Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik


Sebelum proses input nilai Rapor di Aplikasi Dapodikdasmen dilakukan, terlebih dahulu operator dapodik harus menyusun data mata pelajaran.

Penyusunan Mapel harus disesuaikan dengan urutan mapel di dalam rapor yang telah tercetak.

Lalu bagaimana jika salah dalam menyusun urutan mapel? Bisakah urutan mapel yang sudah disusun dan disimpan diubah kembali?

Mengenai hal tersebut saya akan membahasnya dalam artikel Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik berikut ini.

Perlu anda pahami fasilitas Nilai Rapor yang ada di Dapodik itu harus sesuai dengan rapor cetak yang ada di masing-masing sekolah.

Baca juga: Cara Entri Nilai Mapel Agama Bila dalam 1 Rombel Ada 2 Mapel Agama

Terutama dalam hal penentuan urutan mapel. Misalnya saja, jika dalam Rapor mapel nomor 1 adalah Pendidikan Agama, maka tidak boleh anda ganti susunannya menjadi Pendidikan Kewarganegaraan.

Memang secara teknis, tidak akan mempengaruhi proses input nilai, namun hal itu akan menyebabkan perbedaan data urutan mapel cetak dengan yang tercantum di dalam Aplikasi Dapodikdasmen.

Secara umum, ada 2 hal yang penyebab urutan Mapel di rapor menjadi salah:

  1. Karena belum mengetahui susunan Mapel di Rapor. Jika hal ini yang terjadi, maka silahkan anda membaca aturan atau bertanya kepada rekan-rekan yang lain mengenai urutan mapel yang benar.
  2. Keliru saat menginput urutan mapel di dapodik. Ini yang banyak terjadi, di rapor cetak urutan mapelnya sudah benar, tetapi karena ada kelalaian saat menginputnya menjadi salah/keliru


Lantas bagaimana Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik?

Untuk mengubah urutan mapel rapor di dapodik bukan perkara yang sulit sebenarnya, asalkan anda mengetahui langkah-langkahnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Mapel yang Tidak Tampil di Menu Nilai Rapor

Berikut ini tahap-tahap yang harus anda lakukan untuk Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik:

  • Silahkan login ke dalam aplikasi dapodikdasmen menggunakan akun operator sekolah
  • Klik Menu Nilai > Rapor > Pilih Semester > Pilih Rombel maka akan muncul data mata pelajaran/mata evaluasi
  • Pada gambar di bawah anda bisa melihat bahwa ada 4 mapel dengan urutan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani dan Bahasa Indonesia
Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik



  • Setelah diteliti urutan mapel tersebut ternyata salah, yang benar adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Pendidikan Jasmani. Maka anda perlu mengubah urutan tersebut hingga benar
  • Untuk mengubah urutan mapel caranya Klik pada Mapel yang akan diubah urutannya, Misalnya Pendidikan Agama. 
  • Kemudian Klik Ubah, maka akan nama mapel akan terbuka dan bisa diedit
  • Sedangkan untuk mengubah urutannya silahkan Klik Tombol TAB di keyboard anda yang berada tepat di atas tombol caps lock. Sehingga kode mapel menjadi bisa di edit. Seperti yang terlihat pada gambar di atas (saya beri kotak warna merah)
  • Ubahlah urutan mapel tersebut. Dalam contoh pada gambar di atas saya bermakud untuk mengubah mapel Pendidikan Agama yang awalnya nomor urut 2 menjadi 1. Namun karena nomor urut 1 masih ada mapel kewarganegaraan maka saya harus mengubahnya menjadi nomor yang tidak ada pada urutan mapel tersebut. Misalnya 5
  • Setelah itu, ubahlah Mapel Pendidikan Kewarganegaraan yang awalnya nomor urut 1 menjadi nomor 2 dengan memanfaatkan tombol Ubah dan Tab seperti tadi
  • Sesudah nomor urut 1 kosong, maka ubahlah mapel Pendidikan Agama yang tadi anda ubah menjadi nomor 5 diedit kembali supaya menjadi nomor 1
  • Ulangi langkah-langkah tersebut sampai dengan urutan mapel valid, dan berubah menjadi seperti gambar di bawah ini

Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik


Catatan Penting!!! Ketika anda mengubah nomor urut mapel jangan sampai ada nomor yang sama sebab tidak akan bisa disimpan. Secara otomatis nanti akan muncul sebuah notofikasi yang berisikan Error karena terdeteksi nomor urut tersebut lebih dari satu, harap untuk dicek kembali.

Pada intinya untuk mengubah urutan mapel anda hanya perlu mengubah nomor urutnya saja sesuai dengan yang terdapat pada rapor cetak.

Bagaimana jika menggunakan menu Hapus Mapel, Bisa Tidak?

Bisa saja, namun nanti data mapel akan terhapus dan anda harus menginput ulang mapel rapor.
Namun jika anda menggunakan fitur Ubah maka anda hanya perlu mengubah urutan mapel yang keliru saja.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik yang dapat kami sampaikan.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengubah Urutan Mapel Rapor di Dapodik"

Posting Komentar