Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b



Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b berisikan sejumlah pertanyaan sekaligus solusi terkait berbagai hal yang terdapat pada aplikasi dapodik versi terbaru.

Berbagai pertanyaan yang disusun diambil dari data pertanyaan yang sering muncul atau ditanyakan oleh pihak admin pusat.

Hal ini menunjukkan bahwa berbagai masalah tersebut, banyak dialami oleh para operator sekolah.

Tentu daftar pertanyaan Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b sangat dibutuhkan oleh operator.

Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b


Sebab di dalam teknis pengerjaan  input nilai rapor, US/USBN terdapat beberapa kendala yang harus segera diberikan solusinya.

Baca juga:  Cara Mengatasi Registrasi Prefill Rapor Gagal karena Data Tidak Masuk

Misalnya saja, mengenai gagal melakukan generate prefill nilai rapor, menu Nilai yang belum bisa tampil di aplikasi dapodik dan masih banyak lagi yang lainnya.

Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b

Daftar pertanyaan ini disusun oleh pihak Admin pusat Dapodikdasmen, yang telah resmi dipublikasikan di dalam website.

Terdapat 8 pertanyaan sekaligus solusi yang dibahas dalam FAQ tersebut. Diharapkan dapat memberikan penjelasan yang komprehensif bagi para operator.

Berikut ini Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b:

1. Tanya: Kapan batas entri nilai rapor, US/USBN di Menu Rapor Aplikasi Dapodik?

Jawab: Batas Akhir entri nilai rapor di Aplikasi Dapodik pada tanggal 31 Mei 2017

2. Tanya : Apa yang harus dilakukan apabila ketika mengambil prefill nilai rapor dapodik mengalami kegagalan atau Link URL nya menjadi error ?

Jawab : Untuk melakukan generete prefill nilai rapor aplikasi dapodik dapat anda lakukan di alamat URL berikut ini:
1. http://sync.dikmen.kemdikbud.go.id/prefill_dikdasmen_rapor/generate_prefill.php
2. http://118.98.166.60/prefill_dikdasmen_rapor/generate_prefill.php

3. Tanya : Apa yang harus dilakukan oleh petugas operator sekolah, apabila setelah melakukan updater terhadap aplikasi dapodik 2017b namun menu rapor  masih juga belum bisa tampil, padal telah melakukan refresh terhadap PC atau menekan CTRL + F5 ?

Jawab : Silahkan anda lakukan pembersihan terhadap cache browser yang digunakan terlebih dahulu, selanjutnya silahkan anda menekan tombol ctrl F5 untuk merefresh PC. Atau anda bisa coba mengakses aplikasi dapodik dengan meggunakan browser lainnya.

4. Tanya : Bagaimana cara memunculkan tahun pelajaran 2014/2015 diaplikasi Dapodikdasmen saat mau entri nilai raport ?

Jawab : Lakukan entri data pada tahun pelajaran yang tersedia terleih dahulu. Untuk tahun pelajaran yang belum tampil tunggu rilis aplikasi 2017c

5. Tanya : Apakah yang harus dilakukan oleh petugas operator sekolah pada nilai rapor di dapodik untuk peserta didikan yang jenis pendaftarannya ialah Mutasi atau pindahan dari sekolah lain?

Jawab : Silahkan anda melakukan koordinasi dengan pihak Kepala Sekolah atau Wakil Kepala Sekolah (bidang Kurikulum), supaya Nilai peserta didik tetap dapat dilakukan entri di aplikasi rapor Dapodik

6. Tanya : Bagaimanakah perlakukan bagi guru yang statusnya telah meninggal dunia, mutasi dan pensiun pada waktu melakukan entri nilai rapor di aplikasi dapodik, sedangkan PTK tersebut sudah masuk ke dalam tab PTK non aktif ?

Jawab : Entrian Nilai bagi PTK yang sudah non aktif dapat dilakukan Oleh PTK yang mempunyai tugas tambahan sebagai Wali Kelas. Sabar saja dan Tunggu pada Rilis aplikasi Dapodikdasmen versi 2017c

7. Tanya : Pada Mapel lintas minat untuk kelas teori tidak ada/tidak tampil, apa yang selanjutnya harus dilakukan ?

Jawab : Hal ini merupakan salah satu Bug Aplikasi. Tunggu saja Update aplikasi Dapodik versi 2017c ( tunggu release). Nanti pada menu mata evaluasi , silahkan anda pilih rombel lintas minat siswa, selanjutnya silahkan  tambahkan mata evaluasi untuk mata pelajaran yang diikuti.

8. Tanya : Ketika melakukan upload prefill nilai rapor ke dapodik, muncul notifikasi  yang berisikan "maaf beberapa data tidak masuk", apa yang harus dilakukan?

Jawab : Ulangi lagi proses download prefill nilai rapor dan lakukan registrasi ulang terhadap prefill nilai rapor

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan terkait dengan Daftar Pertanyaan Seputar Aplikasi Dapodik Versi 2017b.

Memang perlu diakui bahwa aplikasi dapodik versi 2017b belumlah sempurna. Sehingga masih terdapat beberapa Bug Aplikasi.

Kesalahan aplikasi tersebut nanti akan diperbaiki di dalam update aplikasi dapodik versi 2017c. Maka diharapkan kita bersama menunggu rilis resminya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel