Juknis MPLS 2023/2024 PDF

Juknis MPLS 2023/2024 harus dipahami dengan benar oleh segenap panitia penerimaan siswa baru di sekolah, supaya pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun tujuan dibuatnya Petunjuk Teknis ini ialah agar dapat memberikan pembelajaran yang edukatif kepada calon siswa baru pada jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK sederajat di seluruh Indonesia.

Juknis MPLS 2019/2020 PDF
Gambar Internet

Hal ini sangat penting sekali mengingat beberapa tahun yang lalu, sempat viral di mana kegiatan siswa baru-atau yang disebut MOS pada waktu itu-bukan menjadi sarana pembelajaran yang edukatif.

Justru menjadi ajang ‘perploncoan’ kepada adik kelas dengan beragam tugas yang tidak masuk akal. Akibatnya, ada banyak siswa yang menjadi ‘korban’ baik secara fisik maupun psikis.

Baca juga :
Dengan adanya MPLS, ini Kemendikbud berusaha menghapus stigma masa-masa pengenalan siswa baru yang dulunya ‘menyeramkan’ menjadi menyenangkan dan edukatif.

Materi Kegiatan MPLS

Materi yang diberikan selama kegiatan MPLS ini sifatnya harus edukatif. Tidak ada batasan mengenai topik ini. Namun jika anda bingung menentukan materi, saya sudah mengumpulkan materi MPLS terbaru.

Silahkan baca saja artikel saya yang berjudul, ‘Materi MPLS Edukatif Terbaru’ silahkan didownload saja ya kawan. Semuanya disimpan dalam word sehingga mudah dibaca dan diedit sesuai dengan keinginan anda.

Narasumber dan Fasilitator MPLS

Untuk narasumber dan fasilitator kegiatan MPLS boleh dolakukan oleh pihak guru yang mengajar di sekolah tersebut. boleh juga melibatkan pihak luar sekolah yang berkompeten dengan materi yang diajarkan.

Misalnya mengundang dokter dari Puskesmas setempat untuk menjelaskan materi Kesehatan atau mengundang anggota POLRI-TNI untuk materi Penguatan Pendidikan Karakter.

Download Juknis MPLS 2023/2024

Banyak hal yang dijelaskan dalam petunjuk teknis masa pengenalan lingkungan sekolah. Kalau saya jelaskan semua di artikel ini saya rasa terlalu panjang. Di dalamnya juga terdapat Silabus pelaksanaan kegiatan.

Nah untuk lebih jelasnya silahkan langsung saja anda unduh filenya pada link yang ada di bawah ini:

Juknis MPLS 2023/2024 

Demikianlah informasi mengenai Petunjuk Teknis Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel