapat tanda tentang kelengkapan data yang perlu anda koreksi.

Data Master

Pada menu Data Master GTK ada empat menu untuk mengunggah berbagai dokumen pendukung yang akan membuktikan isian pada menu data master.

Data Pendukung itu meliputi ungggah file Karu Tanda Penduduk (KTP), file Kartu Keluarga (KK), file mengenai data kepegawaian atau sk kepegawaian serta file bank.

Adapun data file yang diunggah ialah hasil scan dari keempat dokumen tersebut dengan menggunakan jenis file pendukung berformat JPG. Jangan lupa, supaya ukuran file menjadi kecil, silahkan kompresi terlebih dahulu.

Menu Data GTK

Data Pendidikan Formal

Menu Data Pendidikan Formal akan berisi tabel tampilan data yang tersimpan di dalam database vervalgtk. Jika anda ingin menyalin data dari Aplikasi Dapodik maka silahkan klik tombol “LIHAT DAPODIK”, lalu pilihlah data yang ingin anda salin, Kemudian pilihlah tombol PROSES SALIN DATA. Maka secara otomatis proses menyalin data akan dilakukan oleh sistem.

Apabila ada data yang tidak sesuai atau data hasil dari salin tersebut ada kesalahan, maka lakukan perubahan seperlunya  saja dengan menggunakan menu UBAH DATA. Dengan mengunggah file scan dokumen pendukung pendidikan terakhir anda atau menggunakan scan ijazah anda. Apabila telah mengunggahnya, maka tekan tombol simpan perubahan.

Anda juga bisa menggunakan menu TAMBAH DATA. Namun, jika memilih menu ini maka anda  harus mengisi data secara manual. Setelah mengisi, jangan lupa untuk menekan tombol SIMPAN DATA supaya perubahan dapat tersimpan.

Kalau saya sendiri lebih memilih menggunakan Menu “LIHAT DAPODIK” sebab saya sudah yakin jika entrian data di dapodik sudah valid.

Dalam menu ini juga ada fitur bernama UNDUH DATA FILE. Dengan menu tersebut anda bisa mengunduh kependidikan berupa format excel, pdf atau juga bisa langngsung di cetak menggunakan printer.

Hal ini juga berlaku untuk menu-menu lainnya misalnya menu data kepangkatan atau golongan , jabatan fungsional, jabatan struktural,  data pekerjaan dan juga data sertifikasi.

Dalam  menu-menu tersebut pada prinsipnya semua sama mengenai cara pengisinya. Hanya saja yang membedakan terletak pada jenis dokumen yang harus anda unggah sebab perlu menyesuaikan dengan jenis menu masing-masing.

Ringkasan Data


Menu Ringkasan Data berfungsi untuk menampilkan ringkasan dari ketujuh menu yang sudah saya bahas di atas meliputi data identitas, data pribadi GTK, data kepegawaian GTK, data bank GTK, data pendidikan GTK, data golongan/kepangkatan GTK, data jabatan struktural dan fungsional GTK, data sertifikasi dan data riwayat mengajar GTK.

Semua data tersebut bisa dicetak secara langsung maupun di unduh ke dalam file berformat pdf atau excel, sehingga dapat memudahkan anda dalam pendokumentasian data GTK terkait.

DI bagian bawah menu Ringkasan Data ada ringkasan galeri dokumen yang sudah di unggah pada waktu proses sebelumnya.

Menu Akun Pengguna

Menu Profil Pengguna

Di dalam Menu Profil Pengguna anda bisa mengubah dan menambahkan berbagai informasi tambahan mengenai diri anda.

Misalnya saja mengubah password dan nomor telpon/HP pengguna. Ada juga menu mengunggah foto pengguna, meskipun telah terdapat foto yang berasal dari vervalgtk namun anda boleh mengubah foto tersebut dengan menggunakan foto baru.

Menu Kartu Identitas GTK

Menu Kartu Identitas GTK berfungsi untuk mencetak sebuah kartu yang berisikan informasi data GTK terkait dengan barcode khusus. Kartu ini menjadi format kartu resmi dari Kemendikbud.

Namun, untuk sementara waktu menu ini masih dalam tahap pengembangan sehingga saat ini hanya bisa menampilkan contoh kartu GTK saja.

Semoga saja dalam waktu dekat ini Kartu GTK yang resmi dari Kemdikbud bisa digunakan dengan baik.

Menu Aktivitas Verval Data

Menu Aktivitas Verval Data berfungsi untuk menampilkan status perubahan data yang anda lakukan, wujudnya berupa kolom data, perubahan data serta data asal perubahan tersebut. Ada juga status perubahannya dan juga tanggal pengajuan perubahan data master serta riwayat mengenai perubahan pada data master GTK yang merupakan sebuah catatan perubahan terhadap data master GTK terkait.

Demikian informasi mengenai Cara Menggunakan Verval Individu GTK yang bisa saya bagikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menggunakan Verval Individu GTK"

Posting Komentar