Contoh Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah SMP, SMA dan SMK

Download Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah – Sebentar lagi tahun ajaran baru akan segera tiba, waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta didik baru. Bagi yang lulus dari jenjang SD/MI akan masuk ke SMP/MTs. Sedangkan yang telah lulus dari SMP/MTs akan melanjutkan ke jenjang SMA/MA/SMK.

Masuk ke sekolah jenjang berikutnya adalah sebuah kebahagiaan. Sebab para peserta didik akan berada di lingkungan dan sekolah baru. Di sana mereka akan berkenalan dengan hal-hal anyar, guru, suasana, dan teman-teman baru.

Contoh Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah


Karena berada di lingkungan baru, maka peserta didik perlu diperkenalkan dengan tempat barunya tersebut. dalam dunia pendidikan kita, kegiatan tersebut bernama Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS.

Sebenarnya kegiatan tersebut adalah nama lain dari Masa Orientasi Siswa atau MOS, pasti anda semua tidak asing lagi dengan nama tersebut kan hehe

Namun sebenarnya keduanya ada perbedaan dari segi isi kegiatan. Jika MOS identik dengan kegiatan ‘perploncoan’ maka MPLS kegiatan-kegiatan seperti itu sangat ‘diharamkan.

Dalam masa-masa PLS, para peserta didik akan diberi beragam materi yang berguna bagi mereka selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah barunya. Mulai dari, pengenalan guru sekolah, sarana prasarana, kegiatan kurikuler, ko kurikuler, ekstrakurikuler, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu maka silahkan panitia pelaksana, membaca Juknis MPLS terlebih dahulu.

Pokoknya dalam kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah, para siswa akan dibuat senang dan nyaman. Karena memperoleh beragam materi yang sangat bermanfaat bagi dirinya nanti di sekolah dan selepas sekolah.

Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS)

Memasuki masa-masa PLS, banyak sekali panitia yang mencari kira-kira apa saja ya materi yang akan disampaikan selama kegiatan tersebut.

Hal ini sangat wajar, mengingat lebih baik materi yang diberikan sebaiknya dipersiapkan sejak dini mungkin. Supaya nanti kegiatannya berlangsung dengan sukses.

Di sini saya akan membagikan contoh materi pengenalan lingkungan sekolah kepada anda. Materi ini bisa diterapkan di semua jejang pendidikan.

Total ada 8 materi yang disimpan dalam microsoft word. adapun materi-materi tersebut adalah sebagai berikut:


Demikianlah informasi mengenai Materi Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel