Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018

Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018 - Setelah rilisnya Aplikasi Dapodik versi 2018 banyak sekali penambahan fitur di dalamnya. Operator sekolah harus mengetahui semua pembaruan tersebut supaya tugasnya cepat selesai.

Melihat banyaknya fitur baru, saya rasa saat ini pekerjaan Operator Sekolah semakin berat dan kompleks saja. Banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat.

Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018


Yang paling harus dipahami oleh operator adalah berbagai fitur tambahan yang tersedia, misalnya pengisian Menu Jadwal Pelajaran di Aplikasi Dapodik.

Jika kita tidak mengisi data secara benar, akan mengakibatkan data menjadi TIDAK VALID. Alhasil, aplikasi dapodik tidak bisa segera dilakukan sinkronisasi.

Artikel Terkait: Tanya Jawab Seputar Pengisian Menu Jadwal di Dapodik

Padahal sesuai dengan pemberitahuan dari Tim Dapodikdasmen, batas cut off pengisian aplikasi dapodik akan berakhir pada bulan agustus ini.

Sinkronisasi menjadi hal yang harus dilakukan dalam pengelolaan Aplikasi Dapodik. Sebab dengan melakukan sinkronisasi data sekolah akan diperbarui. Sehingga pemerintah bisa memberikan bantuan seperti BOS dan sertifikasi Guru yang berada di sekolah tersebut.

Apabila sekolah tidak melakukan sinkronisasi dapodik sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan maka sekolah tersebut tidak akan menerima berbagai program dari pemerintah seperti yang sudah kami sebutkan di atas.

Maka dari itu, seorang Operator Sekolah saat ini tidak hanya dituntut untuk bekerja keras dalam menjalani tugasnya. Melainkan mereka harus bekerja cerdas pula supaya beban pekerjaan yang menumpuk bisa segera diselesaikan dan akhirnya bisa melakukan sinkronisasi.

Terkait dengan sinkronisasi ini, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018.

Sebab sampai pada saat ini masih banyak kawan-kawan operator yang kesulitan melakukan sinkronisasi. Terutama bagi mereka para operator baru. Mereka kebingungan bagaimana urutan yang harus dilakukan supaya tugas pendataan cepar selesai.

Berikut ini Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018:

  1. Luluskan Peserta Didik di Kelas 6/9/12 
  2. Naikkan kelas para peserta didik
  3. Isi data kepala sekolah yang berada di dalam menu GTK, Klik menu UBAH pilih Kepsek
  4. Salin seluruh data periodik
  5. Salin data penugasan GTK dan cheklist pada bulan keaktifan mengajar mereka
  6. Entry data peserta didik (Bisa secara manual ataupun online)
  7. Isilah data pembelajaran
  8. Entry jadwal pelajaran
  9. Lakukan Sinkronisasi

Semua hal tersebut harus anda lakukan dan selesaikan agar bisa cepat melakukan proses sinkronisasi.

Demikianlah informasi mengenai Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018 yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Artikel Terkait :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Bisa Cepat Sinkronisasi Dapodik versi 2018"

Posting Komentar