Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik - Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) dibuat terintegrasi dengan Aplikasi Dapodikdasmen. Maka, saat menginstal aplikasi PMP anda harus menjadikan satu dengan laptop yang terinstal Dapodik.

Gunanya, supaya antara Aplikasi PMP dan Dapodik bisa saling terhubung. Sehingga pengambilan data PMP yang berasal dari Dapodik bisa dilakukan dengan lancar.

Namun, seringkali ditemui, kendati sudah terinstal ke dalam satu laptop yang sama muncul sebuah masalah yaitu Aplikasi PMP 2017 Tidak Terhubung dengan Aplikasi Dapodik.


Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik



Problem tidak terhubungnya PMP dengan Dapodik, memang bukan kali ini saja terjadi. Sudah sejak munculnya aplikasi PMP pertama kali persoalan ini sudah ada.

Padahal secara teknis, aplikasi PMP sudah terinstall dengan baik ke dalam PC/Laptop yang dipergunakan untuk menjadi server. Persolan ini cukup membuat pusing kepala, terutama para operator yang bertugas mempersiapkan Aplikasi PMP agar bisa digunakan secara baik oleh para responden.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi PMP 2017 Tidak Terhubung dengan Dapodik?

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa cara yang harus anda lakukan. Saya akan menjelaskan masing-masing cara itu berikut ini:

1. Install Aplikasi PMP dan Dapodik ke dalam Satu PC/Laptop


Seperti yang telah saya jelaskan di atas, bahwa Aplikasi PMP memang dibuat terintegrasi dengan dapodik. Sehingga ketika anda menginstall PMP, harus dijadikan satu dengan PC/Laptop yang anda gunakan untuk Aplikasi Dapodik juga. Jika keduanya terpisahkan, maka akibatnya Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

2. Gunakan Versi Aplikasi PMP dan Dapodik Terbaru


Karena dibuat terintegrasi, maka versi PMP dan Dapodik yang harus anda install haruslah kompatibel. Pakai Aplikasi PMP versi dan Dapodik versi terbaru.  Jika versi yang digunakan berbeda maka akibatnya Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

Saat ini ini Aplikasi terbaru PMP adalah versi  2017.08  Maka dari itu segera cek apakah aplikasi yang anda gunakan sudah sesuai atau belum. Sedangkan aplikasi dapodik versi terbaru adalah versi 2019.


Sesudah Aplikasi PMP Versi terbaru berhasil anda Install silahkan melakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik anda. Setelah itu baru kemudian,  anda buka kembali Aplikasi PMP nya. Maka secara otomatis aplikasi PMP anda akan langsung terhubung dengan Dapodik.

3. Install Ulang Aplikasi PMP


Apabila cara nomor 1 dan 2 sudah anda lakukan, namun tetap saja masalah Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik tetap muncul, maka cara terakhir adalah melakukan install ulang.

Mungkin saja ada yang salah ketika proses installasi aplikasi PMP sebelumnya, sehingga mengakibatkan persoalan tidak terhubungnya PMP dengan Dapodik muncul.

Lakukan proses installasi secara benar ya, jangan sampai keliru satu langkah saja. Sebab itu akan membuat aplikas tidak bisa berjalan dengan lancar.

Oh ya, perlu anda ingat bahwa Aplikasi PMP Versi 2018.08 ini berupa INSTALLER. Sehingga ketika melakukan installasi, aplikasi PMP sebelumnya yang sudah terinstall di dalam PC/Laptop harus anda hapus dulu.

Jangan sampai ada 2 Aplikasi PMP yang terinstall di dalam laptop. Sebab jika ini terjadi maka bisa mengakibatkan aplikasi bermasalah dan tidak dapat berjalan dengan normal.

Itulah 3 hal yang bisa anda lakukan ketika menemui masalah Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik. Coba satu per satu cara tersebut berurutan ya...

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengatasi Aplikasi PMP  Tidak Terhubung dengan Dapodik, Semoga bisa membantu anda semua.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik"

Posting Komentar