10+ Contoh Format RPP 1 Lembar (Silahkan Didownload)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Bapak Nadiem Makrim membuat inovasi baru bagi dunia pendidikan Indonesia, terutama berkaitan dengan administrasi guru yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Nadiem mengusulkan agar RPP disederhanakan hingga menjadi 1 lembar saja. Tujuannya supaya para guru tidak kehabisan waktu hanya untuk urusan administrasi saja.

Format RPP 1 Lembar
Contoh Format RPP 1 Lembar
Tentu saja, usulan dari Mendikbud ini sontak menjadi perbincangan nasional dan menjadi viral. Khususnya di kalangan para guru.

Admin sendiri memantau diberbagai grup diskusi guru di media sosial Facebook dan WA, tema ini ramai diperbincangkan.

Ada pro dan kontra, itu hal yang wajar dalam menanggapi suatu usulan. Namun sebagai seorang guru saya pribadi sangat setuju dengan usulan dari Bapak Menteri tersebut.

Menurut saya, RPP yang selama ini harus dibuat oleh para guru sangat menyita waktu. Dalam 1 KD saja, butuh puluhan lembar rencana yang itu meliputi berbagai macam data. Itu baru RPP, belum perangkat yang lainnya.

Akibatnya energi para guru sangat terkuras hanya untuk membuat perangkat pembelajaran. Selain itu, dari segi biaya juga tidak efisien.

Apa itu RPP?

RPP adalah sebuah perencanaan kegiatan pembelajaran tatap muka yang wajib dibuat oleh guru sebelum memulai pembeajaran di kelas.

Ada 3 hal utama yang harus ada dalam RPP yaitu Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran dan Asesmen. Dari RPP ini, guru harus “mendesai” supaya pembelajaran bisa berlangsung efektif. Hingga bisa mengukur sejauh mana tingkat pemahaman siswa.

Dari sini guru dituntut untuk bisa membuat rancangan pembelajaran dari mulai pembukaan sampai dengan penutupan.

Download Format RPP 1 Lembar

Sebagai bahan informasi, di sini saya akan membagikan 10 contoh format RPP 1 lembar yang bisa anda jadikan sebagai rujukan sementara. Salah satu contohnya bisa anda lihat pada gambar yang ada di atas.

Format ini admin dapatkan dari berbagai sumber, tujuannya untuk membantu kawan-kawan guru semuanya. Jadi silahkan dishare agar bermnafaat juga bagi orang lain.

Adapun filenya bisa anda unduh pada link yang ada di bawah ini:

SIMPAN FILE

Lihat Previewnya pada video di bawah ini:



Demikianlah informasi mengenai Contoh Format RPP 1 Lembar yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, mudah-mudahan dapat bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel