Cara Menampilkan Keyboard di Laptop (Windows 7, 8, 10)

Menampilkan virtual keyboard di laptop sangat membantu sekali apabila keyboard manual kita sedang mengalami kerusakan. Entah itu pada salah satu, beberapa atau semua tombol.

Seperti yang anda ketahui bahwa papan ketik ini sangat penting dalam pengoperasian PC. Tanpanya pengguna tidak dapat melakukan berbagai macam hal, seperti mengetik, desaign, internetan, hingga bermain game.

Cara Menampilkan Keyboard di Laptop (Windows 7, 8, 10)
On-Screen Keyboard
Sayangnya keyboard rentan rusak kapan saja, karena berbagai hal. Misalnya penggunaan yang yang sembarangan, mengetiknya terlalu keras. Terkena air atau lantaran jatuh, semua itu bisa menyebabkan papan ketik menjadi tidak berfungsi normal lagi.

Lantas apa jadinya jika keyboard anda rusak?

Tentu aktivitas kita akan mengalami kesulitan, saya sendiri mengalaminya. Pada keyboard saya, tiba-tiba kedua tombol Shift tidak berfungsi. Akibatnya saya kesulitan dalam menggunakan beberapa fungsi.

Seperti membesarkan huruf, mengeblock kalimat, hingga memberi harokat ketika saya mengetik kalimat-kalimat arab. Pokoknya susah deh.

Mau diserviskan biayanya lumayan. Mau beli keyboard Portabel tambah biaya lagi. Di sisi lain saya sangat butuh sekali laptop untuk berbagai pekerjaan saya. Ah jadinya pusing lah.

Baca juga:
Pasti anda juga pernah mengalami hal sama dengan saya kan. Jika iya, tenang saja saya di sini akan memberikan solusi bagi anda yang keyboardnya bermasalah.

Cara Menampilkan Keyboard di Laptop/Komputer

Jika kita tahu, sebenarnya windows (versi berapapun itu) sudah terdapat keyboard virtual yang fungsinya untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu keyboard manual mengalami masalah.

Pengguna hanya cukup mengaktifkan saja tanpa perlu menginstall aplikasi tambahan apapun. Caranya pun sangat mudah, namun begitu ternyata masih banyak juga yang belum tahu.

Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Pilih Menu Start
  • Pada kolom Search ketikkan “On-Screen Keyboard”
  • Kemudian Enter, maka akan muncul tampilan keyboard seperti yang anda bisa lihat pada gambar di atas
  • Gunakan keyboard virtual tersebut dengan bantuan mouse
Tambahan : Apabila anda memakai windows 8 dan 10 cara mengaktifkannya adalah KLIK START > PILIH SETTINGS > PILIH EASE OF ACCESS > PILIH ON-SCREEN KEYBOARD > maka nanti akan muncul

Bagaimana sangat mudah sekali kan? Menurut saya fitur ini sangat membantu sekali terutama apabila dalam keadaan darurat.

Agar lebih jelas, simak video tutorialnya di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Cara Menampilkan Keyboard di Laptop yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel