Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP

Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP - Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) sudah mulai harus diisi kembali oleh semua unsur di lingkungan sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, GTK dan Peserta Didik.

Tujuan adanya aplikasi PMP ialah untuk mengumpulkan berbagai macam data mutu pendidikan yang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di semua sekolah yang ada di Indonesia.

Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP


Indikator dari keberhasilan Aplikasi PMP pada tahun 2017 ialah tersedia data mengenai mutu pendidikan sekolah di Indonesia yang akurat dan juga berbasiskan pada fakta di lapangan serta data mutu di masing-masing sekolah.

Untuk menyukseskan penggunaan aplikasi PMP, maka dibutuhkan kerjasama dari berbagai komponen pendidikan mulai dari Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Komite Sekolah, GTK hingga Peserta Didik.



Semua unsur tersebut mempunya peran dan tugasnya masing-masing di dalam aplikasi PMP ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP.
Peran pengawas sekolah dalam pengerjaan Aplikasi PMP sangat penting sekali. Makanya seorang pengawas harus mengetahui semua tugasnya dengan baik.

Adapun Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP adalah sebagai berikut:
  1. Menjelaskan tentang instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada sekolah (satuan pendidikan)
  2. Memandu ketika proses pengisian data instrumen ke dalam Aplikasi PMP. Sehingga pengumpulan data bisa akuntabel berdasarkan dengan kondisi nyata yang terdapat di masing-masing sekolah
  3. Memastikan bahwa masing-masing responden yang mengisi instrumen PMP adalah warga di sekolah tersebut
  4. Mengecek kelengkapan data isian semua pertanyaan di setiap responden, jumlah minimal responden hingga jenis responden
  5. Melakukan validasi terhadap hasil dari pengisian sekolah, melalui pengisian instrumen pengawas yang didasarkan pada proses untuk evaluasi dokumen sekolah. Maka dari tu pengawas sekolah mempunyai peran di dalam memastikan mengenai ketersediaan dan juga keabsahan bukti fisik maupun non fisik
  6. Memastikan pengiriman data PMP lancar

Panduan VerVal Instrumen PMP oleh Pengawas Sekolah

Waktu Pengisian

  • Waktu Pengisian instrumen PMP per Sekolah adalah 4 minggu

Jumlah Responden

  • Responden meliputi Kepala Sekolah, Peserta didik minimal 5 siswa pada tiap tingkat kelas. Untuk jenjang SD hanya peserta didikk kelas 4-6 (Jumlah responden peserta didik minimal adalah 15 orang per sekolah)
  • Guru jenjang SD minimal 1 Guru per tingkat kelas dan juga minimal 1 orang Gur Mapel Penjas dan Guru Agama. Sehingga total minimal responden Guru SD minimal adalah 8 orang
  • Guru jenjang SMP/SMA/SMK minimal adalah 1 Guru per Mapel
  • Komite Sekolah minimal adalah 1 orang perwakilan dari pimpinan komiter serta 2 orang perwakilan orang tua dari peserta didik
  • Pengawas Sekolah yang merupakan pengawas pembina/manajerial dari sekolah tersebut.

Tempat Pengisian

  • Tempat pengisian instrumen PMP adalah Sekolah
Demikianlah informasi mengenai Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Tugas Pengawas Sekolah dalam VerVal Instrumen PMP"

Posting Komentar